PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GEOGEBRA UNTUK GURU SEKOLAH DASAR
Keywords:
GeoGebra, Pelatihan, Bangun Ruang, multimedia pembelajaran, Guru Sekolah DasarAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan aplikasi GeoGebra dalam pembelajaran matematika bagi guru Sekolah Dasar di Labschool FIP UMJ. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Sekolah Labschool FIP UMJ dengan melibatkan 33 guru sebagai peserta. Metode yang digunakan berupa pelatihan berbentuk workshop yang fokus pada penggunaan dan pemanfaatan aplikasi GeoGebra dalam materi Bangun Ruang. Tahapan kegiatan terdiri dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Pelatihan ini mendapat respon positif dari peserta, dengan manfaat berupa meningkatnya minat guru dalam menggunakan GeoGebra sebagai alat bantu pembelajaran, bertambahnya wawasan guru untuk menciptakan media pembelajaran berbasis ICT yang lebih menarik, serta kemampuan menghasilkan ilustrasi benda tiga dimensi yang mampu memperjelas konsep matematika abstrak menjadi lebih konkret. Selain itu, GeoGebra mempermudah guru dalam pembuatan soal Bangun Ruang dan menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih efektif. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar. Luaran kegiatan meliputi prosiding nasional, poster, dan materi pelatihan. Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan teknologi seperti GeoGebra dalam pembelajaran guna mendukung transformasi pendidikan yang lebih inovatif.References
Aprillia, D., & Zainil, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis GeoGebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(8).
Aswan , N. ., Hasibuan, F. A. ., Fadhillah , Y. ., Siregar, M. N. H. ., & Anata, H. D. . (2024). Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 378–385. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24419
Hohenwarter, M., & Preiner, J. (2007). Dynamic Mathematics with GeoGebra. Journal of Online Mathematics and its Applications, 7.
Sati, L., Firdaus, R., & Herpratiwi, H. (2024). Efektivitas Penggunaan Software GeoGebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika, 4(4), 404-414. https://vm36.upi.edu/index.php/didaktika/article/view/76704
Sholihatun, A. D., Misdalina, M., & Jumroh, J. (2021). Pengembangan media pembelajaran bangun ruang sisi datar menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan PMRI. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 189-203. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.42194
Yuliani, R. E., Heru, & Sari, E. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi GeoGebra Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang di SMA Negeri 19 Palembang. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 4(1), 12-17. https://doi.org/10.21831/ptk.v4i1.42194
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).