MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI GENERASI ANAK - ANAK BANGSA PADA ANAK PAUD KB NURUL IKHLAS
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.3.2.77-84Keywords:
Budaya Literasi, Generasi, PaudAbstract
KB Nurul Ikhlas didirikan pada tahun 2007 di pimpin oleh Bapak Muhammad Jamaludin dari tahun 2007 sampai dengan sekarang. KB Nurul Ikhlas didirikan dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan serta memberi kesempatan kepada anak usia dini dikelurahan Pondok Petir khusus bagi warga yang tidak mampu. Saat ini KB Nurul Ikhlas sudah memiliki operasional dari Diknas kota Depok dengan Nomor: 421.1/0116/DPMPTSP/IX/2019 dan berdasarkan akta notaris no: 04-2015 Men Kum Ham No. Ahu. 001506. AH.01.04. TH 2015 serta terakreditasi B pada tahun 2016. Budaya literasi saat ini semakin menurun seiring berjalannya waktu dikarenakan perkembangan tekhnologi yang membuat gaya hidup masyarakat berubah, dan itu menjadi tanggung jawab kita untuk menumbuhkan minat baca terlebih generasi yang tidak bertanggung jawab sudah saatnya kita mendorong generasi-generasi bangsa agar minat dalam membaca. Istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang luas. Seperti Literasi Informasi, komputer, sains yang semuanya itu merujuk pada kompetensi atau kemampuan anak-anak yang lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Hanya saja, memang pemahaman yang paling umum mengenai literasi yaitu kemampuan membaca dan menulis.References
Anwas, O. M. (2011) Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(5).
Faruhatin, Anisa Rohmati. (2013). Kegiatan Membaca Buku Cerita dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta: Tidak diterbitkan
Firdaus, Yulian. (2004). "blog: Sebuah Kemajuan Literasi di Indonesia" dalam http://yulian.firdaus.or.id. Diakses pada 17 Oktober 2008
Marfu'i, L.N.R. (2016) Upaya pendukung pembelajaran literasi dengan mengasah kemampuan berfikir kritis melalui teknik bibliolearning pada siswa. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 3(2), 1-18. Retrivied from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMS G/article/view/476
Musthafa, Bachrudin. (2014). Literasi Dini dan Literasi Remaja: Teori, Konsep, dan Praktik. Bandung: CREST.
Nurdiyanti, Eko & Suryanto Edy. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia. 13(2), 115-128.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).