STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPROMOSIKAN BISNIS FASHION MECCANISM DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini di latar belakang oleh perkembangan fashion di Indonesia yang mengalami peningkatan yang cukup pesat. Pada tahun 2020 muncul wabah penyakit Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 ini berdampak pada sektor-sektor yang ada, salah satunya industri fashion. Dalam mempertahankan bisnis fashion di masa pandemi Covid-19, diperlukan strategi-strategi yang tepat dan sesuai. Strategi Marketing Public Relations menjadi penting dalam mempromosikan perusahaan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pull strategy, push strategy, pass strategy yang digunakan Marketing Public Relations Meccanism dalam melakukan promosi di masa pandemi Covid-19, peluang dan hambatan yang dihadapi Marketing Public Relations Meccanism di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa pull strategy yang digunakan yaitu publikasi media (website dan media sosial) dan giveaway. Push strategy yang digunakan yaitu kerjasama e-commerce, event dan potongan harga, pass strategy yang digunakan yaitu sponsorship dan charity, peluang yang dihadapi yaitu semakin meningkat nya penggunaan gadget untuk mencari informasi, semakin meningkatnya keinginan masyarakat dalam mengikuti trend fashion saat ini. Hambatan yang dihadapi yaitu kurangnya komunikasi yang baik antar tim.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungin, Burhan. 2015. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Danandjaja. 2011. Peranan Humas dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kriyantono, Rachmat. 2016. Public Relations Writing. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations. Jakarta: Kencana.
Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi
DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.29-35
Refbacks
- There are currently no refbacks.