GAYA KOMUNIKASI DAKWAH HABIB JAFAR DI MEDIA SOSIAL (Studi Akun Instagram @husein_hadar)

Aziz Iskandar, Mulkan Habibi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis gaya komunikasi Habib Jafar di media sosial Instagram dengan menggunakan teori gaya komunikasi dan teori analisis konten. Habib Jafar, seorang cendekiawan ternama Indonesia, menggunakan platform ini untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan kepada para pengikutnya. Penelitian ini mengkaji aspek verbal dan nonverbal dari gaya komunikasi dan penyebaran pesan agama. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis konten yang diunggah oleh Habib Jafar di Instagram. Konten ini mencakup ceramah video, tulisan dengan kutipan agama dan menggunakan gambar atau grafik yang relevan. Selain itu, interaksi Habib Jafar dengan pengikutnya melalui komentar dan pesan juga menjadi fokus analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Habib Jafar menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami saat menyampaikan pesan-pesan keagamaan. Ia juga menggunakan fitur visual Instagram seperti gambar dan video untuk memperkuat pesan yang disampaikan. Gerakan tubuh dan ekspresi wajah yang digunakan dalam video ceramahnya menyoroti poin-poin penting: Ketika berhadapan dengan para pengikutnya, Habib Jafar bereaksi dengan penuh perhatian dan penuh kasih terhadap komentar dan pesan. Ini membantu membangun ikatan positif antara dia dan para pengikutnya dan menciptakan suasana saling mendukung. Gaya komunikasi verbal dan non-verbal yang efektif membantu meningkatkan pemahaman umat tentang agama, memperluas penyebaran dakwah ke berbagai daerah, dan membangun ikatan yang kuat antara da'i dan pengikutnya. Hasil penelitian ini memberikan wawasan dan inspirasi bagi para mubaligh dan pengguna media sosial untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan dengan cara yang relevan dan mudah dipahami.

Full Text:

PDF

References


Fiardhi, Muhammad Haris. (2021). Peran Dakwahtainment Akun Channel Youtube Jeda Nulis Terhadap Pemuda Tersesat Oleh Habib Husein Ja’Far. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 76. https://doi.org/10.24014/jrmdk.v3i2.12891

Nurrohman, Aziz Setya, & Mujahidin, Anwar. (2022). Strategi Dakwah Digital Dalam Meningkatkan. JUSMA: Jurnal Studi Islam Dan Masyarakat, 01, 20–32.

Parhan, Muhamad, Jenuri, Jenuri, & Islamy, Mohammad Rindu Fajar. (2021). Media Sosial dan Fenomena Hoax: Tinjauan Islam dalam Etika Bekomunikas. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 59–80. https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12887

Pratiwi, Bayu Nitin, & Zainuddin, Ahmad Faiz. (2017). Analisis gaya komunikasi ahmad faiz zainuddin. 5(3), 376–387.

Sari, Yunita Ratna. (2022). Pemanfaatan E- Dakwah Sebagai Media Pengarusutamaan Moderasi Beragama Dalam Situasi Pandemi Covid 19. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(2), 95. https://doi.org/10.29240/jdk.v7i2.5765

Sosial, Media, & As, Muhammad. (2021). Penetrasi Dakwah Islamisme Eks HTI di Indonesia : Studi Netnografi Dakwah Felix Siauw & “ Yuk Ngaji .” 11(148).

Surbakti, EAAB, Achiriah, A., & Abidin, S. (2022). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Pembentukan Perilaku Anak Usia Dini Di Langkat. … Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 6(1), 52–59. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/view/12107%0Ahttp://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/download/12107/5594

Yenti Afnidar, Salma Syifa Puspita, & Mulyana, Dadan. (2022). Pengaruh Konten Media Sosial Instagram terhadap Gaya Komunikasi. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3143

Zaini, Ahmad, & Rahmawati, Dwy. (2021). Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Media Baru. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 8(1), 162. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v8i1.11238

Zaman, Akhmad Roja Badrus. (2017). Komodifikasi Konten Dakwah Habib Husein Jafar Al-Hadae di Youtube: Ekspresi Kesalehan dan Wacana Baru dalam Kontestasi Keagamaaan di Era Kontemporer. Procedings of International Conference on Islamic Studies, 350–357.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkii.1.1.33-37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pengindeksan Jurnal Kemuhammadiyahan dan Integrasi Ilmu Oleh:

 

Powered by Puskom-UMJ