PELATIHAN KAHOOT SEBAGAI E-ASSESMENT UNTUK GURU SD DI CIKOLE, SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.1.2.7-14Keywords:
Kahoot, e-assesment, evaluasi pembelajaran, penilaian pembelajaranAbstract
Media pembelajaran berbasis teknologi di era digital 4.0 semakin berkembang. Keberadaan media pembelajaran ini mendorong proses pembelajaran menjadi pembelajaran yang menarik. Dengan proses pembelajaran berbasis teknologi yang menyenangkan, peserta didik dapat terkesan ketika belajar. Proses pembelajar perlu diukur dalam bentuk tes evaluasi yang memanfaatkan teknologi. Salah satu teknologi mutakhir dalam evaluasi pembelajaran yaitu aplikasi Kahoot!. Tujuan dilakukan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan guru SD di Daerah Sukabumi untuk dapat melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran dengan lebih menyenangkan dan efisien. Aplikasi Kahoot! Dapat digunakan sebagai instrumen tes pembelajaran di era digital. Kahoot! merupakan aplikasi online berbasis website yang dapat digunakan sebagai evaluasi pembelajaran. Metode pelaksanaan dilakukan dalam bentuk pelatihan. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada guru untuk menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian e-assesment. Langkah selanjutnya dilakukan kegiatan penerapan instrumen yang telah dibuat. Kegiatan pelatihan ini akan dilakukan dalam 3 tahapan yaitu pelatihan tahap 1 adalah Pengenalan literasi digital, Tahap 2 adalah simulasi Praktek Literasi Digital dan Tahap 3 adalah pengembangan produk literasi digital. Pelatihan ini memberikan dampak positif bagi guru-guru. Pada hasil pendampingan, guru peserta pelatihan sudah mulai menyusun dan menerapkan penilaian e-assesment dalam pembelajaran, sehingga rubrik penilaian sudah mulai di implementasikan dalam melakukan penilaian pembelajaran.References
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Ewa, Z. P. (2016). Kahoot It or Not? Can Games Be Motivating in Learning Grammar? Teaching English with Technology, 16(3), 17-36.
Jamiludin, Darnawati, Waode, A.S.U. dan Anugrah, P.A. (2020). Pelatihan Kahoot pada Guru dalam Proses Evaluasi Belajar. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1(2) : 63-67.
Rahmawati, Atina, Muhtar H, Mochammad Irsyadul H. (2019). Implementasi KAHOOT sebagai Instrumen Tes Pembelajaran Fisika di Era Digital. Seminar Nasional Pendidikan (SENDIKA), Vol 3, 2019, pp. 23-34, Universitas Ahmad Dahlan, 24 November 2019
Rubhan Masykur, Nofrizal, dan Muhamad Syazali. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia
Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8 No.2, Hal 178.
Zainul dan Nasution. (2001). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).