Pemberian Masker dan Bantuan Makanan Pokok pada Tunanetra sebagai Pencegahan Infeksi Covid-19 di Kecamatan Pondok Gede Bekasi

Resiana Karnina, Farsida Farsida, Rahma Ayu Larasati, Ihsanil Husna, Syahfreadi Syahfreadi, Retno Tri Siswanti, Azka Zifa Tanama, Bagus Destriambodo

Abstract


Pandemi Covid-19 banyak memberikan pengaruh pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, tidak hanya pada orang yang sempurna jasmaninya tapi juga sangat memberikan dampak berat bagi penyandang disabilitas. Tunanetra yang pekerjaannya hanya memijat, maka dengan pandemi ini mereka tidak bisa memijat lagi dan sehingga banyak diantara mereka berdagang keliling. Pengabdian ini bertujuan untuk membagikan masker dan kebutuhan pokok pada tunanetra yang terkena dampak pandemi Covid-19 secara ekonomi di Kecamatan Pondok Gede Bekasi. Metode pelaksanaan pengabdian dimulai dengan melakukan kerjasama dengan paguyuban tunanetra untuk mendapatkan informasi jumlah tunanetra dan kegiatan yang dijalankan selama pandemi. Kemudian menyalurkan bantuan sosial dalam bentuk pembagian masker dan kebutuhan pokok pada 30 orang tunanetra. Pengabdian ini membantu masyarakat khususnya tunanetra dalam mendapatkan kebutuhan pokoknya dengan keterbatasan kondisi saat kondisi pandemi dan pemberian masker dalam pencegahan terhadap penularan Covid-19.


Keywords


covid-19; makanan pokok; masker; tunanetra

Full Text:

PDF

References


Kemenkes.RI. Pedoman pencegahan dan pengendalian coronavirus disease (COVID-19). Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.; 2020.

WHO. WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard. 2022.

Kementerian Kesehatan RI. Info Corona Virus. 2022.

Rahadi F. Pandemi Covid-19 dan Masalah Kesehatan Penyandang Disabilitas. Republika. 2022.

WHO. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks. World Health Organization. 2021.

Kemenkes Rl. Jubir COVID-19 : Jika Semua Pakai Masker, Potensi Penularan Hanya 1,5%. Kementerian Kesehatan RI. 2020.

Nurul H HP, Nikenindya AS, Wulandani DMI, Putri PA, Putri CR, Qanita Z, et al. Pembagian Paket Sembako Sebagai Bentuk Bantuan Sosial Kepada Pekerja Jalanan Di Wilayah Kelurahan Cilendek Timur Dalam Masa Transisi Pandemik Covid-19. J Layanan Masy (Journal Public Serv. 2020;4(2):486.

Wahyudin, Mardiantika B, Fikri MH, Hutagalung DR, Habibi M. Pembagian Paket Sembako Sebagai Bentuk Bantuan Sosial Dalam Masa Transisi Pandemik Covid-19. 2021;

Mardikaningsih R, Anastasya Sinambela E, Darmawan D, Arifin S, Putra AR. Bakti Sosial dengan Pembagian Sembako Kepada Masyarakat Miskin di Kota Surabaya. J Soc Responsib Proj by High Educ Forum. 2022;2(3):127–30.

Hutajulu J, Harefa K, Bancin DR, Sinaga AB. Pembagian Paket Sembako sebagai Bantuan Sosial Kepada Panti Asuhan Rumah Anak Harapan Kharispia (RAHPIA). J Abdimas Mutiara. 2021;2(2):176–9.

Nurjanah N, Andriyanto A, Saidatuningtyas I, Setiadi H. Sosialisasi dan Fasilitasi Dukungan Sosial di Masa Covid-19 bagi Kepala Keluarga di Desa Sarijadi Kecamatan Sukasari Kota Bandung. J Merpati. 2021;3(1):13–7.

Tapung MM, Regus M, Payong MR, Rahmat ST, Jelahu FM. Bantuan Sosial dan Pendidikan Kesehatan bagi Masyarakat Pesisir yang Terdampak Sosial-Ekonomi SelamaPatogenesis Covid-19 di Manggarai. Transform J Pengabdi Masy. 2020;16(1):12–26.

Jayid TA, Putra KY, Sartika TDL, Utari SA. Implementasi Program Bantuan Sosial Sembako Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kampung kebon, kelurahan Cinangka, Sawangan, Depok. In: Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. 2021. p. 1–4.

Fesbriann N, Haitsam M, Shabana A. Edukasi Pentingnya Masker Pada Masa Pandemi Covid 19 Dengan Pembagian Poster Dan Masker Pada Masyarakat Di Wilayah Jakarta Barat. Pros Semin Nas Pengabdi Masy LPPM UMJ [Internet]. 2021; Available from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10907

Hafid F, Faisal E, Sumiaty S, Muliani M, Pont AV, Mangundap SA, et al. Edukasi Penggunaan Masker dan Pembagian Masker Kain dalam Pencegahan Penularan Covid-19 di Kota Palu: Education on the Use of Masks and Distribution of Fabric Masks for the Prevention of Covid-19 Transmission in Palu City. Poltekita J Pengabdi Masy. 2021 Oct 17;3(1 SE-Articles):7–12.




DOI: https://doi.org/10.24853/jaras.1.1.45-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Copyright of Jurnal Abdimas Kedokteran dan Kesehatan (JARAS) (e issn: 2986-8246)

Powered by Puskom-UMJ