PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SD
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.2.2.59-64Keywords:
Artikel Ilmiah, Guru, Peningkatan.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masalah guru-guru SD banyak yang belum memahami tentang penulisan Artikel Ilmiah. Tujuan peneliti melakukan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel bagi guru SD di daerah Cibaliung, Kabupaten Pandeglang. Masalah yang dihadapi atau dialami oleh guru SD tersebut yaitu Kurangnya pemahaman tentang penulisan Artikel Ilmiah. Kegiatan pengabdian masyarakat terdapat 3 kegiatan yaitu, (1) Memberikan pelatihan sebanyak 2 kali pertemuan yaitu melalui pelatihan secara luring dan daring, (2) Memberikan penugasan berupa membuat artikel ilmiah, serta (3) Melakukan review dari hasil penugasan dalam membuat artikel ilmiah guru SD di daerah Cibaliung, Kabupaten Pandeglang. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam kurun waktu selama 4 kali pertemuan. Hasil dari kegiatan pengadian masyarakat yang dilakukan yaitu guru SD di daerah Cibaliung, Kab. Pandeglang mengalami suatu peningkatan terhadap kemampuan menulis Artikel Ilmiah setelah diadakannya pelatihan dan penugasan dari tim pengabdian masyarakat.References
Asropah, dkk. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer Bagi Guru. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Handayani, Sri Lestari. Rukmana, Diki. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD: Jurnal Publikasi Ilmiah. Vol.10. No.1.
Marwoto, Putut, dkk. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat: Abdimas. Vol.17. No.2.
Paimun. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menulis Artikel Melalui Workshop: Jurnal Ilmiah Wuny.
Susiani, Ketut. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Sd Di Sd Negeri 2 Petandakan: Proceeding Senadimas Undiksha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).