KULTIVASI DAN BUDAYA K-POP (STUDI ANALISIS KULTIVASI DRAMA KOREA PADA GAYA KOMUNIKASI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA)
Abstract
Perkembangan industri media massa sangat mempengaruhi distribusi media tontonan masyarakat khususnya bagi generasi Z yang saat ini gemar mengikuti tontonan drama korea. Drama korea tersebut merupakan produk budaya Korea Selatan yang dikenal sebagai fenomena korena wave. Akibatnya, generasi z ini memiliki bentuk karakteristik penonton seperti pada konsep teori kultivasi. Kemudian, karakteristik tersebut memiliki pengaruh pada gaya komunikasi generasi z yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk kultivasi dari tontonan Drama Korea pada gaya komunikasi di kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui Teknik wawancara kepada empat informan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMJ. Hasil dari penelitan ini memaparkan bahwa terdapat satu informan yang memiliki kategori heavy viewers yaitu memiliki kapasitas menonton drama korea sebanyak 3-5 jam, 1 informan memiliki karakteristik moderate viewers yaitu mahasiswa memiliki kapasitas menonton antara heavy viewers dan light viewers, serta dua mahasiswa informan lainnya menunjukkan light viewers atau jarang menonton drama korea. Melalui bentuk karakteristik penonton ini mempengaruhi bagaimana motivasi, sikap dan perilaku mahasiswa dalam menggunakan kosa kata tersebut sebagai gaya komunikasi pada interaksi sosial budaya. Oleh karena itu, Hasil studi ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang preferensi pemirsa drama Korea dan dampaknya terhadap penggunaan Bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Metode Penelitian Kuantitatif. Metode Penelitian, 32–41.
Effendy. (2003). BAB II TINJAUN PUSTAKA 2.1 Tinjauan Tentang Media Massa 2.1.1 Definisi Media Massa.
Morrissan, M. A., Corry, A., Budiyanto, H., & Olii, H. (2005). Media penyiaran : strategi mengelola radio dan televisi. 290.
Nurudin. (2007). Menuju Era Komunikasi Massa. Pengantar Komunikasi Massa.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. July, 1–23.
Jurnal
Amaliah, N. (2020). dampak drama korea terhadap perilaku peserta didik di sma negeri 7 kendar. 1–64.
Batoul Touhami, Prof, & Fawwaz Al-Abed Al-Haq. (2017). The Influence of the Korean Wave on the Language of International Fans: Case Study of Algerian Fans. Sino-US English Teaching, 14(10), 598–626. https://doi.org/10.17265/1539-8072/2017.10.004
Cahyanti, R (Habibie, 2018). A. (2011). Unsur Budaya Korea dalam Drama Korea Princess Hours. In Universitas Sebelas Maret.
Farizi, S., Bahasa, A., Nasional, A., Studi, P., & Korea, B. (2019). Pengaruh Drama Dan Lagu Korea Terhadap Pemahaman Bahasa Korea.
Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 79-80.
Megajauza, D. (2020). Dhiya Megajauza, 2020 Hubungan Kebiasaan Menonton Drama Korea Terhadap Minat Mempelajari Bahasa Korea Universitas Pendidikan Indonesia I repository.upi.edu I perpustakaan.upi.edu 35. 35–47.
Nawawi, I., Anisa, N., Magfirah, N., Risqul, M., Azisah, A., & Hidayat, T. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Tayangan K-Drama ( Korean Drama ) terhadap Motivasi Belajar. 3(6), 4439–4447.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940
Rahmiati, L. (2012). The Impact Of Korean Wave To The Acceptance Of Korean Culture And Product Among Indonesian. עלון הנוטע, 66, 37–39.
Sendjaja, S. D. (2014). Memahami Teori Komunikasi: Pendekatan, Pengertian, Kerangka Analis, dan Perspektif. Teori Komunikasi, 1–49. http://repository.ut.ac.id/4413/3/SKOM4204-M1.pdf
Karangan dalam Seminar
Hamdan, F. N., & Ismail, N. (2019). Korean Drama As Educational Tools That Develop. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 239(8th UPI-UPSI International Conference (UPI-UPSI 2018)), 60–67.
Husniati, A. M., & Maryam, M. S. (2016). Adolescents, Korean Dramas, and Local Wisdom Values. Proceeding of International Conference …, October, 18–20.
DOI: https://doi.org/10.24853/jbk.1.2.2023.20-30
Refbacks
- There are currently no refbacks.