Perilaku Penggunaan Kantong Plastik Pada Pedagang di Pasar Kebon Besar Kota Tangerang Kesehatan Lingkungan
Main Article Content
Abstract
The use of plastic bags that are difficult to decompose naturally has become a global issue in terms of its impact on the environment and health. Markets are one of the largest sources of plastic waste in Indonesia. This study aims to identify the factors influencing plastic bag usage behavior among vendors at the Kebon Besar Market in Tangerang City. The study employs a cross-sectional design with quantitative methodology, using accidental sampling for data collection and the chi-square test to determine the relationship between variables. The results indicate that 65.5% exhibit nott good behavior in plastic bag usage. Significantly related factors include education (p-value = 0.040), knowledge (p-value = 0.001), perception (p-value = 0.001), and information (p-value = 0.015). This study suggests enhancing education and information dissemination to reduce plastic bag usage in markets.
Keywords: plastic bag usage, behavior, Kebon Besar Market
---
Penggunaan kantong plastik yang sulit terurai secara alami telah menjadi isu global dalam permasalahan yang berdampak pada lingkungan dan Kesehatan, Pasar merupakan salah satu sumber penghasil sampah plastik terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perilaku penggunaan kantong plastik pada pedagang di pasar kebon besar Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional metodologi kuantitatif, Teknik pengumpulan sampel dengan accidental sampling dan menggunakan uji chi square untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65.5% memiliki perilaku kurang baik dalam penggunaan kantong plastik. Faktor – faktor yang berhubungan signifikan dengan perilaku penggunaan kantong plastik meliputi Pendidikan (p-value = 0.040), pengetahuan (p-value = 0.001), persepsi (p-value = 0.001), dan informasi (p-value = 0.015). penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan edukasi dan penyebaran informasi dalam mengurangi penggunaan kantong plastik di pasar.
Kata kunci: penggunaan kantong plastik, perilaku, pasar kebon besar
Keywords: plastic bag usage, behavior, Kebon Besar Market
---
Penggunaan kantong plastik yang sulit terurai secara alami telah menjadi isu global dalam permasalahan yang berdampak pada lingkungan dan Kesehatan, Pasar merupakan salah satu sumber penghasil sampah plastik terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perilaku penggunaan kantong plastik pada pedagang di pasar kebon besar Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional metodologi kuantitatif, Teknik pengumpulan sampel dengan accidental sampling dan menggunakan uji chi square untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65.5% memiliki perilaku kurang baik dalam penggunaan kantong plastik. Faktor – faktor yang berhubungan signifikan dengan perilaku penggunaan kantong plastik meliputi Pendidikan (p-value = 0.040), pengetahuan (p-value = 0.001), persepsi (p-value = 0.001), dan informasi (p-value = 0.015). penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan edukasi dan penyebaran informasi dalam mengurangi penggunaan kantong plastik di pasar.
Kata kunci: penggunaan kantong plastik, perilaku, pasar kebon besar
Article Details
Section
Articles