PENYULUHAN DAN PELAKSANAAN SIKAT GIGI BERSAMA DI SDN LEBAK BULUS 04, JAKARTA SELATAN

Apri Utami Parta Santi, Bunga Savira, Aliva Shelita, Aulia Larasati, Lupita Aprilianiza, Lina Herliana, Devi Dwi, Maulina Maulina, Novia Ikfina Naelal Muna, Qorry Syahrit, Shoidaliyyatul Ulum, Aida Alissa, Faturakhman Embun Nusantara

Abstract


Anak usia sekolah dasar merupakan golongan yang rentan mengalami masalah kesehatan pada gigi dan mulut. Tujuan kegiatan ini adalah dengan memberikan penyuluhan secara luring tentang pentingnya kebersihan gigi dan mulut serta cara menggosok gigi yang baik dan benar. Anak usia sekolah dasar banyak yang belum memahami cara perawatan dan menyikat gigi yang benar dikarenakan oleh kurang pengetahuan. Sehingga diharapkan dari kegiatan penyuluhan ini dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan gigi pada anak. Kegiatan ini juga diikuti dengan sikat gigi bersama para siswa dan pengecekan gigi berlubang. Lokasi penyuluhan dilakukan di SDN Lebak Bulus 04 yang berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan. Dari 31 siswa yang di periksa giginya terdapat 9 siswa yang memiliki gigi berlubang. Metode penyuluhan dengan menggunakan presentasi Power point serta menampilkan video cara menggosok gigi yang benar. Selanjutnya akan dilakukan praktik pelaksanaan cara menggosok gigi dengan baik dan benar. Proses pelaksanaan berjalan dengan baik dan siswa mampu memahami pentingnya menjaga kesehatan gigi dan dapat menyikat gigi dengan cara yang benar.


Full Text:

PDF

References


Artini, Eliza, Indriyani, 2002. Pendidikan Kesehatan Gigi. Kedokteran EGC : Jakarta

Hidayat, A. (2007). Metode penelitian keperawatan dan teknik analisis data. Jakarta: Salemba Medika.

Kawuryan. (2008). Hubungan Pengetahuan tentang Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Kejadian Karies Anak SDN Kleco II kelas V dan VI Laweyan Surakarta. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lianawati, E. D. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Perilaku Pencegahan Masalah Kesehatan Gigi Dan Mulut. Yogyakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Munawir, M. (2019). Studi Pribumisasi HAMKA terhadap QS. Al-Ma>’idah: 44, 45, dan 47 dalam Tafsir Al-Azhar. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara Vol 4 (1), 82–106.

Pratiwi, D. (2009). Gigi sehat dan cantik : perawatan praktis sehari-hari. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Pratiwi, F. I. (2016). Efektivitas Ekstrak Kulit Manggis (Garcinia Mangostana Linn) Terhadap Status Kesehatan Gingiva Penyandang Tunanetra Di Unit Rehabilitasi Sosial Bhakti Candrasa Surakarta. Surakarta: Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

RI, K. K. (2019). infoDATIN Kesehatan Gigi Nasional . Jakarta: Pusdatin Kemenkes RI.

Maelissa,S.R.; Mevi L. (2020). Pkm Keterampilan Menggosok Gigi Siswa Sd Negeri 5 Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. MAREN: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 (1), 37 - 44.

Santi,A.U.P; Siti Khamimah. (2019). Pengaruh Cara Menggosok Gigi Terhadap Karies Gigi Anak Kelas Iv Di Sdn Satria Jaya 03 Bekasi. Prosiding Semnasfip (pp. 47-51). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Suraya, Aprilia, Yulana, A., Setiawati, A., & Aulia Lydia Citra, L. (2018). Penyuluhan Kesehatan Gigi Bagi Anak-Anak di RPTRA Sungai Bambu Tanjung Priok Jakarta Utara. Prosiding PKM-CSR (pp. 886-892). Jakarta: Universitas Mercu Buana.




DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.4.1.1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

 
Powered by Puskom-UMJ