https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/issue/feed AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2025-07-10T06:57:30+00:00 Hastri Rosiyanti annas.jurnalpengmas@umj.ac.id Open Journal Systems <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong>AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat </strong></span></strong></strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;">Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal ilmiah peer-reviewed yang didedikasikan untuk menerbitkan hasil pengabdian masyarakat berkenaan dengan pendidikan kemasyarakatan serperti pelatihan, penyuluhan, pembelajaran, dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan kemasyarakatan. Jurnal ini menerbitkan pemikiran dan pengalaman praktisi pendidik yang inspiratif dan inovatif. Artikel adalah karya asli, berkualitas, dan belum pernah diterbitkan di media lainnya.</span></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong>e-ISSN</strong>: 2798-6225</p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong> </strong></span></strong></span></strong></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong>AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat</strong></span></strong> mengundang para dosen, pengabdi, pengkaji, praktisi, dan pemerhati serta mahasiswa S1/S2/S3, untuk mengirimkan paper atau artikel ilmiahnya. Paper yang masuk akan di-review secara peer-review. Setelah proses review selesai, hasil review akan diinformasikan kepada penulis paper melalui sistem Open Journal System (OJS).</span></strong></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong> </strong></span></strong></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"><strong>AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat</strong> diterbitkan secara berkala, setiap dua kali dalam setahun (April dan Oktober) oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. </span></strong></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;">E-ISSN : 2798-6225</span></strong></p> <p style="font-size: 16px; text-align: justify;"><strong><span style="color: #000000; font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif; font-size: 16px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: justify; text-indent: 0px; text-transform: none; white-space: normal; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; background-color: #ffffff; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;"> </span></strong></p> https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/26376 PENYULUHAN TENTANG DAMPAK PERNIKAHAN DINI DI DESA WANAWALI KECAMATAN CIBATU KABUPATEN PURWAKARTA 2025-07-10T06:52:31+00:00 Muhammad Ally Ramdhani allyramdhanimuhamma@gmail.com Khoir Affandi filbarokah@gmail.com Dulnasir Dulnasir adv.dulnasir@gmail.com <p>Pernikahan dini merupakan suatu hal yang masih dianggap wajar, bahkan di Indonesia pernikahan dini telah menjadi fenomena sosial budaya yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia terutama di daerah pedesaan. Beberapa desa di Indonesia masih memberikan respon positif terhadap pernikahan dini. Salah satunya di Desa Wanawali Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat pernikahan dini yang cukup tinggi. Padahal kita semua tahu bahwa banyak akibat negatif dari pernikahan dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif dan positif pernikahan dini di Desa Wanawali dan memberikan penyuluhan hukum tentang pentingnya memahami dampak-dampak tersebut. Metode penyelesaian yang digunakan untuk mengatasi fenomena tersebut adalah dengan menggunakan metode pendidikan masyarakat. Faktor penyebab pernikahan dini adalah faktor diri sendiri, dimana karena mereka sudah saling mengenal dan mencintai akhirnya mereka sepakat untuk melanjutkan hubungan kejenjang pernikahan dan juga disebabkan faktor lingkungan yang masih menganggap pernikahan dini sebagai hal biasa. Serta berdampak pada putusnya sekolah, perceraian rumah tangga dan terjadinya kekerasan rumah tangga. Namun, pernikahan dini juga memiliki dampak positif seperti meningkatkan kesadaran sosial dan memperkuat ikatan keluarga. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyuluhan hukum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memahami dampak-dampak pernikahan dini.</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/23081 PENGABDIAN MASYARAKAT SEPUTAR MITOS MAKANAN DI MASA KEHAMILAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN STUNTING 2025-01-27T07:30:55+00:00 Lintang Yunisha Dewi lintangyunisha15@gmail.com Nida Syifa Hilmia lintangyunishadewi@gmail.com Ai Nurjanah lintangyunishadewi@gmail.com Fitry Desti Salsabilla lintangyunishadewi@gmail.com Firda Amelia lintangyunishadewi@gmail.com Riky Andrian lintangyunishadewi@gmail.com Stunting adalah permasalahan kesehatan yang terjadi pada anak-anak dan balita dimana masa pertumbuhan yang terlambat sebagai akibat kurang terpenuhinya gizi dan nutrisi selama masa pertumbuhan janin atau di masa balita. Stunting telah menjadi perhatian pemerintah karena menyerang generasi muda bangsa. Penyebab stunting seperti makanan, lingkungan dan wawasan ibu hamil menjadi persoalan utama yang harus dikendalikan. Terlebih mitos seputar makanan bagi ibu hamil masih banyak dijumpai di berbagai daerah yang justru tidak terbukti secara ilmiah. Percaya akan mitos yang dapat menyebabkan terhambatnya pemeuhan nutrisi bagi ibu hamil dapat berpengaruh langsung bagi perkembangan janin. Maka dari itu, upaya pencegahan dan pengendalian stunting perlu dilakukan dari berbagai pihak termasuk pemerintah desa. Melalui posyandu, stunting dapat diminimalisir dan ibu hamil dapat dikontrol terkait pemenuhan gizi dan nutrisi selama masa kehamilan. Pengabdian dilakukan di Desa Sukamenak, Kecamatan Sukaresik dengan melakukan diskusi dan penyebaran pamphlet dengan sasarannya adalah ibu PKK Posyandu sebagai garda terdepan pencegahan dan pengendalian stunting di Desa Sukamenak. Dampak yang diharapkan adalah pengabdian ini dapat memberikan manfaat seputar pengetahuan tentang apa yang baik dan tidak bagi masa kehamilan serta mengurangi rasa khawatir akan mitos tertentu yang dapat berpengaruh pada tumbuh kembang janin, dan mencegah terjadinya stunting. 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/26364 BIMBINGAN TEKNIS PROFESI AMIL NIKAH DALAM MENYONGSONG ERA DIGITAL 2025-07-09T04:08:00+00:00 Asep Rizal Apriansyah rasep9294@gmail.com Khoir Affandi filbarokah@gmail.com Akke Azhar Annisa hidupberkah99@gmail.com <p>Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan Amil nikah yang GAPTEK dalam menggunakan penerapan web atau aplikasi Sistem Informasi Nikah (SIMKAH). Jurnal ini menginvestigasi metode Participatory Action Research (PAR) dalam konteks Penyuluhan Hukum agar lebih dekat menjalin keharmonisan dengan masyarakat setempat khususnya Amil Nikah di Desa Wanawali, yang bertempat di Aula Desa Wanawali dan dihadiri oleh tokoh masyarakat, amil, kepengurusan desa dan kkn dari Universitas Karawang. Temuan menunjukan bahwa pendekatan PAR ini mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman yang gampang dicerna oleh Masyarakat dan Amil nikah, serta memperluas pemahaman tentang Apliaksi Sistem Informasi Nikah (SIMKAH). Diadakannya Penyuluhan Hukum mengenai Web Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH), agar mempermudah ketika pengumpulan administrasi pernikahan agar lebih tepat dan tidak ada yang memanipulasi data.</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/26172 PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GEOGEBRA UNTUK GURU SEKOLAH DASAR 2025-07-09T04:01:48+00:00 Hastri Rosiyanti hastrirosiyanti@gmail.com Ismah Ismah hastrirosiyanti@gmail.com Zaitun Zaitun hastrirosiyanti@gmail.com Faisal Faisal faisal@binus.ac.id Sidiq Nugroho hastrirosiyanti@gmail.com Riski Riski hastrirosiyanti@gmail.com <p>Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan aplikasi GeoGebra dalam pembelajaran matematika bagi guru Sekolah Dasar di Labschool FIP UMJ. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Sekolah Labschool FIP UMJ dengan melibatkan 33 guru sebagai peserta. Metode yang digunakan berupa pelatihan berbentuk workshop yang fokus pada penggunaan dan pemanfaatan aplikasi GeoGebra dalam materi Bangun Ruang. Tahapan kegiatan terdiri dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Pelatihan ini mendapat respon positif dari peserta, dengan manfaat berupa meningkatnya minat guru dalam menggunakan GeoGebra sebagai alat bantu pembelajaran, bertambahnya wawasan guru untuk menciptakan media pembelajaran berbasis ICT yang lebih menarik, serta kemampuan menghasilkan ilustrasi benda tiga dimensi yang mampu memperjelas konsep matematika abstrak menjadi lebih konkret. Selain itu, GeoGebra mempermudah guru dalam pembuatan soal Bangun Ruang dan menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih efektif. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar. Luaran kegiatan meliputi prosiding nasional, poster, dan materi pelatihan. Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan teknologi seperti GeoGebra dalam pembelajaran guna mendukung transformasi pendidikan yang lebih inovatif.</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/25981 PELATIHAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BERTEMA TRANSPORTASI BAGI MAHASISWA ASING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA 2025-01-27T07:43:19+00:00 Khaerunnisa khaerunnisa@umj.ac.id Indira Yuliana indirayulianaa9@gmail.com Nadya Agustin nadyagyas@gmail.com <p>BIPA merupakan sebuah program yang membelajarkan bahasa Indonesia untuk orang asing. Pada pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing pengajar harus memperhatikan bagaimana metode yang akan diajarkan kepada pemelajar. Pembelajaran BIPA memerlukan metode khusus yang disesuaikan dengan aspek bahasa dan tingkat pemahaman siswa sesuai dengan levelnya. Hal tersebut diperlukan karena sangat berpengaruh terhadap proses serta hasil dalam pembelajaran, sehingga diperlukannya metode yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas dari metode langsung tersebut pada pembelajaran BIPA teruntuk keterampilan membaca dan menulis mengenai materi transportasi pada level 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bahan ajar berupa teks bacaan yang menjadi instrumen penilaiannya. Pengumpulan data dilakukan melalui praktik oleh lima pemelajar BIPA Universitas Muhammadiyah Jakarta yang berasal dari Thailand dan Kamboja. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan adalah penggunaan metode langsung bagi pembelajaran BIPA untuk keterampilan membaca dan menulis dikatakan efektif karena pemelajar mampu memahami serta mampu menulis teks deskripsi singkat mengenai materi transportasi dengan baik.</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/26414 PENCEGAHAN BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH MTS DAARUL HIDAAYAH 2025-07-10T06:57:30+00:00 Muhammad Rizal Fuzi muhammadrizalfauzi992@gmail.com Khoir Affandi abc@yahoo.com Abdul Rahmat abc@yahoo.com <p>Pencegahan bullying di lingkungan sekolah MTS DAARUL HIDAAYAH Desa wanawali Kec. Cibatu yang merupakan upaya penting untuk menciptakan suasana belajar yang aman dan kondusif bagi seluruh siswa MTS DAARUL HIDAAYAH. Bullying, yang dapat berwujud fisik, verbal, maupun sosial, memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan mental dan perkembangan sosial siswa MTS DAARUL HIDAAYAH, serta dapat mengganggu proses belajar mengajar. Oleh karena itu, pencegahan bullying melibatkan pendekatan multi-faceted (multi segi) yang mencakup edukasi, kebijakan anti-bullying yang jelas, dan pembangunan lingkungan yang positif. Edukasi tentang bullying perlu diberikan kepada siswa MTS DAARUL HIDAAYAH, guru, dan staf untuk meningkatkan kesadaran akan dampaknya dan cara pencegahannya. Kebijakan yang tegas harus diterapkan untuk menangani kasus bullying, sambil menyediakan dukungan bagi korban. Keterlibatan orang tua dan komunitas juga sangat penting dalam menciptakan budaya yang menolak bullying. Dengan langkah-langkah yang terkoordinasi dan berkelanjutan, diharapkan lingkungan sekolah dapat menjadi tempat yang aman dan mendukung bagi semua siswa, sehingga mereka dapat belajar dan berkembang secara optimal.</p> 2025-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat