MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK TUNANETRA DALAM KEGIATAN CERDAS CERMAT DI SMALB PEMBINA TINGKAT NASIONAL JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.3.2.71-76Keywords:
Lomba Cerdas Cermat, kualitatif, pengabdianAbstract
Pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata dengan melakukan kegiatan lomba cerdas cermat di SMALB Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperoleh hasil nyata dari seberapa mampu peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan banyak orang. Selain itu, tujuan diadakannya pengabdian tersebut dengan kegiatan lomba cerdas cermat adalah untuk membentuk karakter peserta didik yang nantinya diharapkan mampu menjadi bagian terpenting dalam kemajuan bangsa, melatih jiwa kompetisi dan mampu menjunjung suportivitas terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Mahasiswa berperan aktif selama kegiatan pengabdian untuk dapat mengetahui pencapaian target yang diinginkan dalam pengabdian serta untuk memberikan pengalaman yang berkesan, karena kegiatan lomba cerdas cermat tersebut juga bisa dijadikan sebagai kegiatan belajar yang menyenangkan. Metode dalam pengabdian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, data diperoleh dari hasil observasi partisipan, yang memang mahasiswa berpartisipasi langsung dalam kegiatan, serta dengan dokumentasi, hasil akhir dari kegiatan lomba cerdas cermat menjadi data yang dapat dijabarkan dalam bentuk paragraf.References
Muhtarom, H. (2021). Peran Nilai-nilai Sumpah Pemuda Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 18 Jakarta. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 115-119
Saragih, E. (2020). Membangun Karakter dan Potensi Diri dalam Cerdas Cermat. Anada Pengabdian Kepada Masyarakat, 51.
Valianto, B. (2018). Seminar Nasional Pendidikan Olahraga. Universitas Negeri Medan (p. 772). Medan: Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Published
2024-01-23
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).