PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE MENDELEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA

Rosyida Nurul Anwar, Syauzan Sabrina, Arin Nur Cahyani

Abstract


Tuntutan dunia publikasi pada jurnal-jurnal terakreditasi dan jurnal internasional mewajibkan artikel menulis dengan menggunakan aplikasi mendeley. Kebanyakan mahasiswa yang menulis karya ilmiah membuat kutipan dan daftar pustaka secara manual serta belum memiliki pengetahuan menggunakan mendeley. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa. Metode yang digunakan adalah ceramah, praktek, dan tanya jawab. Peserta pada kegiatan ini adalah mahasiswa nonregular pada program studi PG PAUD Universitas PGRI Madiun sebanyak 17 peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta dalam menggunakan software. Pada penginstalan softaware terjadi peningkatan 100% peserta yaitu dapat mekukan install mendeley. Kemampuan membuat kutipan pada mendeley sebanyak 100% telah dapat menggunakannya, serta peserta tertarik menggunakannya dalam penulisan tugas akhir karya ilmiah. Sedangkan ditinjau dari proses install dan sinkron aplikasi pada MS Word, terdapat 35% peserta mengalami kesulitan. Pelatihan penggunaan software mendeley memberikan kemudahan mahasiswa untuk menulis dan meningkatkan kualitas karya ilmiah.


Keywords


karya ilmiah, mendeley, pelatihan

Full Text:

PDF PDF

References


Agolla, J. E. (2018). Human Capital in the Smart Manufacturing and Industry 4.0 Revolution. Digital Transformation in Smart Manufacturing. https://doi.org/10.5772/intechopen.73575

Christanti, Y. D., & Anwar, R. N. (2019). Relationship Of Academic Procrastination With Intelligence Of Milenial Spiritual Generation. Jurnal Pedagogik, 6(1), 31–65.

Costas, R., Zahedi, Z., & Wouters, P. (2015). Do “Altmetrics” Correlate With Citations? Extensive Comparison Of Altmetric Indicators With Citations From A Multidisciplinary Perspective. Journal of the Association for Information Science and Technology, 66(10), 2003–2019. https://doi.org/10.1055/s-0033-1353891

Daud, A. M., Omar, J., Turiman, P., & Osman, K. (2012). Creativity in Science Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 467–474. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.302

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.30653/002.201611.10

Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Nasution, M. K. M. (2016). Carut Marut Menulis Karya Ilmiah. Harian Waspada, (May). Retrieved from http://www.academia.edu/download/53059330/2016-Waspada-1.pdf

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 11406.

Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35–39. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.849

Permana, T. I., & Fatmawati, D. (2019). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja untuk Meningkatkan Kreativitas dan Literasi. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 101. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20867

Rahmawati, C., Meliyna, Yuliana, & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30–36.

Reflianto, S. (2019). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Wang, Y., McKee, M., Torbica, A., & Stuckler, D. (2019). Systematic Literature Review on the Spread of Health-related Misinformation on Social Media. Social Science and Medicine, 240, 112552. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2019.112552

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145. https://doi.org/10.30651/aks.v2i2.1319




DOI: https://doi.org/10.24853/annas.1.1.1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AN NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

Powered by Puskom-UMJ