PELATIHAN ONLINE MENULIS CERPEN DALAM MENGISI WAKTU SELAMA MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.2.1.1-6Keywords:
Menulis Cerpen, KreativitasAbstract
Saat ini masih pandemi Covid-19 menyebabkan banyak guru dan orang tua yang makin terbebani tugasnya selama mendampingi anak-anak belajar. Ada juga ada rasa bosan yang menyelimuti mereka karena aktivitas harian baik di sekolah maupun di rumah yang tanpa henti sehingga bikin jenuh dan lelah.. Solusi dari permasalahan tersebut maka dibuatlah aktivitas yang menyenangkan berupa pelatihan menulis yang bisa mengeluarkan ide dan gagasan mereka dalam berupa tulisan pendek. Guru maupun orang tua kadang tidak mengetahui potensi yang dimilikinya. Yang awalnya hanya hobi bisa saja nanti berubah menjadi sebuah kegiatan yang dapat menghasilkan, salah satunya adalah menulis cerpen. Pelatihan cerpen ini bertujuan melatih para guru dan orang tua mampu mengungkapkan isi hati mereka sehingga mampu diluapkan dalam sebuah tulisan dan akan menjadi karya tulis yang bermanfaat. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: (1) tahap pra kegiatan, (2) tahap pelaksanaan kegiatan, dan (3) tahap pasca kegiatan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah mengasah kemampuan menulis para guru dan orang tua di Kecamatan Gunung Putri dapat ditingkatkan dengan cara mengadakan pelatihan dasar menulis cerpen. Diharapkan dalam pelatihan menulis cerpen ini, peserta memiliki kompetensi sebagai berikut: (1) Memiliki kemampuan menulis cerpen dengan baik dan menarik., (2) Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik. (3)Dapat dengan mudah menerbitkan cerpen. Pelatihan cerpen ini sangat bermanfaat bagi para peserta selain untuk mengisi waktu luang bisa dijadikan mata pencaharian sebagai seorang cerpenisReferences
Cahyani, Isah. (2012). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Prodi Pendidikan Dasar SPs UPI
Depdiknas. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depag RI. Al-Qur'an Tajwid dan Terjemahannya. (2006). Bandung: Syaamil Al-Qur'an.
Hamalik, Oemar. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Kosasih, E (2012). Dasar-dasar keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya
Remini, Novi dan Dadan Juanda (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press
Nawawi, Imam. (2009). Syarah & Terjemahan Riyadhus Sholihin jilid 2. .Jakarta: Al-I'tishom.
Ridwan, Sakura. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa: Aplikasi dalam Pengajaran Morfologi-Sintaksis. Yogyakarta: Kepel Press.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).