IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEKOLAH MENGGUNAKAN E-LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.1.1.39-46Keywords:
Google Classroom, Belajar Mengajar, E-learningAbstract
Pembelajaran ialah suatu kebutuhan terutama dalam keberlangsungan proses belajar mengajar yang membutuhkan tanggung jawab moral lumayan besar untuk seseorang pendidik. Tingkatan keberhasilan pembelajaran terhadap siswa sangat tergantung pada pertanggungjawaban seseorang guru dalam melakukan tugasnya.. Dalam sebuah proses pendidikan, pemilihan model serta tata cara ataupun media pendidikan sangat diperlukan buat melaksanakan penyesuaian dengan keahlian dari peserta didik, supaya memudahkan dalam pemilihan kurikulum serta kompetensi untuk partisipan didik. Pendidikan dikala ini, lebih ditunjukan pada kegiatan modernisasi dengan dorongan teknologi mutahir dengan harapan bisa menolong siswa dalam mengolah modul pendidikan secara interaktif, produktif, efisien, inspiratif, konstruktif, serta mengasyikkan. Tidak hanya itu, siswa pula diharapkan mempunyai life skill dari aplikasi teknologi tersebut. Dengan terdapatnya masa teknologi yang terus menjadi tumbuh ini hingga progam pendidikan ditunjukan buat dapat menggunakan teknologi dengan lebih baik. Salah satu pemanfaatan teknologi dikala ini merupakan e-learning memakai website buat mengaksesnya. Tidak memungkiri sebab banyak siswa saat ini mempunyai smart phone jadi lebih gampang buat mengaksesnya dari manapun terletak serta kapanpun.References
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Clark, R. C. & Mayer, R., E. 2008. E-Learning and the science of instruction (second edition). San Francisco: Pfeiffer.
Diana Ariani. 2018. Komponen Pengembangan E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif. JPI 1 (1): 58 – 65.
Gunawan, F.I. & Sunarman, S.G. 2018. Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Peserta didik SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Khoiroh, N., Munoto, D., & Anifah, L. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110.
Mohammad Yazdi. 2012. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Ilmiah Foristek, 1, Maret 2012, Vol. 2, No. 1, Berbasis Teknologi Informasi.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Numiek Sulistyo Hanum. Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi.
Rusman,dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.
Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).