Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Aman Berkendara (Safety Riding) pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2020

Anisa Nur Aeni, Luqman Effendi, Munaya Fauziah, Dadang Herdiansyah

Abstract


Safety riding dapat diartikan sebagai cara berkendara yang aman dan nyaman baik bagi pengendara, safety riding mengacu kepada perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup. Data dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia mencatat jumlah kecelakaan di Indonesia sepanjang 2018 sebanyak 109.215, jumlah tersebut naik 4,69% dibandingkan pada tahun 2017 dengan 104.327 kejadian, selama kurun waktu 2014-2018, jumlah kecelakaan lalu lintas mengalami kenaikan rata-rata 3,30% per tahun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Aman Berkendara (Safety Riding) pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun 2020”.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dengan jumlah responden dalam penelitian yaitu 107 sampel. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik chi-square pada perangkat lunak statistik

Ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin, pengetahuan, dan self efficacy dengan perilaku aman berkendara (safety riding) (P value = 0,000), tidak ada hubungan yang signifikan antara masa berkendara dengan perilaku aman berkendara (safety riding) (P value = 0,171).

Faktor-faktor yang memiliki hubungan dengan perilaku aman berkendara (safety riding) yaitu jenis kelamin, pengetahuan, dan self efficacy. Perlunya pihak universitas dapat bekerja sama dengan pihak kepolisian lalu lintas dalam mengadakan penyuluhan atau pelatihan untuk para mahasiswa terkait perilaku aman berkendara (safety riding).

---

Safety riding can be interpreted as a way of driving safely and comfortably for drivers, safety riding refers to ideal driving manners with adequate safety level for drivers. Data from the Indonesian Police Traffic Corps recorded the number of accidents in Indonesia throughout 2018 as many as 109,215, this number increased by 4,69% compared to 2017 with 104,327 incidents, during the 2014-2018 period, the number of traffic accidents increased by an average of 3,30% per year.

The purpose of this study is to discover Factors Related to Safety Riding Behavior on Students of the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Jakarta in 2020.

 This study is a quantitative research with cross sectional experiment design with 107 samples of respondents. Questionnaire through google form is used for data collection. The data analysis in this study used the chi-square statistical test in the SPSS 23 application.

There is a significant correlation between gender, knowledge of driving, and self efficacy with safety riding (P value = 0,000) while there is no significant correlation between driving time with safety riding (P value = 0,171).

This study indicates that gender, knowledge and self efficacy are the influencing factors of safety riding. It’s necessary to joint action between university and government/police officials is needed to provide seminar or training programs regarding safety riding for university students.


Keywords


Safety Riding, Self Efficacy, Behavior.

Full Text:

PDF

References


Alpiani, Ana Melinda. 2019. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Terhadap Perilaku Aman Dalam Berkendara (Safety Riding) Sepeda Motor Pada Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Waskito Kelas Xi Kota Tangerang Selatan Tahun 2019. Skripsi. Jakarta: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Ambarwati, Lasmini., Harnen Sulistio, Gama Hendika Negara, Zanuar Hariadi. 2010. Karakteristik dan Peluang Kecelakaan pada Mobil Pribadi di Wilayah Perkotaan (Characteristic and Accident Probability on Private Car in Urban Area). Malang: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Jurnal Rekayasa Sipil, Vol. 4, No.2– 2010.

Azizah, Mutiara Hikmatul 2016. Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara (Safety Riding) Pada Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa FMIPA UNNES Angkatan 2008-2015). Skripsi. Semarang: Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2018. Statistik Transportasi Darat 2018. Jakarta: BPS RI.

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. 2017. Statistik Transportasi DKI Jakarta 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta.

Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan. 2017. Dokumen Review Rencana Strategis (Renstra) Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan 2016 – 2021. Tangerang Selatan: Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan.

Ghozali, M. Lathoif., M. Helmi Umam, FY. Iwanebel, Sulanam, A. Mahfudz Nazzal. 2019. Fiqih Lalu Lintas (Tuntunan Islam dalam Berkendara Secara Aman). Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Khakim, Rizal. 2016. Hubungan Antara Umur, Tingkat Pendidikan, Masa Berkendara, dan Pengetahuan dengan Perilaku Safety Riding. Skripsi. Semarang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Badan Peneltian dan Pengembangan Kesehatan. 2018. Hasil Utama Riskesdas 2018.

Mahfudzi, Azri Dwi. 2016. Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Berkendara Aman (Safety Riding) pada Pengendara Ojek Online di Wilayah Depok, Jawa Barat Tahun 2016. Skripsi. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Manurung, J. Sitorus, M.E. Rinaldi. 2018. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Online (Go-Jek) Di Kota Medan Sumatera Utara. Jurrnal, Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Stikes Siti Hajar Vol. 1, No. 2, Juni 2019 [http://jurnal.stikes-sitihajar.ac.id/index.php/jhsp].

Marchia, Nurizzah. 2019. Hubungan Self-Efficacy dengan Pperilaku Safety Riding Pengendara Sepeda Motor Pada Pelajar SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gresik, Kabupaten Gresik). Skripsi. Surabaya: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

Prima, Dine Wahyu., Bina Kurniawan, Ekawati. 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan Terhadap Perilaku Safety Riding pada Mahasiswa Fakultas X Universitas Diponegoro. Semarang: Bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Vol. 3, No. 3, April 2015 [http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm].

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009. 2009. Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.

WHO. 2015. Global Status Report on Road Safety 2015. Geneva: Management of Noncommunicable Diseases, Disability, Violence, and Injury Prevention (NVI). [http://www.who.int/violence_injury_prevention/road_traffic/en/]

WHO. 2018. Global Status Report on Road Safety 2018. Geneva: Management of Noncommunicable Diseases, Disability, Violence, and Injury Prevention (NVI). [http://www.who.int/violence_injury_prevention/road_traffic/en/]




DOI: https://doi.org/10.24853/eohjs.1.2.191-204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

Tangerang Selatan, 15419, 
Email: jurnal_eohsj@umj.ac.id

Powered by Puskom-UMJ