Peran Partai Politik Penguasa Dalam Pembuatan Kebijakan Ekonomi Nasional (Studi Kasus Partai PDI Perjuangan 2019 - 2024)

Imam Wahyudin, Jafar Shodiq, Nadia Aulia Putri Syntia

Abstract


Sejarah politik telah menunjukkan bahwa keberlangsungan pemerintahan dan elektabilitas partai pemerintah bergantung pada kebijakan ekonomi yang telah ditentukan oleh pemerintah sendiri. Kebijakan ekonomi pemerintah berkaitan dengan kebijakan politik ekonomi partai yang berkuasa atau partai pemerintah. Pada penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif untuk menafsirkan fenomena yang terjadi, dengan fokus pada peran politik pemerintah studi kasus partai PDI Perjuangan dalam mempengaruhi kebijakan ekonomi pemerintah. PDI Perjuangan, sebagai salah satu partai politik di Indonesia mempunyai peranan yang besar dalam pembuatan kebijakan ekonomi nasional melalui keterlibatan kadernya di berbagai lembaga pemerintah. Keterlibatan tersebut termasuk dalam proses legislasi terkait perekonomian, seperti contoh regulasi investasi, perpajakan dan perlindungan konsumen. Maka dari itu penting bagi partai politik penguasa dalam menyusun visi-misi yang jelas dan dapat dikomunikasikan pada masyarakat dengan bagik sehingga dapat mempengaruhi kebijakan ekonomi secara keseluruhan.


Keywords


Kebijakan ekonomi, Partai politik, Peran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Full Text:

PDF

References


Ellya Rosanna. 2012. PARTAI POLITIK DAN PEMBANGUNAN POLITIK. Vol. 8 No. 7

MUHAMMAD YAHYA ARWIYAH. 2012. Status Sosial Ekonomi dan Kualitas Partai Politik dalam Meningkatkan Partisipasi Politik. Vol. XXVIII. No. 1

Putra, I. G. A., & Handayani, L. W. (2020). "Dinamika Partai Politik di Indonesia: Analisis Tingkat Partisipasi PDI Perjuangan dalam Pembentukan Kebijakan Ekonomi." Jurnal Kajian Politik, 5(1), 45-60.

Riant Nugroho. (2018). "Partisipasi Partai Politik dalam Kebijakan Ekonomi: Studi Kasus PDI Perjuangan di Indonesia." Jurnal Ilmu Politik, 15(2), 123-145.

Widodo, A., & Rahayu, S. (2019). "Peran Partai Politik dalam Pembangunan Ekonomi di Indonesia: Kasus PDI Perjuangan." Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 7(3), 189-204.




DOI: https://doi.org/10.24853/independen.5.1.21-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global Indexed by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Jurnal INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global (e-ISSN:2721-9755).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ