PEMBERDAYAAN ORANGTUA TK AISYIYAH DALAM PENDAMPINGAN ANAK BERMAIN BAHASA DI ERA BDR (BELAJAR DI RUMAH)
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.2.1.21-28Keywords:
Parenting, Bermain Bahasa di Rumah, Pramembaca.Abstract
Budaya keaksaraan adalah sesuatu yang lebih luas dan lebih penting daripada sekedar keterampilan teknis membaca dan menulis, melainkan mencangkup kemampuan, minat, kegemaran kebiasaan dan kebutuhan membaca dan menulis yang memola dan berakar dalam kehidupan sehari-hari. Rumah dapat menjadi tempat bermain bahasa yang menyenangkan. Dari halaman depan hingga seluruh bagian rumah seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar makan, ruang keluarga hingga dapur dan kamar mandi sebenarnya menyediakan beragam sumber belajar yang dapat dipergunakan sebagai media bermain bahasa. Namun memang belum semua orangtua mengetahui dan memahami hal ini. Kegiatan ini ini dilakukan agar orangtua mengetahui, memahami dan berdaya serta memiliki keterampilan mendampingi anak mengembangkan bahasa di rumah dalam bentuk pelatihan parenting bermain bahasa dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia di rumah dan merancang berbagai kegiatan berbahasa yang alamiah dan menyenangkan. Beberapa kegiatan yang disarankan antara lain membacakan buku (read aload) dan penyediaan pojok buku serta environmental print dengan menggunakan bahan tercetak yang tersedia di rumah serta e-book yang tersedia di Aplikasi Let’s Read. Orangtua juga didorong untuk menjadi role model atau uswah hasanah sebagai pembaca buku yang baik dan konsisten, memberikan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan agar anak mengkaitkan kegiatan berbahasa dengan sesuatu yang menyenangkan dan menggairahkan sehingga tumbuh motivasi intrinsik anak.References
Alchamdani, Fatmasari, Anugrah ER, Sari NP, Putri F, Astina Astina. (2020). The Impact of Covid19 Pandemic on Online Learning Process In The College At Southeast Sulawesi. Jurnal Kesehatan Lingkungan. Vol 12 (1). http://dx.doi.org/10.20473/jkl.v12i1si.2020.129-136.
Bronfenbrenner, U. (2009). The Ecology of Human Depevopment Experiment by Nature and Design. Massachussets : Harvard University Press.
Dewantara, K.H. (2011). Ki Hajar Dewantara Bagian Pertama Pendidikan Cetakan Keempat. Yogyakarta. Sukses Pustaka.
Eriani E, Amiliya R. (2020). Blended Learning: Kombinasi Belajar Untuk Anak Usia Dini di Tengah Pandemi. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Vol. 3 (1) DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v3i01.112.
Hastuti D. (2015). Pengasuhan, Teori, Prinsip dan Aplikasinya di Indonesia. Bogor : IPB Press.
Hoq, MZ. (2020). E-Learning During the Period of Pandemic (COVID-19) in the Kingdom of Saudi Arabia: An Empirical Study. American Journal of Educational Research. 2020, Vol. 8, No. 7, 457-464. DOI:10.12691/education-8-7-2.
Hung, M.L. (2016). Teacher Readiness For Online Learning: Scale Development And Teacher Perceptions. Computers & Education, 94,120-133.
Muhdi, Nurkolis. (2021). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021). ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print).
Prayitno W. (2015). http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Blended-Learning_Wendhie.pdf. diakses 1 Juni 2021.
Roshonah, AF. (2019). Urgensi Program Pelatihan Parenting dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Orangtua dengan Anak. Jurnal Murabbi. Vol 5 No 2 (2019): Januari 2019.
Setiawati, R. (2014). Mekar Motekar Panduan Praktis Penerapan Program Pengembangan Anak Usia Dini Berbasis Penguatan Masyarakat. Bandung. Yayasan IBU Indonesia Bhadra Utama.
Sumargi A, Sofronoff K and Morawska A. (2013). Understanding Parenting Practices and Parents’ Views of Parenting Programs : A Survey Among Indonesia Parents Resining in Indonesia and Australia. School of Psychology. Australia : The University of Queensland. St. Lucia. Brisbane 2013.
Tomlinson, HB dan Andina S. (2015). Parenting Education in Indonesia : Review and Recommendations to Strengthen Program and Systems. The World Bank.
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2003). Albert Bandura: The Scholar and His Contributions to Educational Psychology. In B. J. Zimmerman & D. H. Schunk (Eds.), Educational Psychology: A Century of Contributions. Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).