https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/issue/feedAN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat2024-09-04T13:52:07+00:00Hastri Rosiyantiannas.jurnalpengmas@umj.ac.idOpen Journal Systems<p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong>AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat </strong></span></strong></strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;">Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal ilmiah peer-reviewed yang didedikasikan untuk menerbitkan hasil pengabdian masyarakat berkenaan dengan pendidikan kemasyarakatan serperti pelatihan, penyuluhan, pembelajaran, dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan kemasyarakatan. Jurnal ini menerbitkan pemikiran dan pengalaman praktisi pendidik yang inspiratif dan inovatif. Artikel adalah karya asli, berkualitas, dan belum pernah diterbitkan di media lainnya.</span></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong>e-ISSN</strong>: 2798-6225</p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong> </strong></span></strong></span></strong></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong>AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat</strong></span></strong> mengundang para dosen, pengabdi, pengkaji, praktisi, dan pemerhati serta mahasiswa S1/S2/S3, untuk mengirimkan paper atau artikel ilmiahnya. Paper yang masuk akan di-review secara peer-review. Setelah proses review selesai, hasil review akan diinformasikan kepada penulis paper melalui sistem Open Journal System (OJS).</span></strong></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong> </strong></span></strong></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong>AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat</strong> diterbitkan secara berkala, setiap dua kali dalam setahun (April dan Oktober) oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.</span></strong></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"> </span></strong></p>https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/19160PENYULUHAN DAN PELAKSANAAN SIKAT GIGI BERSAMA DI SDN LEBAK BULUS 04, JAKARTA SELATAN2024-09-04T13:51:50+00:00Apri Utami Parta Santiapri.santi@umj.ac.idBunga Saviraapri.santi@umj.ac.idAliva Shelitaapri.santi@umj.ac.idAulia Larasatiapri.santi@umj.ac.idLupita Aprilianizaapri.santi@umj.ac.idLina Herlianaapri.santi@umj.ac.idDevi Dwiapri.santi@umj.ac.idMaulina Maulinaapri.santi@umj.ac.idNovia Ikfina Naelal Munaapri.santi@umj.ac.idQorry Syahritapri.santi@umj.ac.idShoidaliyyatul Ulumapri.santi@umj.ac.idAida Alissaapri.santi@umj.ac.idFaturakhman Embun Nusantaraapri.santi@umj.ac.id<p>Anak usia sekolah dasar merupakan golongan yang rentan mengalami masalah kesehatan pada gigi dan mulut. Tujuan kegiatan ini adalah dengan memberikan penyuluhan secara luring tentang pentingnya kebersihan gigi dan mulut serta cara menggosok gigi yang baik dan benar. Anak usia sekolah dasar banyak yang belum memahami cara perawatan dan menyikat gigi yang benar dikarenakan oleh kurang pengetahuan. Sehingga diharapkan dari kegiatan penyuluhan ini dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan gigi pada anak. Kegiatan ini juga diikuti dengan sikat gigi bersama para siswa dan pengecekan gigi berlubang. Lokasi penyuluhan dilakukan di SDN Lebak Bulus 04 yang berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan. Dari 31 siswa yang di periksa giginya terdapat 9 siswa yang memiliki gigi berlubang. Metode penyuluhan dengan menggunakan presentasi Power point serta menampilkan video cara menggosok gigi yang benar. Selanjutnya akan dilakukan praktik pelaksanaan cara menggosok gigi dengan baik dan benar. Proses pelaksanaan berjalan dengan baik dan siswa mampu memahami pentingnya menjaga kesehatan gigi dan dapat menyikat gigi dengan cara yang benar.</p>2024-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/22359PENINGKATAN PEMAHAMAN MASYARAKAT KALURAHAN POTORONO TERKAIT HUKUM WARIS DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF INDONESIA DAN HUKUM WARIS BARAT2024-09-04T13:51:50+00:00Herlan Purnomo Syamsiherlansamsi07@gmail.com<p>Landasan program pengabdian kepada masyarakat ini terdapat permasalahan: sebagian warga Kecamatan Potorono mempunyai pemahaman yang salah mengenai sistem pembagian hukum waris ditinjau dari Hukum Positif Indonesia dan Hukum Waris Barat. Misalnya, mereka berpendapat bahwa ahli waris hanya boleh berasal dari anggota keluarga inti yang terdiri dari suami/istri, istri, dan anak. Penafsiran ini bertentangan dengan ajaran Alquran yang terdapat pada ayat 11, 12, dan 176 Surat Al-Nisa. Warga Desa Potorono hendaknya semakin mengetahui hukum waris Islam yang sejalan dengan ajaran Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW dengan mempertimbangkan berbagai faktor tersebut. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk: 1) memperluas pemahaman masyarakat Desa Potorono tentang hukum waris Islam. 2) Meningkatkan kesadaran mengamalkan ajaran Islam khususnya hukum waris dalam prespektif hukum positif Indonesia dan barat pada masyarakatnya dengan meningkatkan pemahaman warga Desa Potorono mengenai tata cara pembagian warisan sesuai ajaran Islam. 3) Memperjuangkan warga Kecamatan Potorono dalam hukum waris masyarakatnya. Metode sosialisasi yang dilakukan secara tatap muka digunakan dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Penjangkauan kepada mitra, partisipasi mitra, dan evaluasi program serta keberlanjutan setelah pelaksanaan layanan terdiri dari tiga tahap kegiatan ini. Setelah kegiatan dievaluasi, masyarakat Kecamatan Potorono yang mengikuti sosialisasi lebih mendalami hukum waris Islam. Ini adalah hasil dari kegiatan pelayanan. Selain itu, peserta juga memahami pentingnya informasi hukum waris yang harus mereka sampaikan kepada orang lain dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.</p>2024-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/19860SOSIALISASI NILAI MULTIKULTURAL MELALUI CERITA ANAK SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR2024-09-04T13:51:50+00:00Dewi Setiyaningsihdewisetiya30@gmail.comImam Mujtabadewisetiya30@gmail.comImam Mujtabadewisetiya30@gmail.comFarihen Farihendewisetiya30@gmail.comFarihen Farihendewisetiya30@gmail.com<p>Sosialisasi nilai multikultural yang dilakukan di SDN 01 Serua dilaksanakan dengan menggunakan media modul cerita anak untuk siswa kelas IV SD. Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan apresiasi positif pada diri siswa terhadap perbedaan perbedaan yang ada di masyarakat. Secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk : (1) Memberi pemahaman pada guru melalui sosialisasi buku pedoman guru untuk pelaksanaan pendidikan multikultural di SD melalui buku cerita anak sebagai suplemen pelajaran IPAS kelas IV SD; (2) Mengenalkan pada siswa tentang nilai-nilai multikultural melalui isi buku cerita anak. Metode yang digunakan dalam keseluruhan pelaksanaan sosialisasi ini meliputi : (1) Diskusi untuk menyamakan persepsi tentang pendidikan multikultural dan topik PPM dengan guru; (2) Bercerita di kelas pada saat pelaksanaan pendidikan multikultural melalui buku cerita anak; (2) Pembimbingan dan pengamatan pada anak di kelas; (3) Tanya jawab untuk menganalisis dan mengevaluasi manfaat kegiatan yang dirasakan oleh siswa. Hasil pelaksanaan sosialisasi nilai multikultural di kelas IV SD melalui modul cerita anak sebagai pembelajaran IPAS SD menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan sosialisasi nilai-nilai multikultural melalui buku cerita anak mudah dipahami baik isi cerita maupun makna pesan yang tersirat; (2) Buku cerita yang berisi nilai-nilai multikultural tersebut menurut guru dapat dijadikan alternatif sumber materi pembelajaran IPAS bagi siswa kelas IV SD ; (3) Siswa sangat senang dengan cerita-cerita yang ada di buku, hampir semua anak ingin segera membaca buku tersebut sampai tuntas.</p>2024-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/20259PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR TEMATIK TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS AL QUR’AN2024-09-04T13:51:50+00:00Imam Mujtaba Mujtabaimam.mujtaba@umj.ac.idFarihen Farihenabc@yahoo.comDewi Setianingsihabc@yahoo.comSularno Sularnoabc@yahoo.comAhmad Zaki Mahardikaabc@yahoo.comPutri Garda Maharaniabc@yahoo.comFazira Adrianiabc@yahoo.com<p>Pentingnya memperkuat pendidikan karakter religius berbasis Al-Qur'an di SD Lab School FIP UMJ menjadi fokus utama pengabdian ini. Pelatihan diberikan kepada guru-guru untuk menyusun bahan ajar tematik yang terintegrasi dengan pendidikan karakter religius. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan modul pembelajaran yang menggabungkan aspek tematik dengan nilai-nilai karakter Al-Qur'an. Melalui pendekatan kemitraan, pelatihan memberdayakan para pendidik, menciptakan antusiasme dan motivasi untuk mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan ke dalam kurikulum. Hasil pengabdian mencakup peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun modul tematik terintegrasi dengan karakter religius Al-Qur'an.</p>2024-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/19333PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA SEBAGAI MITIGASI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI METODE PEMBUATAN SABUN CUCI PAKAIAN DARI MINYAK JELANTAH DI KELURAHAN BINTARO2024-09-04T13:51:50+00:00Amali Rizki Hawaamaliarh17@gmail.comMila Karmilakarmilasyafa0@gmail.comLilis Wulandarililiswulandaru@gmail.comDhiya Fahriyyah Maritzadhiyafahriyyah@gmail.comNurbaiti Widyasarinurbaiti.widyasari@umj.ac.idMinyak jelantah merupakan senyawa berupa limbah yang mengandung karsinogenik dengan bilangan asam dan peroksida yang tinggi. Masyarakat kelurahan Bintaro sering membuang minyak jelantah ke aliran air yang berdampak pada lingkungan sekitar. Oleh sebab itu perlu dilakukan penanggulangan pembuangan minyak jelantah menjadi produk nilai ekomonis. Kegiatan ini bekerja sama dengan mitra karang taruna kelurahan Bintaro. Terdapat 4 metode pelaksanaan kegiatan, yaitu penyuluhan, pelatihan dan pendampinga, evaluasi, dan keberlanjutan program. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci pakaian, serta terdapat tim keberlanjutan program. Saran yang dapat diberikan adalah dalam pemanfaatan limbah minyak jelantah perlunya peran masyarakat setempat sehingga masalah pencemaran lingkungan dapat diatasi secara bersama-sama.2024-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakathttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/20096SOSIALISASI IMPLEMENTASI PARENTING EDUCATION DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK2024-09-04T13:52:07+00:00Herwina Baharherwina.bahar@umj.ac.idIswan Iswaniswanfipumj@gmail.comSaiful Bahrisaifulbahri@umj.ac.idVenni Herli Sundivenni.herli@umj.ac.idRetno Wulandariabc@yahoo.comOrang tua dan guru bisa saling bekerja sama dalam suatu program yaitu parenting education, program tersebut sangat penting untuk menunjang proses Pendidikan peserta didik, terlebih orang tua adalah pendidik utama anaknya. Pengabdian Masyarakat ini memiliki tujuan untuk mensosialisasikan program parenting education terutama untuk melihat proses belajar anak di rumah pasca pandemic covid 19 di Lab School FIP UMJ. Metode yang digunakan adalah adanya sosialisasi dan menyebarkan angket kepada orang tua. Hasil survei yang dilakukan kepada 81 orang tua menunjukkan bahwa partisipasi orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar anak pasca pandemic yaitu berkurang sebanyak 24,7%, sama saja sebesar 34,6%, sangat besar 34,6%. Partisipasi parenting yang dilakukan oreng tua di sekolah yaitu komunikasi melalui Whatsapp sebanyak 69%. Efektifitas program parenting di sekolah sebanyak 69% menghasilkan efektif. Komunikasi antara guru dan orang tua sehingga komunikasi yang baik mengahasilkan 58% dan melakukan komunikasi yang sangat baik menghasilkan 42%. Proses belajar anak di rumah pasca pandemic dilaksanakan dalam waktu berapa lama yaitu 1 – 2 jam sebanyak 41% dan waktu yang tidak terjadwal sebanyak 44,4%. Pendamping proses belajar anak di rumah didampingi oleh orang tua sebanyak 93%.2024-04-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat