SIMBOL DAN STRATEGI KOMUNIKASI ISLAM DALAM KAMPANYE AKBAR ANIES-MUHAIMIN DI JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM

Simbol dan Strategi Komunikasi Islami dalam Kampanye Akbar Anies-Muhaimin di Jakarta International Stadium

Authors

  • Mulkan Habibi Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Makroen Sanjaya
  • Mukhlizar
  • Mycroft Diaz Cholinny

DOI:

https://doi.org/10.24853/jkii.3.1.288-298

Abstract

Tiga pasangan capres dan cawapres pada pemilu 2024 melaksanakan kampanye akbar sesuai jadawal yang diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), kampanye akbar adalah sebutan untuk kampanye rapat umum. Kampanye akbar atau kampanye rapat umum merupakan salah satu metode kampanye dalam pemilihan umum (pemilu), yang mana pelaksanaannya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Untuk Pemilu 2024, pelaksanaan kampanye rapat umum atau kampanye akbar diatur dalam Keputusan KPU (PKPU) Nomor 78 Tahun 2024 dengan jadwal kampanye akbar atau kampanye rapat umum berlangsung mulai 21 Januari hingga 7 Februari 2024. KPU membagi kampanye akbar atau kampanye rapat umum menjadi tiga zona. KPU juga menetapkan jadwal kampanye akbar atau kampanye rapat umum untuk ketiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada 8 Februari sampai 10 Februari 2024. Rangkaian kegiatan kampanye akbar pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memiliki nuansa yang berbeda dibandingkan dengan kampanye akbar pasangan presiden dan wakil presiden lainnya Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud. Nuansa beda ini dapat dilihat dari berbagai rangkaian acara yang ditampilkan pada acara kampanye yang erat dengan nuansa Islami. Mulai dari gemahan lantunan salawat, pembacaan ayat suci alqur’an, doa serta narasi atau komunikasi yang dilakukan dengan kandungan nilai-nilai islam. Berdasarkan permasalahan itu maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai islam dalam komunikasi pada kampanye akbar pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa analisis semiotika terhadap tayangan kegiatan kampanye akbar pasangan calon presiden dan wakil presiden pemilu 2024 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Tayangan video Rangkaian kampanye pasangan calon presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dianalisis menggunakan model analisis semiotika Charles Sanders Peirce.

Author Biography

Mulkan Habibi, Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

SINTA ID

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles