FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN TIDAK AMAN (UNSAFE ACTION) PADA PEKERJA PRODUKSI PT. X

Ardilla Larasatie, Munaya Fauziah, Dihartawan Dihartawan, Dadang Herdiansyah, Ernyasih Ernyasih

Abstract


International Labour Organization (ILO) mengemukakan bahwa kecelakaan akibat kerja pada dasarnya disebabkan oleh tiga faktor diantaranya faktor manusia, faktor pekerjaan dan faktor lingkungan tempat kerja. Dalam penelitian yang dilakukan Heinrich, didapatkan hasil bahwa 88% kecelakaan yang terjadi di lingkungan kerja disebabkan oleh tindakan tidak aman dari manusia (unsafe action), 10% disebabkan oleh kondisi lingkungan kerja yang tidak aman (unsafe condition) dan 2% lainnya disebabkan oleh takdir tuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktorfaktor yang berhubungan dengan tindakan tidak aman (unsafe action) pada pekerja produksi PT. X.dengan desain studi cross-sectional. Metode pengambilan sampel yang dilakukan adalah Systematic Random Sampling dengan hasil sampel didapatkan sebanyak 123 orang. Analisis data menggunakan uji chi square (α = 0,05). Tindakan tidak aman (unsafe action) dilakukan oleh pekerja yang memiliki tingkat pengetahuan rendah yaitu sebanyak 61 (92.4%), pekerja yang memiliki sikap negatif yaitu sebanyak 61 (85.9%), pekerja yang mengalami kelelahan tinggi yaitu sebanyak 65 (86.7%), pekerja yang belum pernah mendapatkan pelatihan K3 yaitu sebanyak 56 (78.9)% dan pada saat area kerja sedang tidak mendapatkan pengawasan yang baik yaitu sebanyak 62 (87.3%).

Keywords


Tindakan Tidak Aman, Kecelakaan Kerja, Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Agustian, Ivan. 2016. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Tidak Aman ( Unsafe Action) Pekerja Di PT. Amanah Insanillahia Batusangkar Tahun 2016.”

Amilia, Syella. 2020. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Tidak Aman (Unsafe Action) Pada Pekerja Proyek Pembangunan Gedung Integrated Laboratory For Plant And Natural Dan Gedung Integrated Laboratory For Health Science (Studi Di PT Hutama Karya Dan PT Nindya Karya).” Universitas Jember.

Annisa, Elsa. 2019. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Tidak Aman Pada Pekerja Bagian Produksi Di PT. Pupuk Iskandar Muda Aceh Tahun 2019.” Institut Kesehatan Helvetia.

Askhary, Rifqa Ayu. 2017. “Faktor Unsafe Action (Perilaku Tidak Aman) Pada Pekerja Konstruksi Proyek Pembangunan Rumah Bertingkat Oleh PT. Jader Cipta Cemerlang Makassar Tahun 2017.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Bancin, Abdon Marke. 2017. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tindakan Tidak Aman (Unsafe Action) Pada Pekerja Di PT. Kharisma Cakranusa Rubber Industry Tahun 2016.” Universitas Sumatera Utara.

Berek, Noorce Christiani, and Qomariyatus Sholihah. 2019. “Personality, Perceived about Co-Workers Safety Behavior and Unsafe Acts in Construction Workers.” Indian Jurnal of Public Health Research and Development 3:308–11.

Ferdian, Ozi. 2016. “Hubungan Tindakan Tidak Aman (Unsafe Action) Dan Kondisi Tidak Aman (Unsafe Condition) Dengan Terjadinya Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Di Area Proyek Pembangunan Pabrik Indarung Vi [Skripsi].”

Gholamnia, Reza, Seyed Shamseddin Alizadeh, and Yahya Rasoulzadeh. 2015. “Evaluation of Workers Unsafe Behaviors Using Safety Sampling Method in an Industrial Company.” (October).

ILO. 2018. Meningkatkan Keselamatan Dan Kesehatan Pekerja Muda.

Irzal. 2016. Dasar-Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Kencana

Islami, Dian. 2019. “Hubungan Antara Motivsi, Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Tidak Aman Pada Porter Di Stasiun Kereta Api Area Surakarta.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kurniawan, Yohanes, Bina Kurniawan, and Ekawati. 2018. “Hubungan Pengetahuan, Kelelahan, Beban Kerja Fisik, Postur Tubuh Saat Bekerja, Dan Sikap Penggunaan APD Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja (Studi Pada Aktivitas Pengangkatan Manual Di Unit Pengantongan Pupuk Pelabuhan Tanjung Emas Semarang).” Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 6(2356–3346):394–401.

Kusumarini, Dwi Ari. 2017. “Perbedaan Unsafe Action Dan Unsafe Condition Antara Sebelum Dan Sesudah Saftey Patrol (Studi Di PT Mekar Armada Jaya Magelang).” Universitas Muhammadiyah Semarang.

Latar, Muh. Arif. 2015. Pengukuran Kelelahan.

Naim, Ainun. 2020. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pekerja Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.” Universitas Negeri Semarang.

Panjaitan, Aknesro Sawlina. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tindakan Tidak Aman Pada Pekerja Pabrik Tahu TK Di Pematang Siantar Tahun 2017.” Universitas Sumatera Utara.

Pertiwi, Indah Sukma. 2019. “Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Tidak Aman (Unsafe Action) Pada Pekerja Lapangan Di PT.Telkom Akses Kota Padang [Skripsi].”

Putri, Ridha, Machasin, and Chairul Amsal. 2015. “Pengaruh Pengawasan, Lingkungan Kerja Dan Disiplin Terhadap Keselamatan Dan Kesehatan Kerja PT. Indah Kiat Pulp and Paper Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.” JOM Fekon 2(1):1–15.

Ramadhany, Febby Amanah, and Terry Y. R. Pristya. 2018. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Tidak Selamat ( Unsafe Act ) Pada Pekerja Di Bagian Produksi PT Lestari Banten Energi Factors Related to Unsafe Action on Workers in the Production Section of PT Lestari Banten Energi.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat 11(2):199–205.

RI. 2012. Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Republik Indonesia.

Rich, A. M., S. A. Shappel, and D. A. Wiegmann. 2007. “Human Error and Accident Causation Theories, Frameworks and Analytical Techniques: An Annotated Bibliography.” (September):0–49.

Salim, Muhammad Maidi. 2019. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Tidak Aman Pada Pekerja Kontruksi Pt Indopora Proyek East 8 Cibubur Jakarta Timur.” Jurnal Ilmiah Kesehatan 10(2):173–80.

Sangaji, Jessica, Siswi Jayanti, and Daru Lestantyo. 2018. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Tidak Aman Pekerja Bagian Lambung Galangan Kapal Pt X.” Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 6(5):563–71.

Sovira, Bella, and Nurjanah. 2015. “Perilaku Tidak Aman (Unsafe Behaviour) Pada Pekerja Di Unit Material PT. Sango Ceramics Indonesia Semarang.” IsiKes Jurnal Kesehatan (2).

Sucipto, C. D. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Suma'mur. 2018. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: PT. Gunung Agung

Tarwaka. 2017. Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press

Yusril, Muhammad, Muhammad Khidri Alwi, and Haeruddin Hasan. 2020. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Tidak Aman (Unsafe Action) Pada Pekerja Bagian Produksi PT SERMANI STEEL.” Window of Public Health Journal 1(4):370–81.




DOI: https://doi.org/10.24853/eohjs.2.2.133-146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

Tangerang Selatan, 15419, 
Email: jurnal_eohsj@umj.ac.id

Powered by Puskom-UMJ