PELATIHAN STIMULASI KETERAMPILAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA POSTER DI MASA PANDEMI

Noor Baiti, Muhammad Zulkarnaen

Abstract


Kemampuan bahasa berkaitan erat dengan kemampuan literasi anak. Literasi dapat dikategorikan dalam berbagai bidang kemampuan diantaranya ialah kemampuan membaca, menulis dan memahami. Pemahaman terhadap menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak dan menggunakan protokol kesehatan selama berada di luar rumah sangat perlu dilakukan. Penanaman pemahaman terhadap anak dapat dilakukan dengan berupa stimulasi literasi yang diberikan kepada anak salah satunya dapat berupa poster. Terutama dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap gejala dan pencegahan virus covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan  menggunakan cara tatap muka, metode ceramah dan demonstrasi serta pendampingan dalam praktek. Pelatihan ini bertujuan untuk menstimulasi keterampilan literasi awal anak menggunakan media poster. Hasil kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat membantu stimulasi keterampilan literasi awal anak menggunakan media poster di Desa Sungai Punggu Baru Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala.

 


Keywords


Kemampuan Literasi, Media Poster, Stimulasi.

Full Text:

PDF

References


Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19 . Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan strategis, XII(7/I), 6.

Atsani, L. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(2) , 44–54.

Azhim, S. A. (2011). Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Depok: Gema Insani Press.

Erlina , & Mulyani, S. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan. Manajemen. Medan: USU Press.

Ghoting, S. N., & Diaz, P. M. (2006). Early Literacy Storytimes@your Library. American Library Association (hal. 5). Chicago: American Library.

Gong, G. A., & Irkham, A. M. (2012). Gempa Literasi. Jakarta: Gramedia.

Herlambang, A. A. (2020, 08 25). ayosemarang.com. Dipetik 01 23, 2021, dari ayosemarang: https://www.ayosemarang.com/read/2020/08/25/62601/tanam-budaya-literasi-sejak-dini-selama-pandemi

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Husein, U. (2012). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mahbudin. (2020, 07 13). BDK Jakarta Kementerian Agama RI. Dipetik 01 20, 2021, dari BDKJakarta Kementerian Agama RI: bdkjakarta.kemenag.go.id

Martini, F., & Sénéchal, M. (2012). Learning literacy skills at home: Parent teaching,Expectations, and child interest. Canadian Journal of Behavioural Science, 44 (3), , 210-221.

Musfiroh, T. (2009). Menumbuhkan Baca-Tulis anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Nazir, M. (2005). Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 196.

Somantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toharudin, dkk. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Usman, S. (2004). Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, N. A. (2015). Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT Di KB, TK/RA. Yogyakarta: Gava Media.

Wiyani, N. A. (2017). Manajemen PAUD Berdaya Saing. Yogyakarta: Gava Media.

Yusuf, S. (2004). Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: Remaja.




DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.1.2.25-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AN NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

 
Powered by Puskom-UMJ