Model Pelayanan Pengurusan Paspor yang Efektif pada Kantor Imigrasi Kelas I Kendari
Abstract
Model pelayanan publik yang dilakukan oleh salah satu instansi pemerintah adalah mengenai pelayanan pembuatan
paspor. Namun, salah satu masalah tugas pemerintah yang belum terlaksana secara optimal selama lebih dari 10 tahun
reformasi adalah belum sepenuhnya mampu memberikan layanan sesuai harapan masyarakat dan perkembangan dunia
usaha (swasta). Pengembangan model pelayanan pengurusan permohonan paspor yang efektif pada Kantor Imigrasi
Kelas I Kendari diharapkan dapat lebih memberikan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Tujuan
dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana standarisasi model pelayanan pengurusan paspor yang efektif pada
Kantor Imigrasi Kelas I Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang
digunakan yaitu deskriptif analitis. Penentuan sampel dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan contoh secara sengaja (purposive sampling). Analisis
statistik dengan menggunakan Analisa Hirarki Proses (AHP) yang dibantu dengan menggunakan software Expert
Choice 2000. Hasil yang diperoleh adalah bahwa model pelayanan pengurusan paspor yang menggunakan prosedur
standar operasi berkurang dua tahap meliputi : (1) tahap verifikasi dan (2) tahap tanda tangan paspor kepala kantor
atau pejabat yang berwenang. Penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mendukung tercapainya model pelayanan
yang efektif pada Kantor Imigrasi Kelas I Kendari tidak terlepas dari integritas kemampuan sumber daya pegawai
dan terpenuhinya prasarana perangkat IT.
paspor. Namun, salah satu masalah tugas pemerintah yang belum terlaksana secara optimal selama lebih dari 10 tahun
reformasi adalah belum sepenuhnya mampu memberikan layanan sesuai harapan masyarakat dan perkembangan dunia
usaha (swasta). Pengembangan model pelayanan pengurusan permohonan paspor yang efektif pada Kantor Imigrasi
Kelas I Kendari diharapkan dapat lebih memberikan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Tujuan
dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana standarisasi model pelayanan pengurusan paspor yang efektif pada
Kantor Imigrasi Kelas I Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang
digunakan yaitu deskriptif analitis. Penentuan sampel dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan contoh secara sengaja (purposive sampling). Analisis
statistik dengan menggunakan Analisa Hirarki Proses (AHP) yang dibantu dengan menggunakan software Expert
Choice 2000. Hasil yang diperoleh adalah bahwa model pelayanan pengurusan paspor yang menggunakan prosedur
standar operasi berkurang dua tahap meliputi : (1) tahap verifikasi dan (2) tahap tanda tangan paspor kepala kantor
atau pejabat yang berwenang. Penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mendukung tercapainya model pelayanan
yang efektif pada Kantor Imigrasi Kelas I Kendari tidak terlepas dari integritas kemampuan sumber daya pegawai
dan terpenuhinya prasarana perangkat IT.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Business and Management Journal (BMJ)
e-ISSN: 0000-0000
Penerbit
Magister Manajemen
Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jakarta 15419 Indonesia
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Ciputat, Jakarta 15419, Indonesia
Tel. +62 21 7492875 Fax. +62 21 7493002; WA; 08881287893
E-mail: bmj.umj@gmail.com
Website: http://pascasarjanaumj.org/jurnalpage-1
alamat kampus : link google maps