MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK TUNANETRA DALAM KEGIATAN CERDAS CERMAT DI SMALB PEMBINA TINGKAT NASIONAL JAKARTA

Authors

  • Ismi Hayati Ma’sum Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan-Cirendeu, Tangerang Selatan, 15149
  • Nia Sundari Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan-Cirendeu, Tangerang Selatan, 15149
  • Sulthan Caraka Adipradana Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan-Cirendeu, Tangerang Selatan, 15149
  • Deni Hermawan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan-Cirendeu, Tangerang Selatan, 15149
  • Niken Namira Anjani Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan-Cirendeu, Tangerang Selatan, 15149
  • Shandra Arrumi Dewi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan-Cirendeu, Tangerang Selatan, 15149
  • Achmad Fatwa Maulana Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan-Cirendeu, Tangerang Selatan, 15149
  • Faiz Fauzan Fiddin Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan-Cirendeu, Tangerang Selatan, 15149
  • Andi Catur Satria Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan-Cirendeu, Tangerang Selatan, 15149
  • Khaerunnisa Khaerunnisa Khaerunnisa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. K.H. Ahmad Dahlan-Cirendeu, Tangerang Selatan, 15149

DOI:

https://doi.org/10.24853/an-nas.3.2.71-76

Keywords:

Lomba Cerdas Cermat, kualitatif, pengabdian

Abstract

Pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata dengan melakukan kegiatan lomba cerdas cermat di SMALB Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperoleh hasil nyata dari seberapa mampu peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan banyak orang. Selain itu, tujuan diadakannya pengabdian tersebut dengan kegiatan lomba cerdas cermat adalah untuk membentuk karakter peserta didik yang nantinya diharapkan mampu menjadi bagian terpenting dalam kemajuan bangsa, melatih jiwa kompetisi dan mampu menjunjung suportivitas terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Mahasiswa berperan aktif selama kegiatan pengabdian untuk dapat mengetahui pencapaian target yang diinginkan dalam pengabdian serta untuk memberikan pengalaman yang berkesan, karena kegiatan lomba cerdas cermat tersebut juga bisa dijadikan sebagai kegiatan belajar yang menyenangkan. Metode dalam pengabdian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, data diperoleh dari hasil observasi partisipan, yang memang mahasiswa berpartisipasi langsung dalam kegiatan, serta dengan dokumentasi, hasil akhir dari kegiatan lomba cerdas cermat menjadi data yang dapat dijabarkan dalam bentuk paragraf.

References

Muhtarom, H. (2021). Peran Nilai-nilai Sumpah Pemuda Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 18 Jakarta. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 115-119

Saragih, E. (2020). Membangun Karakter dan Potensi Diri dalam Cerdas Cermat. Anada Pengabdian Kepada Masyarakat, 51.

Valianto, B. (2018). Seminar Nasional Pendidikan Olahraga. Universitas Negeri Medan (p. 772). Medan: Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Downloads

Published

2024-01-23