IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEKOLAH MENGGUNAKAN E-LEARNING

Mahbubul Wathoni, Adi Alam, Sari Palestina, Rikaro Ramadi, Ahmad Fikri Adriansyah, Diah Budi Ratriningrum, Mia Hariyani

Abstract


Pembelajaran ialah suatu kebutuhan terutama dalam keberlangsungan proses belajar mengajar yang membutuhkan tanggung jawab moral lumayan besar untuk seseorang pendidik. Tingkatan keberhasilan pembelajaran terhadap siswa sangat tergantung pada pertanggungjawaban seseorang guru dalam melakukan tugasnya.. Dalam sebuah proses pendidikan, pemilihan model serta tata cara ataupun media pendidikan sangat diperlukan buat melaksanakan penyesuaian dengan keahlian dari peserta didik, supaya memudahkan dalam pemilihan kurikulum serta kompetensi untuk partisipan didik. Pendidikan dikala ini, lebih ditunjukan pada kegiatan modernisasi dengan dorongan teknologi mutahir dengan harapan bisa menolong siswa dalam mengolah modul pendidikan secara interaktif, produktif, efisien, inspiratif, konstruktif, serta mengasyikkan. Tidak hanya itu, siswa pula diharapkan mempunyai life skill dari aplikasi teknologi tersebut. Dengan terdapatnya masa teknologi yang terus menjadi tumbuh ini hingga progam pendidikan ditunjukan buat dapat menggunakan teknologi dengan lebih baik. Salah satu pemanfaatan teknologi dikala ini merupakan e-learning memakai website buat mengaksesnya. Tidak memungkiri sebab banyak siswa saat ini mempunyai smart phone jadi lebih gampang buat mengaksesnya dari manapun terletak serta kapanpun.


Keywords


Google Classroom; Belajar Mengajar; E-learning

Full Text:

PDF

References


Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Clark, R. C. & Mayer, R., E. 2008. E-Learning and the science of instruction (second edition). San Francisco: Pfeiffer.

Diana Ariani. 2018. Komponen Pengembangan E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif. JPI 1 (1): 58 – 65.

Gunawan, F.I. & Sunarman, S.G. 2018. Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Peserta didik SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Khoiroh, N., Munoto, D., & Anifah, L. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110.

Mohammad Yazdi. 2012. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Ilmiah Foristek, 1, Maret 2012, Vol. 2, No. 1, Berbasis Teknologi Informasi.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Numiek Sulistyo Hanum. Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi.

Rusman,dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.




DOI: https://doi.org/10.24853/annas.1.1.39-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AN NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

Powered by Puskom-UMJ