PELATIHAN STIMULASI KETERAMPILAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA POSTER DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.1.2.25-32Keywords:
Kemampuan Literasi, Media Poster, Stimulasi.Abstract
Kemampuan bahasa berkaitan erat dengan kemampuan literasi anak. Literasi dapat dikategorikan dalam berbagai bidang kemampuan diantaranya ialah kemampuan membaca, menulis dan memahami. Pemahaman terhadap menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak dan menggunakan protokol kesehatan selama berada di luar rumah sangat perlu dilakukan. Penanaman pemahaman terhadap anak dapat dilakukan dengan berupa stimulasi literasi yang diberikan kepada anak salah satunya dapat berupa poster. Terutama dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap gejala dan pencegahan virus covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan menggunakan cara tatap muka, metode ceramah dan demonstrasi serta pendampingan dalam praktek. Pelatihan ini bertujuan untuk menstimulasi keterampilan literasi awal anak menggunakan media poster. Hasil kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat membantu stimulasi keterampilan literasi awal anak menggunakan media poster di Desa Sungai Punggu Baru Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala.References
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19 . Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan strategis, XII(7/I), 6.
Atsani, L. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(2) , 44–54.
Azhim, S. A. (2011). Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Depok: Gema Insani Press.
Erlina , & Mulyani, S. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan. Manajemen. Medan: USU Press.
Ghoting, S. N., & Diaz, P. M. (2006). Early Literacy Storytimes@your Library. American Library Association (hal. 5). Chicago: American Library.
Gong, G. A., & Irkham, A. M. (2012). Gempa Literasi. Jakarta: Gramedia.
Herlambang, A. A. (2020, 08 25). ayosemarang.com. Dipetik 01 23, 2021, dari ayosemarang: https://www.ayosemarang.com/read/2020/08/25/62601/tanam-budaya-literasi-sejak-dini-selama-pandemi
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Husein, U. (2012). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mahbudin. (2020, 07 13). BDK Jakarta Kementerian Agama RI. Dipetik 01 20, 2021, dari BDKJakarta Kementerian Agama RI: bdkjakarta.kemenag.go.id
Martini, F., & Sénéchal, M. (2012). Learning literacy skills at home: Parent teaching,Expectations, and child interest. Canadian Journal of Behavioural Science, 44 (3), , 210-221.
Musfiroh, T. (2009). Menumbuhkan Baca-Tulis anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Nazir, M. (2005). Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 196.
Somantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toharudin, dkk. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Usman, S. (2004). Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyani, N. A. (2015). Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT Di KB, TK/RA. Yogyakarta: Gava Media.
Wiyani, N. A. (2017). Manajemen PAUD Berdaya Saing. Yogyakarta: Gava Media.
Yusuf, S. (2004). Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: Remaja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).