PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MUSIK PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SLBA PEMBINA TINGKAT NASIONAL JAKARTA PADA MASA CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.1.2.33-38Keywords:
Media pembelajaran ialah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam aktivitas pembelajaran. Media pembelajaran menjadi mediator antara pendidik dengan peserta didik pada penyampaian materi. Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan akibat yangAbstract
Media pembelajaran ialah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam aktivitas pembelajaran. Media pembelajaran menjadi mediator antara pendidik dengan peserta didik pada penyampaian materi. Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan akibat yang sangat berpengaruh terhadap pendidikan pada Negara Indonesia. Siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran secara daring (dalam jaringan) asal rumah. Model media pembelajaran yang digunakan pendidik terutama siswa tunanetra ketika pandemi Covid-19 ialah media pembelajaran Musik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat efek media pembelajaran musik yang menjadi alternatif dari media pembelajaran yang ada. Penelitian dilaksanakan di SLBA Pembina tingkat Nasional Jakarta saat masa pandemi Covid-19. Deskriptif kuantitatif dipergunakan sebagai metodologi, di penelitian ini menggunakan instrumen berupa survey pertanyaan yang diajukan kepada siswa pada SLBA Pembina tingkat Nasional Jakarta. Hasil Penelitian dinyatakan bahwa media pembelajaran musik sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas belajar bagi peserta didik. Selain itu pula, media pembelajaran musik efektif dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, sebab memudahkan peserta didik pada menerapkan gerakan-gerakan olahraga dengan irama musikReferences
Ahmadi. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI “MULTIMEDIA. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 34(2).
Andriani, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 4(1), 80-86.
ANSHOR, S. (2015). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO. jurnal siap upload.
Atsani, K. M. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. jurnal studi islam, 1(1).
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4).
Sardiyanah. (2018). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR. jurnal kajian islam&pendidikan, 10(2).
Sudirman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).