PARADIGMA WASATHIYAH DALAM AL-QUR’AN DAN AS-SUNNAH SERTA URGENSINYA BAGI ISLAM BERKEMAJUAN DI MASA MODERN

Canra Krisna Jaya, Daud Lintang, Indah Lestari

Abstract


Islam, sebagai agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam, memberikan kesempatan untuk saling menghormati dalam keberagaman bagi penganutnya. Namun, terkadang kita menemui ketidakharmonisan dalam cara menghadapi keberagaman ini, yang mengakibatkan sikap eksklusifitas di kalangan umat. Maka dari peran penting bagi setiap kita untuk mensyiarkan betapa pentingnya pemahaman wasathiyah tersebut di sampikan kepada masyarakat seluas-luasnya. Sehingga dengan syiar dakwah tersebut diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai wasathiyah dalam sikap keberagamaan, sehingga generasi Islam kedepannya mampu bersikap dewasa dalam menghadapi perbedaan. Penelitian ini memiliki dua tujuan utama, yang pertama adalah menguraikan nilai-nilai Islam wasathiyah yang ditanamkan, dan yang kedua adalah menjelaskan proses penanaman nilai-nilai wasathiyah dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka, dengan menerapkan proses empat tahapan diawali dengan mengumpulkan leteratur dari berbagai sumber dari buku dan jurnal yang berkaitan dengan Islam Wasathiyah. Dapat disimpulkan bahwa praktek bermasyarakat diindonesia sebagian besar sudah menerapkan sikap wasathi dalam sikap keberagamaannya. Hanya segelintir orang yang masih terkontaminasi dengan pehaman-pemahaman eksklusif, inklusif dan ektrimisme.

Kata kunci: Islam berkemajuan; paradigma; wasathiyah


Full Text:

PDF

References


Abu Ishaq As-Syatibi, Al-Muwafaqat fii Ushul As-Syariah, vol 2, (Kairo: al- Maktabah at- Taufiqiyah, 2003).

Ali Muhammad As-Shalabiy, Al-Wasathiyah fil Qur’an Al-Karim, 2003.

Al-Qurthubi, Al-Jami’ Li Ahkam Al-Quran (Tafsir Al-Qurthubi)

Munas MUI Surabaya 2015, Taujihat Surabaya Islam Wasathiyah untuk Indonesia dan Dunia yang Berkeadilan dan Berperadaban.

Yusuf Al-Qardhawi, Fiqh Al-Wasathiyah Wa at-tajdid, Ma’lim Wamanaraat, (Doha: Markaz Al-Qardhawi Lilwasathiyah Al-Islamiyah wa At-Tajdid, 2009).

Basyir, Ahmad Azhar. 2020. Tesis: Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Islam wasathiyah Dalam Menanamkan Nilai Toleransi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Jamhar Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan). Malang: UIN Malang.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Fitri, Agus Zaenul. 2015. Pendidikan Islam wasathiyah: Melawan Arus Pemikiran Takfiri di Nusantara. Jurnal Kuriositas Edisi 7, Vol. 1.

Harto, Kansinyo. 2021. Pengembangan Pembelajaran PAI Berwawasan Islam wasathiyah: Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik. Yogyakarta, Semesta Aksara.

Satori, Achmad Ismail. dkk. 2007. Islam Moderat : Menebar Islam Rahmatan Lil Alamin. Jakarta: Pustaka Ikadi.

Shihab, M. Quraish. 2007. Ensklopedia al-Qur’an: Kajian Kosata. Jakarta: Lentera Hati, Pusat Studi alQur’an dan Yayasan Paguyuban. 124

----------. 2019.Wasathiyah; Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama. Tangerang: PT Lentera Hati.

Wahid, Abdurrahman. 1993. Sosialisasi Nilai-Nilai Demokrasi, dalam Agama, Demokrasi dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: LPKSM NU DIY.

Zuhri, Achmad Muhibbin. 2010. Pemikiran. M. Hasyim Asy’ari Tentang Ahl Al-Sunnah Wa Al-Jama’ah. Surabaya: Khalista & LTNPBNU.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkii.1.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pengindeksan Jurnal Kemuhammadiyahan dan Integrasi Ilmu Oleh:

 

Powered by Puskom-UMJ