PELATIHAN SURFING TINGKAT DASAR BERBASIS PERMAINAN UNTUK ANAK PESISIR BARAT LAMPUNG

Nofi Marlina Siregar, Eka Fitri Novita Sari, Marlinda Budiningsih, Lilis Suryani

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk membuat Pelatihan  Surfing Tingkat Dasar Berbasis Permainan Untuk Anak Pesisir Barat Lampung. Dengan tujuan pengabdian untuk mengembangkan keterampilan bermain surfing seperti menggayuh papan, berdiri dipapan, dan bermain dilaut Pengabdian ini menggunakan metode pengabdian berupa Pratek dan Ceramah, dimana narasumber meberikan materi teori dan pratek tentang surfing kepada peserta pelatihan surfing. Pelatihan  ini dilakukan oleh 2 orang narasumber,  8 orang  tim pendukung, dilaksanakan di Pesisir Pantai Krui yang berada di wilayah Labuhan Jukung  Krui Pesisir Barat Lampung dengan subjek pengabdian sebanyak  30 anak yang berada di sekiitar Pesisir Pantai Krui Pesisir Barat Lampung. Dari hasil pengamatan saat pelatihan ini, anak anak peserta pelatihan memiliki semangat dan motivasi besar dari awal sampai akhir pelatihan. peserta sangat puas dan senang dengan adanya pelatihan seperti ini, karena sebelumnya tidak ada pelatihan surfing terhadap mereka, mereka hanya melihat lihat saja ketika ada masyarakat lokal maupun para turis mancanegara yang sedang bermain surfing. Berdasarkan hasil pengabdian diatas  dapat disimpulkan bahwa Motivasi dan antusiasme anak anak dalam mengikuti Pelatihan  ini sangat baik.bahkan orang tua dan masyarakat setempat sangat mendukung diadakan pelatihan ini. Terjadi interaksi yang aktif antara tim pelaksana dengan pengurus surfing, pelatih dan peserta pelatihan ini. Bertambahnya pengetahuan dan pemahanan dalam  keterampilan bermain surfing. Bertambahnya wawasan tentang laut, ombak dan lain lain. Bertambahnya wawasan dan pengetahuan tentang model latihan surfing dari yang ringan sampai yang berat. Pelatihan surfing tingkat pemula sangat lah penting agar bisa mengenalkan olahraga surfing pada anak-anak, sehingga mereka termotivasi dan tujuan memasyarakat kan olahraga dan mengolahragakan masyarakat dapat terwujud.


Keywords


Surfing, Permainan, Pesisir Barat.

Full Text:

PDF

References


Anggra, R., & Wellis, W. (2020). Tinjauan Pembinaan Olahraga Surfingpada Club Banana Island Surfing Comunity (Bisc) Pantai Air Manis. Jurnal Stamina, 3(6), 440–451. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jst.v3i6.521

Anis Munandar, R. F. (2020). Studi Literaature Pengembangan Wisata Bahari Berbasis Masyarakat. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiag Menara Ilmu.

Aulia, A. (2017). Perancangan Informais Selancar Air Melalui Media Infografis (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia)

Arida, N. K. (2020). Bentuk Pengelolaan Pantai Batu Bolong Sebagai Daya Tarik Wisata Surfing di Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung. Destinasi Parawisata.




DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.2.1.29-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

Powered by Puskom-UMJ