Optimalisasi Sampah di Fakultas Pertanian dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan Pemanfaatan Maggot sebagai Pengurai dalam Menghasilkan Pupuk Organik

Sularno Sularno, Endang Rudiatin, Suherman Jaksa, Ragi Nur Muhammad, Rifat Putra Hermawan, Nadilla Firda

Abstract


Persoalan sampah masih menjadi masalah bagi masyarakat di perkotaan maupun di pedesaan. Tingginya kepadatan penduduk membuat konsumsi masyarakat pun banyak sehingga meningkatkan
penumpukan sampah.  Sampah organik berasal dari berbagai sektor kegiatan manusia, diantaranya pasar, rumah makan, rumah, hotel dan lain sebagainnya. Dampak negatif yang ditimbulkan dari sampah organik dapat menimbulkan bau busuk dan mencemari lingkungan. Pengolahan sampah organik yang sudah dilakukan dengan dikonversi menjadi pupuk kompos dan biogas. Selain itu, daur ulang sampah organik dapat dilakukan dengan metode biokonversi. Biokonversi adalah suatu proses yang melibatkan mikroorganisme seperti jamur, ragi, bakteri dan larva untuk mengubah sampah organik menjadi produk yang bernilai tinggi. Konsep biokonversi dapat menjadi solusi mengatasi masalah pengelolaan sampah organik. “Biokonversi merupakan proses berkelanjutan yang memanfaatkan larva serangga untuk mentransformasi sampah organik. Selanjutnya larva tersebut mengkonversi nutrisi dari sampah dan disimpan sebagai biomassanya”.  Lalat jenis Black Soldier Fly mempunyai ukuran lebih besar dari lalat lainnya dan lalat jenis ini tidak menimbulkan penyakit karena masa hidupnya hanya untuk kawin dan bereproduksi. Maggot memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki kemampuan mengeluarkan enzim alami sehingga dapat dicerna dan dimanfaatkan sebagai pakan ikan. Maggot dapat mengkonversi sampah serta mengurangi massa sampah 52%-56% sehingga Maggot dapat dijadikan solusi untuk mengurangi sampah organik”. Luaran yang dapat dicapai dengan kegiatan pengabdian ini adalah menghasilkan pupuk organik bekas maggot (KASGOT) dari memanfaatkan sampah organik di lingkungan Fakultas Pertanian dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta.


Keywords


optimalisasi, sampah, maggot, pengurai

Full Text:

PDF

References


Departemen Pengembangan Sanitasi Air dan Limbah Padat. (2017). Proses Pengolahan Sampah Organik dengan Black Soldier Fly (BSF). Jakarta: Eawag Aquatic Research.

Leong SY, Kutty SRM, Tan CK, & Tey LH. (2015). Comparative study on the effect of organic waste on lauric acid produced by hermetia illucens larvae via bioconversion. J Engineer Sci Technol, 52–63.

Monita Lena. (2017). Biokonversi Sampah Organik Menggunakan Larva Black Soldier Fly (Hermetia Illucens) Dan EM4 Dalam Rangka Menunjang Pengelolaan Sampah Berkelanjutan. Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Popa R, & Green T. (2012). Biology and Ecology of the Black Soldier Fly. DifTerra LCC. Dipterra LCC eBook.

Pretty Yuniarti Elisabeth Sipayung. (2015). Pemanfaatan Larva Black Soldier Fly (Hermetia illucens) Sebagai salah satu Teknologi Reduksi Sampah di Daerah Perkotaan. Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Prioritas Masalah Kesehatan dan Prioritas Jenis Intervensi Kegiatan dalam Pelayanan Kesehatan di Suatu Wilayah.

Rini Meita Fahmi. (2018). Maggot: Pakan Ikan Protein Tinggi dan Biomesin Pengolah Sampah Organik. Jakarta: Penebar Swadaya. Jakarta: Penebar Swadaya.

Utami D. O, & Sulistyawati S. (2021). Community Diagnosis dan Peningkatan Pengetahuan Penyakit Hipertensi pada Masyarakat RT. 02 Desa Dalam, Kecamatan Alas, Sumbawa. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3).




DOI: https://doi.org/10.24853/assyifa.4.1.61-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


As-Syifa :Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat

E-ISSN: 2722-2055

----------------------------------------------------------------------------

Diterbitkan oleh

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

Tangerang Selatan, 15419, 
Email: jurnal.as-syifa@umj.ac.id

----------------------------------------------------------------------------

 


View My Stats
Powered by Puskom-UMJ