Menggugat Fanatisme Agama dalam Politik berdasarkan Konsep Politik Refleksif Armada Riyanto

Adrianus Naja, Armada Riyanto

Abstract


Tulisan ini meletakan fokus dasar pada fenomena politik di Indonesia yang sering kali dikawinkan dengan agama. Agama secara terus-menerus dipakai oleh para politisi untuk mendapat dukungan dari masyarakat. Dalam hal ini agama dijadikan alat untuk memanipulasi dan mempropaganda masyarakat demi mendapat dukungan. Masyarakat Indonesia terkungkung dalam agama sehingga pada saat politisi mempropagandakan politik melalui agama dengan cepat masyarakat percaya dan mendukung politisi tersebut. Karena itu, masyarakat menjadi fanatik dengan politisi yang se-agama. Fanatisme agama dalam politik pun pada ujungnya akan menyulut pada konflik antar masyarakat. Untuk menangkal pengaruh fanatisme agama, penulis menyorotkan politik refleksif Armada Riyanto. Tulisan ini menggunakan metode kepustakaan dengan buku utamanya adalah berfilsafat Politik Armada Riyanto. Di samping sumber utama itu, penulis  mengkaji dan menganalisis buku lainnya yang sesuai dengan tema pembahasan penulis. Penulis menemukan bahwa politik pada prinsipnya harus refleksif. Politik refleksif memampukan masyarakat untuk menjadi pemilih rasional. Politik refleksif pun memudahkan masyarakat dalam membangun peradaban kemanusiaan.


Keywords


Politik, Fanatisme, Masyarakat, Politisi, Kesejahteraan.

Full Text:

PDF

References


Arif, Albertus. Radikaslisasi Pancasila: Hormat Akan Keberagaman Di Tengah Budaya Kekerasan, Forum: Jurnal Filsafat dan teologi Widya Sasana, Vol. 46, No. 2, (2017).

Hanafi, Imam. Agama Dalam Bayang-Bayang Fanatisme; Sebuah Upaya Mengelolah Konflik Agama, Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, Vol. 10, No. 1 (Januari-Juni 2018).

Hardiman, Budi. Ruang Publik dan Ancaman Fanatisme Agama, http://nurcholishmadjid.net/ruang-publik-dan-ancaman-fanatisme-agama-oleh-f-budi-hardiman/, diakses pada Senin, 10 Mei 2023.

https://id.wikipedia.org/wiki/Fransiskus_Xaverius_Eko_Armada_Riyanto, diakses pada Senin 10 Mei 2023.

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat, Pemilih Pemula Jadilah Pemilih Rasional, https://kab-limapuluhkota.kpu.go.id/berita/baca/7877/pemilih-pemula-jadilah-pemilih-rasional#, diakses pada Rabu, 10 Mei 2023.

Lega, Fransiskus Sales. Filsafat Politik Kant dan Relevansinya Bagi perlindungan Martabat Manusia, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume 8, Nomor 1, Januari 2016.

Nafesda, Julio Jeno. Menyibak Selubung Etika Politik Di Indonesia Dalam Sorotan Aristoteles, Forum; Jurnal Filsafat dan Teologi Widya Sasana, Vol. 48, No. 1 (2019).

Ode, M. D. La. Politik Tiga Wajah, (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2013).

Pariantoni, Pemilih Emosional Vs Rasional, https://www.metrojambi.com/kolom/13531072/Pemilih-Emosional-vs-Rasional, diakses pada Rabu, 10 Mei 2023.

Prabowo, Diti. Politik Refleksif, https://www.academia.edu/6668814/Politik_refleksif, diakses pada senin, 15 Mei 2023.

Pureklolon, Thomas Tokan. Perilaku Politik; Menelisik Perpolitikan Indonesia Sebagai Medium Menuju Negara Kesejahteraan, (Jakarta: Pustaka Obor, 2020).

Riyanto, Armada. Berfilsafat Politik, (Yogyakarta: Kanisius, 2013).

------------------------- Menjadi Mencintai: Berfilsafat Teologis Sehari-Hari, (Yogyakarta: Kanisius, 2013),

------------------------- Aku dan Liyan; Kata Filsafat dan Sayap,(Malang: Widya Sasana Publication, 2011).

-------------------------Katolisitas Dialogal: Ajaran Sosial Gereja, (Yogyakarta: Kanisius, 2014).

------------------------- Dialog Intereligius: Historisitas, Tesis, Pergumulan, Wajah, (Yogyakarta; Kanisius, 2010).

Russell, Bertrand. Gagasan-Gagasan Bertrand Russell, ed, Robert E. Egner, Penerj, Rani Rahmanillah dan Ellie Puji Astuti, (Yogyakarta: Bright Publisher, 2017).

Sobon, Kosmas. Konsep Tanggungjawab dalam Filsafat Emanuel Levinas, Jurnal Filsafat, Vol.28, No. 1 (2018).

Sulaeman, Eman. Politik Identitas Dalam Perspektif Al-Quran dan Teori Modern, (Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar, 2022).




DOI: https://doi.org/10.24853/independen.5.1.27-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global Indexed by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Jurnal INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global (e-ISSN:2721-9755).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ