Faktor Yang Berhubungan Dengan Gejala Carpal Tunnel Synrome (CTS) Pada Pekerja Komputer Bagian Editing Di Pt.X Tahun 2021

Daffa Kasatria Putra, Arif Setyawan, Ana Utami Zainal

Abstract


Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah salah satu hambatan ekstremitas atas yang diakibatkan oleh penyempitan pada terowongan karpal, indikasi yang terlihat pada pengidap CTS merupakan perih, mati rasa, kesemutan. Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan gejala Carpal Tunnel Syndrome pada Pekerja Komputer Bagian Editing di PT. X. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Jumlah sampel yang diambil menggunakan teknik total sampling sebanyak 75 orang dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner secara langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan melakukan test Phalen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara masa kerja dan lama kerja dengan p-value < 0,05 dan tidak ada hubungan signifikan antara jenis kelamin, usia, dan posisi janggal pada tangan dengan nilai p-value > 0,05 dengan gejala carpal tunnel syndrome. Pada penelitian ini didapatkan masa kerja, dan lama kerja berhubungan dengan gejala carpal tunnel syndrome.

---

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) is one of the upper extremity barriers caused by narrowing of the carpal tunnel, the indications seen in people with CTS are stinging, numbness, tingling. The purpose of this study was to determine the factors associated with the symptoms of Carpal Tunnel Syndrome in Computer Workers Editing Section at PT. X. This type of research is quantitative research with a study design cross sectional. Samples taken using a total sampling technique of 85 people with data collection using direct questionnaires. The results of this study showed that there was a correlation between the working life and lenght of work p-value < 0,05 with symptoms of carpal tunnel syndrome and there was no significant relationship between gender), age, awkward hand position p-value > 0,05 with symptoms of carpal tunnel syndrome. In this study, the working life, and the length of work associated with Carpal tunnel syndrome.


Keywords


Carpal Tunnel Syndrome, computer operator worker, risk factor.

Full Text:

PDF

References


Sekarsari D, Pratiwi A, Farzan A. Hubungan Lama Kerja, Gerakan Repetitif Dan Postur Janggal Pada Tangan Dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome (Cts) Pada Pekerja Pemecah Batu Di Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2016. J Ilm Mhs Kesehat Masy Unsyiah. 2017;2(6):186728.

PERMENKES RI NO 56. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Penyakit Akibat Kerja. Menteri Kesehatan. 2016. 3. Hartanti HF, Asnifatima A, Fatimah A. Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome Pada Pekerja Operator Komputer Bagian Redaksi Di Harian Metropolitan Bogor Tahun 2018. Promotor. 2018;1(1):68–73.

Hakim AL, Tjandra R, Tunnel C, Assessment S. Hubungan Tingkat Keparahan Gejala dan Status Fungsional Pada Pasien Carpal Tunnel Syndrome Diukur Menggunakan Carpal Tunnel Syndrome Assessment. Diponegoro Med J (Jurnal Kedokt Diponegoro). 2016;5(3):174–87.

Putri P. Nerve and Tendon Gliding Exercise As Nonmedical Intervention for Carpal Tunnel Syndrome. Essence Sci Med J. 2019;17(2):34–9.

Aripin TN, Rasjad AS, Nurimaba N, Djojosugito MA, Irasanti SN. Hubungan Durasi Mengetik Komputer dan Posisi Mengetik Komputer dengan Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Karyawan Universitas Islam Bandung. J Integr Kesehat Sains. 2019;1(2):97–101.

Fitriani R nur. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Dugaan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Pada Operator Komputer Bagian Sekretarian Di Inspektorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum Tahun 2012. Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Program Studi Kesehatan Masyarkat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah jakarta; 2012.

Lazuardi A iqbal. Determinan Gejala Carpal Tunnel Syndrome (Cts) Pada Pekerja Pemecah Batu (Studi Pada Pekerja Pemecah Batu Di Kecamatan Sumbersari Dan Sukowono Kabupaten Jember). Skripsi. 2016.

Barcenilla A, March LM, Chen JS, Sambrook PN. Carpal tunnel syndrome and its relationship to occupation: A meta-analysis. Rheumatology. 2012;51(2):250–61.

Kirom DS Al, Ardi SZ. Hubungan Antara Usia, Durasi Kerja Dan Gerakan Repetitif Menekan Nozzle Dengan Keluhan Subyektif Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Pada Petugas Operator Pengisi BBM Di Tiga SPBU Kota Yogyakarta Tahun 2019. Skripsi. 2019;




DOI: https://doi.org/10.24853/eohjs.2.1.11-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

Tangerang Selatan, 15419, 
Email: jurnal_eohsj@umj.ac.id

Powered by Puskom-UMJ