Peran Aktor Dalam Strategi Nation branding Indonesia Melalui Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022

Laura Angelina Rotua Datubara, A Arifin

Abstract


Sebagai instrumen diplomasi publik, Presidensi G20 Indonesia digunakan untuk melaksanakan strategi nation branding guna mendapatkan kredibilitas dunia internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran aktor yang terlibat dalam strategi nation branding Indonesia melalui penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan cara deskriptif-kualitatif. Seluruh data dikumpulkan menggunakan teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktor yang terlibat dalam strategi nation branding Indonesia terdiri dari dua, yaitu aktor negara dan non-negara. Aktor negara yang terlibat adalah Presiden RI, Wakil Presiden RI, tiga puluh empat kementerian, dan The Nusa Dua Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Aktor negara yang terlibat adalah Satu Collective, Celcius Creative Lab, PT Royalindo Expoduta, PT Dyandra Media International Tbk, Maudy Ayunda, dan William Wongso.

Keywords


Soft power, Diplomasi Publik, Nation branding, Presidensi G20 Indonesia, KTT G20.

Full Text:

PDF

References


Anholt Simon. (2007). Competitive Identity The New Brand Management for Nations, Cities and Regions. PDF. Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Dinnie, Keith. (2008). Nation branding: Concept,Issues, Practice. PDF. Oxford: Elsevier.

DJIKP Kominfo dan Indonesiabaik.id. (2022). G20pedia – Informasi Presidensi G20 Indonesia 2022. PDF. Diakses melalui https://indonesia.go.id/g20/

Fathun, Laode Muhammad. (2022). Peran Paradiplomacy dalam Presidensi G20 Indonesia: Studi Kasus Diplomasi Kota Jakarta pada Urban 20. Jurnal Indonesian Perspective. 7(1). Diakses melalui https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ip/issue/view/3268, 21 Januari 2023.

Iprahumas Indonesia. (2022). GPR Together, GPR Stronger: Dari Humas Pemerintah Indonesia Kita Pulih Bersama. PDF. Jakarta: Litbangdiklat Press.

Larasasati, Cindy dan Ester Desy Natasya. (2017). Peran Indonesia di G-20: Peluang dan Tantangan. Jurnal Hubungan Internasional. 10(2). Diakses melalui https://e-journal.unair.ac.id/JHI/article/view/7302, pada 21 Januari 2023.

Leonard, Mark. (2002). Public diplomacy. PDF. London: The Foreign Policy Centre.

Ma’mun, Asep Saefudin. (2012). Diplomasi Publik Dalam Membangun Citra Negara, Jurnal Komunikologi, 9(2). Diakses melalui https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/119, pada 21 Januari 2023.

Melissen, Jan. (2005). The new Public Diplomacy: Soft power in International Relations. PDF. Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Nye, Joseph S. (2022). Soft power: The Means to Succes in World Politics. PDF. New York: Public Affairs.

Purnomo, Boyke Rudy, dkk. (2022). G2O di Tengah Perubahan Besar: Momentum Kepemimpinan Global Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rachmawati, Iva. (2019). Diplomasi Publik Meretas Jalan Bagi Harmoni dalam Hubungan Antarnegara. Yogyakarta: Suluh Media.

Tim Dyandra&co. (2022). 2022 Annual Report and Sustainability Report. PDF. Jakarta: PT Dyandra Media International Tbk.

https://www.itdc.co.id/press-release/the-nusa-dua-itdc-makin-bersiap-jelang-ktt-g20-20221104082212, diakses pada 12 Juni 2023.

https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/merancang-identitas-yang-membekas, diakses pada 12 Juni 2023.

https://thecelsius.com/portfolio/the-g20-summit-in-bali/, diakses pada 12 Juni 2023.

https://www.vritimes.com/id/articles/fc9290e3-238d-11ed-800e-0a58a9feac02/559e0151-72ba-11ed-9c13-0a58a9feac02, diakses pada 12 Juni 2023.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/40914/siaran-pers-no-119hmkominfo032022-tentang-jadi-jubir-presidensi-g20-indonesia-maudy-ayunda-ajak-masyarakat-jadi-bagian-momentum-bersejarah/0/siaran_pers, diakses pada 12 Juni 2023.

https://www.tatlerasia.com/people/william-wongso, diakses pada 9 Juni 2023.




DOI: https://doi.org/10.24853/independen.4.2.89-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global Indexed by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Jurnal INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global (e-ISSN:2721-9755).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ