Analisa Investigasi Kejadian Tangan Terjepit Dongkrak Pada Pekerja Bengkel Automaster ( Metode Accimap Dan Sequential Time Events Plotting (Step))

Astrid Yuniara Dewanti, Siti Rahmah Hidayatullah Lubis

Abstract


Bengkel Automaster merupakan tempat kerja yang memiliki potensi bahaya baik fisika, kimia, biologi, dan ergonomi. Hasil studi pendahuluan berkatian dengan manajemen risiko di bengkel automaster didapatkan delapan risiko pada kegiatan pengecekan mesin mobil dan pengecatan antara lain iritasi mata, dermatitis kontak, heat stress, sesak nafas/gangguan pernapasan, kebakaran, tangan bengkak, luka gores dan lecet, dan tangan melepuh akibat kesetrum. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kecelakaan kerja pada kejadian tangan terjepit dongkrak pada pekerja bengkel Automaster dengan melihat akar masalah berdasarkan hasil investigasi metode Accimap dan STEP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan wawancara pada pekerja bengkel, dan melakukan investigasi dengan teknik AcciMap dan STEP. Adapun dari analisia investigasi kecelakaan kerja tangan terjepit dongkrak berdasarkan metode AcciMap dan STEP didapatkan beberapa elemen yang sama yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan kerja di bengkel Automaster yaitu perilaku penggunaan alat pelindung diri yang buruk, pengawasan terhadap peralatan yang buruk, kurangnya konsentrasi saat bekerja, serta pekerja yang terburu-buru dalam mengerjakan pekerjaannya. Sehingga diharapkan kepada pemilik usaha untuk melakukan tindakan pengendalian di tempat kerja yang mengacu kepada hirarki pengendalian, dan sebaiknya perlu dibentuk POS UKK untuk memberikan pelayanan dan edukasi berkaitan keselamatan dan kesehatan kerja.


Keywords


investigasi, accimap, step, kecelakaan kerja.

Full Text:

PDF

References


OHSAS. OHSAS 18001:2007 SMK3 Persyaratan. Ohsas. 2007;1–19.

Sultan M. Persepsi Karyawan Terhadap Sistem Pelaporan Kecelakaan Kerja Dan Potensi Bahaya Di Pertambangan Batubara Pt. Putra Kajang Kalimantan Timur. J Sehat Mandiri. 2021;16(1):18–28.

Bambang Sudarsono. Pelatihan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Sebagai Upaya Pencegahan Resiko Kecelakaan Kerja Bagi Calon Tenaga Kerja Otomotif di Era Pandemi. JURPIKAT (Jurnal Pengabdi Kpd Masyarakat). 2021;2(3):566–77.

Sutrisno I, Riandadari D. Identifikasi Potensi Bahaya Guna Pencegahan Kecelakaan Kerja Dengan Metode Failure Mode and Effects Analysis di PT . Cita Cakra Persada Honda Jemusari. J Pendidik Tek Mesin. 2019;8(3):117–26.

Permatasari A. Investigasi Kecelakaan Penyebrangan Perlintasan Krl Ui-Margonda, Depok. 2009;9–32.

Yuantoko TD, Djunaidi Z. PENGAPLIKASIAN METODE ACCIMAP DALAM ANALISIS KECELAKAAN TABRAKAN KRL 1528 VS METROMINI. 2022;6:1072–80.

Journal I, Suarez M, Vernez D. Laconic study on Incident / Accident Investigation technique -.

Thoroman B, Salmon P, Goode N. Applying AcciMap to test the common cause hypothesis using aviation near misses. Appl Ergon [Internet]. 2020;87(May 2019):103110. Available from: https://doi.org/10.1016/j.apergo.2020.103110

Rifai PM, Sriyanto. Analisis Kecelakaan Kerja Dengan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) Studi Kasus : Automotive Workshop). 2017;1–7.

Rizka Pisceliya DM, Mindayani S. Analisis Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Pengelasan Di Cv. Cahaya Tiga Putri. J Ris Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan. 2018;3(1):66.




DOI: https://doi.org/10.24853/eohjs.4.1.42-49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

Tangerang Selatan, 15419, 
Email: jurnal_eohsj@umj.ac.id

Powered by Puskom-UMJ