MEDIA SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DI PILKADA 2020 TANGERANG SELATAN

Muhammad Irfan Dwitama, Firza Alif Hakiki, Endang Sulastri, Usni Usni, Djoni Gunanto

Abstract


Pilkada serentak ini bertepatan dengan terjadi pandemi covid-19 yang terjadi di seluruh dunia. Aktoraktor politik dan partai politik harus berfikir luas mengenai kampanye politik yang harus ia lakukan dalam mempengaruhi partisipasi politik masyarakat di Pilkada 2020 Tangerang Selatan. Saat terjadinya pandemi covid-19, teknologi internet dalam penggunaannya terjadi peningkatan dalam penggunaan media sosial, pada proses pelaksanaan kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon walikota dan walikota. Media sosial menjadi suatu instrumen yang penting dalam kampanye politik untuk mempengaruhi partisipasi politik masyarakat guna memberikan informasi terkait rancangan program kerja yang akan diusung pasangan calon walikota dan wakil walikota. Artikel ini menyimpulkan bahwa media sosial mempunyai peran penting dalam mempengaruhi partisipasi politik masyarakat. dikarenakan dalam penggunaannya media sosial sangat mudah dan terjangkau bagi masyarakat dalam mengakses media sosisal. Disamping iitu pun para peserta calon walikota dan wakil walikota bisa menjadikan media sosial sebagai suatu sarana kampanye politik yang dimana pandemi covid-19 ini mengharuskan masyarakat untuk berada di rumah saja. Tujuan artikel ini dibahas untuk mengetahui masyarakat dalam berparitsipasi politik yang dipengaruhi oleh penggunaan media sosial dalam Pilkada 2020 Tangerang Selatan.

Keywords


Media Sosial, Partisipasi Politik, Pilkada

Full Text:

PDF

References


Ardha, Berliani. (2014). Social media sebagai

media kampanye pertain politik 2014 di

Indonesia. Visi komunikasi, 13, 105-120.

Setiadi, Ahmad. (2003). Pemanfaatan Media

Sosial Untuk Efektifitas Komunikas.

Media Sosial, 1-7.

Arifulloh, Achmad. (2015). Pelaksanaan pilkada

serentak yang demokratis, damai dan

bermartabat. Pembaharuan hukum (2).

-309.

Komariah, Kokom., Kartini, S, Dede. (2019).

Media Sosial dan Budaya Generasi

Milineal dalam Pemilu. ARISTO, 7. 232.

Atmodjo, Tri, Juwono. (2014). Dinamika

Partisipasi Politik Remaja Melalui Media

Sosial. Dinamika Partisipasi Politik Melalu

Sosial, 13, 281-295

Adi, Nugroho., Prisanto, F, Guntur., Irwansyah.,

Ernungtyas, F, Niken. (2019). Media

Sosial dan Internet Dalam Keterlibatan

Informasi Politik dan Pemilihan Umum.

Representamen, 5, 80+.

Djoni Gunanto (2020), Politisasi Birokrasi

Dalam pelaksanaan Pilkada di Indonesia,

Independen, Vol.1 No.2, 87-94

Susanto, H, Eko., K, Laksmitha, Nadia.

Partisipasi Politik Generasi Milenial di

Instagram dalam Pemilu. Koneksi, 3, 250-

Anshari, Faridhian. (2013). Komunikasi Politik

di Era Media Sosial, 8, 91-99.

Ratnamulyani, A, Ike. & Maksudi, I, Beddy.

(2018). Peran Media Sosial dalam

Peningkatan Partisipasi Pemilihan Pemula

Dikalangan Pelajar di Kabupaten Bogor.

, 154-161.

Suyatno. (2016). Pemilihan Kepala Daerah

(Pilkada) dan Tantangan Demokrasi Lokal

di Indonesia. Indonesia Political Review, 1,

-230.




DOI: https://doi.org/10.24853/independen.3.1.53-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global Indexed by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Jurnal INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global (e-ISSN:2721-9755).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ