Consumer Goods: Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi oleh Corporate Social Responsibility

Munzir Munzir, Yoga Andriyan, Rahmat Hidayat

Abstract


This study aims to analyze the effect of profitability and leverage on corporate value with the moderating role of CSR. This study employs a quantitative approach with secondary data. The population is a consumer goods company listed on the Indonesia Stock Exchange. With purposive sampling, 87 sample companies were selected. This study uses path data analysis. The results show that profitability has a negative and significant effect on CSR disclosure, while leverage has a negative and insignificant effect on CSR disclosure. Profitability has a positive and significant effect on corporate value, leverage has an insignificant positive effect on firm value, and CSR has a significant negative effect on corporate value. Finally, CSR disclosure is not able to mediate the influence of profitability and leverage on corporate value

Keywords


Corporate Values, Profitability, CSR

Full Text:

PDF

References


Aini, N., Sunarto, S., Suwarti, T., & Nurhayat, I. (2022). Pelatihan Memahami Konsep Pengelolaan Likuiditas bagi Calon Direktur BPR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-10.

Arianti, N. P. A. (2018). Pengaruh Profitabilitas Pada Hubungan Corporate Social Responsibility & Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen, 24(1):27.

Astuti, K. D., Safi’i, R., & Nofianti, N. (2020). Determinan Nilai Perusahaan Di Industri Property, Real Estate, Dan Konstruksi. JIAFE, 6(1), 93–106.

Atmaja, I. G. N. Y. D. A., & Astika, I. B. P. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Modal Kerja Pada Nilai Perusahaan Dengan Csr Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Akuntansi, 24(1), 1-29.

Awulle, I. D., Murni, S., & Rondonuwu, C. N. (2018). Pengaruh Profitabilitas Likuiditas Solvabilitas dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal EMBA, 6(4), 1908-1917.

Christie, J. I., & Breliastiti, R. (2022). Pengaruh Financial Performance Terhadap Firm Value Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening. Konferensi Ilmiah Akuntansi IX.

Dewi, M. Y., & Sujana, I. K. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Pada Praktik Perataan Laba Dengan Jenis Industri Sebagai Variabel Pemoderasi Di BEI. E-journal Akuntansi Universitas Udayana, 170-184.

Firnanda, T., & Oetomo, H. W. (2016). Analisis Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, Dan Perputaran Persediaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(2).

Hafid, A., & Setyobudi Irianto, B. (2021). Efek Mediasi Kepemilikan Institusional dalam Hubungan Profitabilitas dengan Corporate Social Responsibility. Students Conference on Accounting and Business, 362–374.

Herdi, F., & NR., E. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Komposisi Dewan Komisaris Independen Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2014-2018). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(1), 2428-2444.

Irmalasari, E., Gurendrawati, E., & Muliasari, I. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), dan Corporate Social Responsibility (CSR)Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan dan Leverage Sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 3(2), 443–460.

Kesumastuti, M.A.R.M., & Dewi, A.A. (2021). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Usia dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Ejurnal Akuntansi, 31(7), 1854-1866.

Kusumawardani, D., & Riduwan, A. (2017). Pengaruh Independensi, Audit Fee, dan Objektivitas terhadap Kualitas Audit. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(1).

Marius, M. E., & Masri, I. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2 No.3, 1- 22.

Munzir, M., Felda, P. D., & Way, A. (2022). Pengaruh Struktur Financial Indicators Terhadap Kondisi Financial Distress pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Financial and Accounting Indonesian Research, 2(1), 46–56.

Munzir, M., Rini, T. H. C., & Azis, M. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan. Balance Vocation Accounting Journal, 5(1), 1–11.

Murniati., Lisa., Rapini, T., & Sumarsono, H. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. Isoquant : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2):26.

Nur’aqil, A. N., & Rohman, F. (2022). Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Pada Program TJSL PT Angkasa Pura II (Persero) Periode 2021). Journal of Development Economic and Social Studies, 1(1), 142–147.

Pancawati, N. L. P. A. (2022). Implementasi CSR: Pendekatan Tri Hita Karana dalam Moderasi Beragama pada Bank BPD Bali Cabang Mataram. Valid Jurnal Ilmiah, 20(1), 64–77.

Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Udayana University.

Pristianingrum, N. (2017). Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. UNEJ e-Proceeding, 353-364

Purnomo, A. G. (2014). Pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan khususnya di industri keuangan dan industri pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2008-2012. Business Accounting Review, 2(2), 204-213.

Purwanto, P., Putra, A. P., Putri, G. A., & Pratiwi, E. (2021). PengaruhGood Corporate Governance(GCG) danCoporate Social Responsbility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Business Finance and Economic (JBFE), 2(2), 86–98.

Putra, I. P. D. P., & Budiasih, I. G. A. N. (2017). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Kepemilikan Institusional Pada Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Akuntansi, 21(2), 1263-1289.

Rini, T. H. C., Fakdawer, E., & Tumana, R. J. (2022). Peran Perencanaan Strategi dalam Memediasi Pengaruh Kompleksitas Lingkungan terhadap Kinerja Usaha Menengah di Kabupaten Sorong. FAIR UNIMUDA, 2(1), 70-83.

Rosiva, M., Wahyuni, I., & Subaida, I. (2022). pengaruh pengungkapan corporate social responsibility(CSR) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(2), 400–414.

Rosyada, F., & Prajawati, M. I. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar Di BEI Periode 2019-2021. Jurnal Maneksi, 11(2), 382–389.

Rosyadi, I. (2016). Pasar Modal dan Analisis Sekuritas. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, S. (2022). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Pertamina (Persero) Pare-Pare. Journal AK-99, 2(1), 78–83.

Selcuk, E.A., dan Kiymaz, H., (2017). Corporate Social Responsibility and Form Performance: Evidance from an Emerging Market. Accounting and Finance Research, 6(4), 42-51.

Simatupang, C. D. S. M., Budiasa, I. W., & Widhianthini, W. (2022). Implementasi Corporate Social Responsibility pada Perusahaan PT. Perkebunan Nusantara III. Jurnal Agribisnis dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), 11(1), 114. https://doi.org/10.24843/jaa.2022.v11.i01.p11

Sriwahyuni, U., & Wihandaru, S. P. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2010-2014. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 84-109.

Sutopo, D., Rokhmawati, A., & Andreas, A. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance(GCG), Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 10(4), 695–719.

Syamsudin, S., & Wardani, B. K. (2018). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). The National Conference on Management and Business (NCMAB) 2018.

Wijaya, H., Tania, D. R., & Cahyadi, H. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bina Akuntansi, 8(2), 109–121.

Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility dalam memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Zuhriah, M., & Maharani, N. K. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(2), 703–729




DOI: https://doi.org/10.24853/jago.3.2.153-165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Governance Indexed by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefBielefeld Academic Search Engine (BASE)


Copyright of Jurnal Akuntansi dan Governance (e-ISSN:2745-4711).

Crossref logo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ