Faktor yang Berhubungan dengan Safety Riding pada Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Tahun 2021
Abstract
Safety riding merupakan salah satu program untuk mencegah dan mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan keselamatan berkendara pada mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat UHAMKA Jakarta tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, jumlah sampel sebanyak 217 mahasiswa menggunakan teknik non random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan, sikap, persepsi, kepemilikan SIM, keikutsertaan pelatihan, peran teman sebaya, dan dukungan orangtua, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keselamatan berkendara. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang disebarkan melalui Google Formulir pada bulan September 2021. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji Chi Square. Hasil penelitian diperoleh responden yang aman berkendara sebanyak 129 responden (59%). Hasil analisis data menggunakan chi-square diperoleh variabel sikap, persepsi, kepemilikan SIM, dukungan orang tua memiliki hubungan yang bermakna dengan p-value < 0,05. Sedangkan variabel pengetahuan, keikutsertaan pelatihan, peran teman sebaya tidak ada hubungan dengan nilai p-value > 0,05 Saran untuk penelitian ini adalah agar meningkatkan keselamatan berkendara guna mengurangi risiko kecelakaan ketika berkendara di jalan.
---
Safety riding is one of the programs to prevent and reduce the number of traffic accidents. The purpose of this study was to determine factors related to driving safety behavior in students of the Public Health Study Program of UHAMKA Jakarta in 2021. This study was a quantitative study with a Cross Sectional design. The population of this study were students of the Public Health Study Program, the number of samples was 217 students using non-random sampling technique. The independent variables in this study were knowledge, attitudes, perceptions, SIM ownership, participation in training, the role of peers, and parental support, while the dependent variable in this study was driving safety behavior. The data collection instrument used an online questionnaire distributed through Google Forms in September 2021. Data were analyzed univariately and bivariately with Chi Square test. The results of the study obtained respondents who behaved safely driving as many as 129 respondents (59%). The results of data analysis using chi-square showed that the variables of attitude, perception, SIM ownership, parental support had a significant relationship with p-value <0.05. While the variables of knowledge, training participation, the role of peers have no relationship with p-value > 0.05 Suggestions for this study are to improve driving safety behavior in order to reduce the risk of accidents when driving on the road.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
World Health Organization. GLOBAL STATIS REPORT ON ROAD SAFETY 2018. Vol. 2, Высшей Нервной Деятельности. 2018. 227–249 p.
KEMENTRIAN PERHUBUNGAN. STATISTIK PERHUBUNGAN 2019. Vol. 53, Journal of Chemical Information and Modeling. 2019. 1689–1699 p.
BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI JAWA BARAT. Statistik Transportasi Provinsi Jawa Barat [Internet]. 2019. 96 p. Available from: http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Presiden Republik Indonesia. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. In 2009.
Qurotulaeni. Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Sebagai Pengendara Sepeda Motor. Skripsi Kesehat Masy. 2016;1–14.
Khakim R. HUBUNGAN ANTARA UMUR, TINGKAT PENDIDIKAN, MASA BERKENDARA DAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU SAFETY RIDING. Universitas Muhammadiyah Semarang; 2016.
Azizah MH. Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Keselamatan Berkendara (Safety Riding) pada Mahasiswa [Internet]. Vol. 3, kesehatan masyarakat UNNES. 2016. Available from: http://lib.unnes.ac.id/25674/1/6411411011.pdf
Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. 2012.
Colle ABA, Asfian P, Andisiri WOSNZ. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Pada Siswa Sma Negeri 1 Wundulako Kabupaten Kolaka Tahun 2016. J Ilm Mhs Kesehat Masy. 2016;1(3):1–8.
Asdar M, Thaha ILM, Nasir S, Epidemiologi B, Masyarakat FK, Hasanuddin U. INTERVENSI PENDIDIKAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN REMAJA DI KABUPATEN PANGKEP Peer Education Intervention in Increase Adolescent Safety Riding Attitude and Behavior in Pangkep. 2015;000:59–67.
Aperta P. ANALISIS DETERMINAN SAFETY RIDING PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI KOTA PRABUMULIH TAHUN 2019. Universitas Sriwijaya; 2019.
Riyan Perwitaningsih, Eni Mahawati E. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Terhadap Praktik Keselamatan dan Kesehatan Berkendara Motor Pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Kesehat Masy. 2013;
DOI: https://doi.org/10.24853/eohjs.2.1.89-102