PENCEGAHAN BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH MTS DAARUL HIDAAYAH
Keywords:
Pencegahan bullying, Sekolah, Murid.Abstract
Pencegahan bullying di lingkungan sekolah MTS DAARUL HIDAAYAH Desa wanawali Kec. Cibatu yang merupakan upaya penting untuk menciptakan suasana belajar yang aman dan kondusif bagi seluruh siswa MTS DAARUL HIDAAYAH. Bullying, yang dapat berwujud fisik, verbal, maupun sosial, memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan mental dan perkembangan sosial siswa MTS DAARUL HIDAAYAH, serta dapat mengganggu proses belajar mengajar. Oleh karena itu, pencegahan bullying melibatkan pendekatan multi-faceted (multi segi) yang mencakup edukasi, kebijakan anti-bullying yang jelas, dan pembangunan lingkungan yang positif. Edukasi tentang bullying perlu diberikan kepada siswa MTS DAARUL HIDAAYAH, guru, dan staf untuk meningkatkan kesadaran akan dampaknya dan cara pencegahannya. Kebijakan yang tegas harus diterapkan untuk menangani kasus bullying, sambil menyediakan dukungan bagi korban. Keterlibatan orang tua dan komunitas juga sangat penting dalam menciptakan budaya yang menolak bullying. Dengan langkah-langkah yang terkoordinasi dan berkelanjutan, diharapkan lingkungan sekolah dapat menjadi tempat yang aman dan mendukung bagi semua siswa, sehingga mereka dapat belajar dan berkembang secara optimal.References
Aristiani, N., Kanzunnudin, M., & Fajrie,N. (2021). Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Gribig, Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.5989
Christy, Z. A., Unter, R., & Wibowo, D. H. (2022). “Aku Siswa Anti Bullying”: Layanan Psikoedukasi untuk Mencegah Bullying di Sekolah. Magistrotum Et Scholarium : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 429–439.
Olweus, D. (1993). Bullying at school: What we know and what we can do. Blackwell Publishing.
Prasetio, A., & Fanreza, R. (2023). Strategi Sekolah Dalam Upaya Pencegahan Bullying di Ismaeliyah School. ANSIRU PAI, 7(1), 1–6.
Sidik, F. M. (2024). Siswa SMA Di-bully hingga Masuk RSJ, KPAI Soroti Perlindungan Sekolah. DetikNews. https://news.detik.com/berita/d- 7523197/siswa-smadi-bully-hingga- masuk-rsj-kpai-soroti-perlindungan- sekolah
UNICEF. (2020). Cyberbullying: Apa itu dan bagaimana menghentikannya 10 hal yang remaja ingin tahu dari cyberbullying. UNICEF.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).