ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROGRAM TAHFIZUL QUR’AN PASCA-PANDEMI (STUDI KASUS: MTSN 13 JAKARTA GEDUNG A)

Isal Putra Utama, Siti Khadijah

Abstract


Program Tahfidzul Qur’an merupakan program unggulan yang digunakan oleh MTsN 13 Jakarta sebagai upaya dalam mencetak generasi qur’ani yang cinta Al-Qur’an. Program ini juga merupakanupaya dalam mencetak penghapal Al-Qur’an dimulai sejak dini, yaitu sejak Tsanawiyah. Setelah terjadinya pandemi Covid-19 yang membuat banyak perubahan pada setiap sektor kehidupan, termasuk pendidikan yang pada akhirnya menciptakan bentuk Pembelajaran daring, program yang diunggulkan ini tetap berjalan dengan menggabungkan media pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian yaitu di MTsN 13 Jakarta Gedung A dengan 3 orang narasumber. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui danmenganalisis model pembelajaran di masa pasca-pandemi yang digunakan oleh guru di MTsN 13 Jakarta dalam program Tahfidzul Qur’an. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Tahfiz ini menggunakan metode dan media yang diseragamkan seperti penggunaan mushaf al-Qur’an blok warna. Para pembimbing menerapkan metode seperti klasikal, talaqqi dan muroja’ah sebagai metode pembelajaran. Selain itu juga masih ada penerapan media online sebagai sarana pembelajaran, misalnya penggunaan WhatsApp Video Call untuk melakukan setoran hapalan. Hal ini menjadi salah satu bentuk adaptasi PJJ ke masa pembelajaran pasca-pandemi saat ini.

Keywords


Model, Pembelajaran Pasca-Pandemi, Tahfizul Qur’an

Full Text:

PDF

References


Al-Hafidz, Ahsin Wijaya. 2009. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.

Hasil Wawancara dengan Bapak Samsi selaku pembimbing Juz 29 program tahfiz MTsN 13 Jakarta dalam wawancara yang dilakukan pada hari Selasa, 30 Agustus 2022, Pukul 14.45 WIB.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Versi daring: 3.8.0.0. (diakses pada 15 November 2021 melalui https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tujua.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/klasikal diakses pada 12 November 2022.

KBBI. Versi daring: 3.8.0.0. (diakses pada 15 November 2021 melalui https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/analisis.

Kemendikbud, SKB 4 Menteri Terbaru Atur Pembelajaran Tatap Muka Seratus Persen. 2022. diakses melalui https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2 022/05/skb-4-menteri-terbaru-atur-pembelajaran-tatap-muka-seratus-persen.

Madjid, Abdul. Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013.

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press. 2008.

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Kencana, 2012.

Senjaya, Wina. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. 2017.

Wadji, Farid. Tahfidz Al-Qur’an dalam Kajian Ulum’ Al-Qur’an (Studi Atas Berbagai Metode Tahfidz). Tesis Magister Agama Tafsir Hadits. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2008.

Zainuri, Ahmad. Media Pembelajaran dalam Pandangan Islam. Jurnal Program Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang. Vol. 18 Nomor 1. Juni 2018




DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.2.2.71-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

 
Powered by Puskom-UMJ