Hubungan Beban Kerja dan Shift Kerja dengan Gejala Stres Kerja Perawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi

Nila Kurnia Ilahi, Melda Yenni, Suroso Suroso

Abstract


Stres di tempat kerja merupakan perhatian yang tumbuh pada keadaan ekonomi sekarang, di mana para karyawan menemui kondisi-kondisi kelebihan kerja, ketidaknyamanan kerja, tingkat kepuasan kerja yang rendah, ketiadaan otonomi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan beban kerja dan shift kerja dengan stres kerja pada perawat di ruang rawat inap RS Jiwa Daerah Provinsi Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi. Sampel penelitian adalah perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi sebanyak 61 perawat. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Hasil penelitian dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Anova. Sebanyak 68,9% responden mengalami stres kerja rendah, 57,4% memiliki beban kerja ringan, dan 47,5% bekerja shift malam. Hasil bivariat menunjukkan ada hubungan beban kerja dan shift kerja dengan stres kerja pada perawat di ruang rawat inap RS Jiwa Daerah Provinsi Jambi (p<0,05). Jika perawat mengalami beban kerja yang berat sebaiknya istirahat sejenak atau merilekskan diri, agar terhindar dari stres kerja dan pada saat melaksanakan tugas perawat akan merasa nyaman. Perawat hendaknya beristirahat / tidur yang cukup setelah bekerja pada shift malam dengan memperhatikan kuantitas dan kualitas tidur, jangan beraktifitas berlebih dipagi hari.

Keywords


Stres Kerja, Beban Kerja, Shift Malam

Full Text:

PDF

References


American Association of Occupational Health Nurses. Managing Professional Risk In Occupational And Environmental Health Nursing Practice. Off J Am Assoc Occup Heal Nurses. 2019;48(7).

PPNI. Perubahan Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Perawat Indonesia. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat PPNI; 2016.

NIOSH. Exposure to Stress Occupational Hazards in Hospital. NIOSH; 2008.

Olayinka., Osamudiamen. & O. Occupational Stress Management Among Nurse in Selected Hospital in Benincity, Edo State. Nigeria: Polegia Research Library; 2013.

Depkes RI. Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Latihan Pegawai; 2003.

Munandar. Psikologi Industri. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia; 2001.

Manuaba A. Ergonomi, Kesehatan Keselamatan Kerja. Surabaya: Edisi Proceeing Seminar Nasional Ergonomi; 2000.

Yusmardiansah. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekrja Bagian Produksi Unit Clhor Alkali PT. IKPP Perawang Tbk Tahun 2016. PREPOTIF J Kesehat Masy. 2017;1(1):82–94.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.; 2010.

Pradita W. Problem Focused Coping pada Perawat di RSJ Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Semarang: Universitas Katolik Soegijipranata Semarang; 2008.

Rizky, W., Darmaningtyas, N., & Yulitasari BI. Hubungan Jumlah Tenaga Perawat dengan Beban Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Wates. Indones J Hosp Adm. 2018;1(1).

Ramdan IM. Higiene Industri. Jakarta: CV. Bimotry Buluksumur Visual; 2013.

MacPhee, M., Dahinten, V.S., & Havaei F. The Impact of Heavy Perceived Nursing Workload on Patient and Nurse Outcomes. Administrative Sciences. 2017;7(7).

Tarwaka. Ergonomi. Surakarta: Harapan Press; 2015.

Rhamdani, I & Wartono M. Hubungan Antara Shift Kerja, Kelelahan Kerja dengan Stres Kerja Pada Perawat. J Biomedika dan Kesehat. 2019;2(3):104–10.

Azteria, V & Hendarti RD. FaktorFaktor yang Berhubungan dengan Stress Kerja Pada Perawat Rawat Inap di RS X Depok Pada Tahun 2020. Pros Forum Ilm Tah IAKMI (Ikatan Ahli Kesehat Masy Indones. 2020;

Konoralma, K., Moningka, L., & Palamani S. Hubungan Shift Kerja

Perawat dengan Stres Kerja di Ruang IRDM BLU RSUP Prof DR. D. Kandou Manado. J Ilm Perawat Mando. 2013;2(1):1–9.

Tarwaka. Ergonomic untuk keselamatan, kesehatan kerja dan

produktivitas. Uniba Press Surakarta; 2004.

Kuntoro A. Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.




DOI: https://doi.org/10.24853/eohjs.3.2.141-152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

Tangerang Selatan, 15419, 
Email: jurnal_eohsj@umj.ac.id

Powered by Puskom-UMJ