SOSIALISASI NILAI MULTIKULTURAL MELALUI CERITA ANAK SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Dewi Setiyaningsih, Imam Mujtaba, Imam Mujtaba, Farihen Farihen, Farihen Farihen

Abstract


Sosialisasi nilai multikultural yang dilakukan di SDN 01 Serua dilaksanakan dengan menggunakan media modul cerita anak untuk siswa kelas IV SD. Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan apresiasi positif pada diri siswa terhadap perbedaan perbedaan yang ada di masyarakat. Secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk : (1) Memberi pemahaman pada guru melalui sosialisasi buku pedoman guru untuk pelaksanaan pendidikan multikultural di SD melalui buku cerita anak sebagai suplemen pelajaran IPAS kelas IV SD; (2) Mengenalkan pada siswa tentang nilai-nilai multikultural melalui isi buku cerita anak. Metode yang digunakan dalam keseluruhan pelaksanaan sosialisasi ini meliputi : (1) Diskusi untuk menyamakan persepsi tentang pendidikan multikultural dan topik PPM dengan guru; (2) Bercerita di kelas pada saat pelaksanaan pendidikan multikultural melalui buku cerita anak; (2) Pembimbingan dan pengamatan pada anak di kelas; (3) Tanya jawab untuk menganalisis dan mengevaluasi manfaat kegiatan yang dirasakan oleh siswa. Hasil pelaksanaan sosialisasi nilai multikultural di kelas IV SD melalui modul cerita anak sebagai pembelajaran IPAS SD menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan sosialisasi nilai-nilai multikultural melalui buku cerita anak mudah dipahami baik isi cerita maupun makna pesan yang tersirat; (2) Buku cerita yang berisi nilai-nilai multikultural tersebut menurut guru dapat dijadikan alternatif sumber materi pembelajaran IPAS bagi siswa kelas IV SD ; (3) Siswa sangat senang dengan cerita-cerita yang ada di buku, hampir semua anak ingin segera membaca buku tersebut sampai tuntas.


Full Text:

PDF

References


Farida Hanum. 2005. Fenomena Pendidikan Multikural pada Mahasiswa Aktivis UNY. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FIP UNY

Kusuma, Doni, Pendidikan Multikultural; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global Jakarta: Grasindo, 2007

Sutarno. 2007. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Ditjen Dikti.

Tilaar, HAR. 2002, Perubahan Sosial dan Pendidikan Pengantar Pedagogik

___________. 2007. Mengindonesiakan Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia Tinjauan dari persepektif Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.4.1.17-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

 
Powered by Puskom-UMJ