PELATIHAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BERTEMA TRANSPORTASI BAGI MAHASISWA ASING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
Keywords:
BIPA, metode langsung, pengajaranAbstract
BIPA merupakan sebuah program yang membelajarkan bahasa Indonesia untuk orang asing. Pada pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing pengajar harus memperhatikan bagaimana metode yang akan diajarkan kepada pemelajar. Pembelajaran BIPA memerlukan metode khusus yang disesuaikan dengan aspek bahasa dan tingkat pemahaman siswa sesuai dengan levelnya. Hal tersebut diperlukan karena sangat berpengaruh terhadap proses serta hasil dalam pembelajaran, sehingga diperlukannya metode yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas dari metode langsung tersebut pada pembelajaran BIPA teruntuk keterampilan membaca dan menulis mengenai materi transportasi pada level 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bahan ajar berupa teks bacaan yang menjadi instrumen penilaiannya. Pengumpulan data dilakukan melalui praktik oleh lima pemelajar BIPA Universitas Muhammadiyah Jakarta yang berasal dari Thailand dan Kamboja. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan adalah penggunaan metode langsung bagi pembelajaran BIPA untuk keterampilan membaca dan menulis dikatakan efektif karena pemelajar mampu memahami serta mampu menulis teks deskripsi singkat mengenai materi transportasi dengan baik.References
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Febrilia, B.R.A. dkk. (2021). Workshop Perancangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Video Bagi Mahasiswa Calon Guru. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 19–28.
Giyoto. 2021. Solusi pada Kesulitan Dosen dalam Penggunaan Direct Method pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di PTKIN. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA). 89. 3 (2).
Halawa. S, Dkk. 2023. Pengaruh Pengajaran Keterampilan Menulis Bagi Pemelajar Bipa Tingkat Pemula. Jurnal Ilmiah Aquinas. 49. 6 (1).
Jannah, AN. & Khaerunnisa. 2022. Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Pemelajar BIPA Level 7 dalam Pembuatan Karya Ilmiah. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2, No. 2
Suin & Istianti Wati. 2019. Keefektifan Metode Praktik Langsung Dan Metode Audio-Lingual Dalam Pembelajaran Bipa Aspek Berbicara Bagi Pemelajar Bipa 4 Unnes. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 121-122. 8 (2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).