PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DALAM MEMBUAT KUIS ONLINE PADA GURU SMP DI SUKABUMI CIKOLE

Hastri Rosiyanti, Rahmita Nurul Muthmainnah, Ismah Ismah, Eri Nurfadhilah Sari, Hamidah Suryani Lukman, Aritsya Imswatama

Abstract


Teknologi informasi pada dunia pendidikan di Indonesia sangat diperlukan, agar nantinya pendidikan nasional mampu bersaing pada level global. Tetapi pada kenyataannya masih banyak guru-guru di Indonesia yang belum melek akan teknologi. Salah satunya guru-guru di Sukabumi yang masih kesulitan dalam memanfaatkan teknologi dalam melakukan sistem ulangan harian matematika. Guru masih menggunakan sistem ulangan harian yang konvensional sehingga diperlukan adanya sistem ulangan harian berbasis online. Dalam upaya mengatasi masalah tersebut maka pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pelatihan serta pemahaman teknologi informasi mengenai pemanfaatan aplikasi kahoot! sebagai sarana ujian berbasis online pada pembelajaran matematika.         

Keywords


kahoot!, berbasis online, ulangan harian, teknologi informasi, matematika

Full Text:

PDF

References


Meinawati, T., Satoto, K. I., & Nurhayati, O. D. (2013). Perancangan Aplikasi Ujian Online Jurusan Sistem Komputer Universitas Diponegoro. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, No.4, Vol.1, 169–178, :https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.1.4.2013.169-178

Ningrum, G. D. K. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, No.1, Vol.9 :https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.32

Pertiwi, R. S., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2017). Efektivitas LKS STEM untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, No. 2, Vol.5, http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/12095




DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.1.2.15-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

 
Powered by Puskom-UMJ