PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GEOGEBRA UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hastri Rosiyanti Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ismah Ismah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zaitun Zaitun Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Faisal Faisal Prodi Matematika , Fakultas School of Computer Sains , Universitas Bina Nusantara
  • Sidiq Nugroho Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Riski Riski Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

GeoGebra, Pelatihan, Bangun Ruang, multimedia pembelajaran, Guru Sekolah Dasar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan aplikasi GeoGebra dalam pembelajaran matematika bagi guru Sekolah Dasar di Labschool FIP UMJ. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Sekolah Labschool FIP UMJ dengan melibatkan 33 guru sebagai peserta. Metode yang digunakan berupa pelatihan berbentuk workshop yang fokus pada penggunaan dan pemanfaatan aplikasi GeoGebra dalam materi Bangun Ruang. Tahapan kegiatan terdiri dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Pelatihan ini mendapat respon positif dari peserta, dengan manfaat berupa meningkatnya minat guru dalam menggunakan GeoGebra sebagai alat bantu pembelajaran, bertambahnya wawasan guru untuk menciptakan media pembelajaran berbasis ICT yang lebih menarik, serta kemampuan menghasilkan ilustrasi benda tiga dimensi yang mampu memperjelas konsep matematika abstrak menjadi lebih konkret. Selain itu, GeoGebra mempermudah guru dalam pembuatan soal Bangun Ruang dan menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih efektif. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar. Luaran kegiatan meliputi prosiding nasional, poster, dan materi pelatihan. Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan teknologi seperti GeoGebra dalam pembelajaran guna mendukung transformasi pendidikan yang lebih inovatif.

References

Aprillia, D., & Zainil, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis GeoGebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(8).

Aswan , N. ., Hasibuan, F. A. ., Fadhillah , Y. ., Siregar, M. N. H. ., & Anata, H. D. . (2024). Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 378–385. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24419

Hohenwarter, M., & Preiner, J. (2007). Dynamic Mathematics with GeoGebra. Journal of Online Mathematics and its Applications, 7.

Sati, L., Firdaus, R., & Herpratiwi, H. (2024). Efektivitas Penggunaan Software GeoGebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika, 4(4), 404-414. https://vm36.upi.edu/index.php/didaktika/article/view/76704

Sholihatun, A. D., Misdalina, M., & Jumroh, J. (2021). Pengembangan media pembelajaran bangun ruang sisi datar menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan PMRI. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 189-203. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.42194

Yuliani, R. E., Heru, & Sari, E. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi GeoGebra Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang di SMA Negeri 19 Palembang. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 4(1), 12-17. https://doi.org/10.21831/ptk.v4i1.42194

Downloads

Published

2025-04-30