Studi Fenomenologi Pengalaman Orangtua dalam Merawat Anak dengan Diagnosis Kanker

Rokhaidah Rokhaidah, Herlina Herlina

Abstract


Kanker pada anak merupakan masalah yang komplek karena perawatan dan pengobatannya membutuhkan waktu yang lama serta membutuhkan keterlibatan aktif dari tim kesehatan dan keluarga. Orang tua sebagai pengasuh anak dengan kanker rentan terhadap masalah kesehatan fisik, sosial maupun psikologi karena orang tua membutuhkan tenaga, waktu dan pengorbanan yang besar. Penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi diskriptif ini bertujuan mengeksplorasi pengalaman ibu dalam merawat anak dengan diagnosis kanker. Penelitian ini mengidentifikasi 5 tema yaitu: 1) tidak menerima kenyataan, 2) usaha mengobati anak kanker, 3) menjadi caregiver untuk anak, 4) tantangan yang dihadapi dalam merawat anak, 5) hikmah yang dirasakan keluarga selama merawat anak kanker. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi, pengetahuan dan masukan pada praktisi kesehatan terutama perawat anak sehingga kualitas pemenuhan kebutuhan fisik, psikologis dan sosial anak dengan kanker akibat penyakit dan pengobatan medis dapat ditingkatkan.

 

Kata kunci : kanker, merawat anak, pengalaman orang tua


Full Text:

PDF

References


American Cancer Society. Cancer in children; 2015.

Badri, C. Penanggulangan Kanker Di Indonesia : Peran Nanotechnology Dalam Diagnosis Dan Terapi. Indonesian Journal Of Materials Science. 2008; 11 - 14

Betz, C.L. (2009). Buku Saku Keperawatan Pediatrik. EGC, Jakarta.

Cameron P, Allen PJ. Cisplatin ototoxicity in children: Implications for primary care providers. Pediatric Nursing. 2009; 35 (2), 121-127.

Cancer Research UK.. Children’s cancer statistic; 2012

Hockenberry MJ, Wilson D. Wong’s essentials of pediatric nursing. 2th ed. St. Louis; Mosby Inc; 2009

International Dietetic & Nutrition Terminology (IDNT). Reference Manual. First Adition ADA; 2009

Stratton KM. Parents experiences of their child’s care during hospitalization. Journal of Cultural Diversity. 2014; 2 (1), 4-11

Nacul LC, et all. Aetiology and clinical presentation of kanker in hospitalized and outpatient children in northeast brazil and risk factors for severity. Journal of Health, Population and Nutrition, 2009; 23(1), 6-15.

National Cancer Institute. Cancer in children. 2012

Wong LD. Nursing pediatric. 1 th ed. EGC; Jakarta; 2009




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.14.2.31-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ