PELATIHAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BERTEMA TRANSPORTASI BAGI MAHASISWA ASING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Authors

  • Khaerunnisa Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Indira Yuliana Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nadya Agustin Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

BIPA, metode langsung, pengajaran

Abstract

BIPA merupakan sebuah program yang membelajarkan bahasa Indonesia untuk orang asing. Pada pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing pengajar harus memperhatikan bagaimana metode yang akan diajarkan kepada pemelajar. Pembelajaran BIPA memerlukan metode khusus yang disesuaikan dengan aspek bahasa dan tingkat pemahaman siswa sesuai dengan levelnya. Hal tersebut diperlukan karena sangat berpengaruh terhadap proses serta hasil dalam pembelajaran, sehingga diperlukannya metode yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas dari metode langsung tersebut pada pembelajaran BIPA teruntuk keterampilan membaca dan menulis mengenai materi transportasi pada level 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bahan ajar berupa teks bacaan yang menjadi instrumen penilaiannya. Pengumpulan data dilakukan melalui praktik oleh lima pemelajar BIPA Universitas Muhammadiyah Jakarta yang berasal dari Thailand dan Kamboja. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan adalah penggunaan metode langsung bagi pembelajaran BIPA untuk keterampilan membaca dan menulis dikatakan efektif karena pemelajar mampu memahami serta mampu menulis teks deskripsi singkat mengenai materi transportasi dengan baik.

Author Biographies

Khaerunnisa, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan

Indira Yuliana, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Febrilia, B.R.A. dkk. (2021). Workshop Perancangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Video Bagi Mahasiswa Calon Guru. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 19–28.

Giyoto. 2021. Solusi pada Kesulitan Dosen dalam Penggunaan Direct Method pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di PTKIN. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA). 89. 3 (2).

Halawa. S, Dkk. 2023. Pengaruh Pengajaran Keterampilan Menulis Bagi Pemelajar Bipa Tingkat Pemula. Jurnal Ilmiah Aquinas. 49. 6 (1).

Jannah, AN. & Khaerunnisa. 2022. Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Pemelajar BIPA Level 7 dalam Pembuatan Karya Ilmiah. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2, No. 2

Suin & Istianti Wati. 2019. Keefektifan Metode Praktik Langsung Dan Metode Audio-Lingual Dalam Pembelajaran Bipa Aspek Berbicara Bagi Pemelajar Bipa 4 Unnes. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 121-122. 8 (2).

Downloads

Published

2025-04-30