PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA SEBAGAI MITIGASI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI METODE PEMBUATAN SABUN CUCI PAKAIAN DARI MINYAK JELANTAH DI KELURAHAN BINTARO

Amali Rizki Hawa, Mila Karmila, Lilis Wulandari, Dhiya Fahriyyah Maritza, Nurbaiti Widyasari

Abstract


Minyak jelantah merupakan senyawa berupa limbah yang mengandung karsinogenik dengan bilangan asam dan peroksida yang tinggi. Masyarakat kelurahan Bintaro sering membuang minyak jelantah ke aliran air yang berdampak pada lingkungan sekitar. Oleh sebab itu perlu dilakukan penanggulangan pembuangan minyak jelantah menjadi produk nilai ekomonis. Kegiatan ini bekerja sama dengan mitra karang taruna kelurahan Bintaro. Terdapat 4 metode pelaksanaan kegiatan, yaitu penyuluhan, pelatihan dan pendampinga, evaluasi, dan keberlanjutan program. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci pakaian, serta terdapat tim keberlanjutan program. Saran yang dapat diberikan adalah dalam pemanfaatan limbah minyak jelantah perlunya peran masyarakat setempat sehingga masalah pencemaran lingkungan dapat diatasi secara bersama-sama.

Keywords


Karang Taruna; Minyak Jelantah; Sabun Cuci Pakaian

Full Text:

PDF

References


Erviana, V. Y., Suwartini, I. & Mudayana, A. A., (2018). Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Dan Kulit Pisang Menjadi Sabun. Jurnal SOLMA. 144-152.

Mulyaningsih, & Hermawati. (2023). Sosialisasi Dampak Limbah Minyak Jelantah Bahaya Bagi Kesehatan Dan Lingkungan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ. 10(1), 61 - 65.

M. Syam, A. E. Eka, N. Amaliah, and A. Hayat. (2018). Peluang Pemanfaatan Limbah Minyak Goreng Sebagai Bahah Baku Biodiesel di Makassar. J. TEPAT Appl. Technol. J. Community Engagem. Serv. 1(2), 155–161.

Rahmawati, B., Andik, S.D.S., Sayekti, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Mengolah Minyak Jelantah di Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan. Jurnal SENYUM Boyolali. 2(2), 45 - 49.




DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.4.1.33-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

 
Powered by Puskom-UMJ