PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DALAM MEMBUAT KUIS ONLINE PADA GURU SMP DI SUKABUMI CIKOLE

Authors

  • Hastri Rosiyanti Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rahmita Nurul Muthmainnah Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ismah Ismah Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Eri Nurfadhilah Sari Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hamidah Suryani Lukman Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aritsya Imswatama Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.24853/an-nas.1.2.15-20

Keywords:

kahoot!, berbasis online, ulangan harian, teknologi informasi, matematika

Abstract

Teknologi informasi pada dunia pendidikan di Indonesia sangat diperlukan, agar nantinya pendidikan nasional mampu bersaing pada level global. Tetapi pada kenyataannya masih banyak guru-guru di Indonesia yang belum melek akan teknologi. Salah satunya guru-guru di Sukabumi yang masih kesulitan dalam memanfaatkan teknologi dalam melakukan sistem ulangan harian matematika. Guru masih menggunakan sistem ulangan harian yang konvensional sehingga diperlukan adanya sistem ulangan harian berbasis online. Dalam upaya mengatasi masalah tersebut maka pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pelatihan serta pemahaman teknologi informasi mengenai pemanfaatan aplikasi kahoot! sebagai sarana ujian berbasis online pada pembelajaran matematika.         

References

Meinawati, T., Satoto, K. I., & Nurhayati, O. D. (2013). Perancangan Aplikasi Ujian Online Jurusan Sistem Komputer Universitas Diponegoro. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, No.4, Vol.1, 169–178, :https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.1.4.2013.169-178

Ningrum, G. D. K. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, No.1, Vol.9 :https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.32

Pertiwi, R. S., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2017). Efektivitas LKS STEM untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 2, Vol.5, http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/12095

Downloads

Published

2022-06-11