Hubungan Media Informasi, Pengaruh Teman, Tempat Tinggal dengan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi pada Remaja di Kota Palembang Tahun 2017

Risa Devita Ariki, Desi Ulandari

Abstract


Remaja yang sehat adalah remaja yang produktif dan kreatif sesuai dengan tahap perkembangannya. Oleh karena itu, pemahaman terhadap tumbuh kembang remaja menjadi sangat penting untuk menilai keadaan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran media informasi, pengaruh teman, tempat tinggal dengan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di kota Palembang tahun 2017. Jenis penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian remaja usia 10-24 tahun yang berada di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Lanjutan (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi di kota Palembang tahun 2017 dengan jumlah sampel sebanyak 594 sampel. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari – Juli 2017. Hasil uji chi square menunjukkan variabel media informasi (ρ value = 0,064), variabel pengaruh teman (ρ value = 0,043) dan variabel tempat tinggal (ρ value = 0,007) ada hubungan yang bermakna dengan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja.

Kata kunci: Media Informasi, Pengaruh Teman, Tempat Tinggal, Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.14.2.39-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ