Pemanfaatan Informasi Tentang Balita Usia 12-59 Bulan pada Buku KIA dengan Kelengkapan Pencatatan Status Gizi di Buku KIA

Dzul Istiqomah Hasyim, Apri Sulistyaningsih

Abstract


Pemanfaatan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang dilakukan dengan baik dapat meningkatkan kesehatan bagi ibu dan anak. Salah satu fungsi buku KIA adalah mencatatan status gizi balita. Hal ini menjadi penting sebagai upaya deteksi dini gangguan gizi pada balita. Fungsi buku KIA adalah sarana pencatatan ibu dan anak, alat komunikasi dan edukasi untuk kesehatan balita dan ibu. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  pemanfaatan informasi tentang balita usia 12-59 bulan pada buku kia dengan kelengkapan pencatatan status gizi di buku KIA di Desa Margakaya Pringsewu Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Kelompok sasaran populasi adalah seluruh ibu yang memiliki balita usia 12-59 bulan di Desa Margakaya  berjumlah 240 orang. Besar sampel dihitung menggunakan total sampling yang didapatkan sebanyak 226 orang jumlah sampel  yang memenuhi kriteria. Hasil uji statistik diperoleh nilai p-value≤0,001. Hal ini berarti dari hasil penelitian menunjukan adanya hubungan pemanfaatan informasi tentang balita usia 12-59 bulan pada buku KIA dengan kelengkapan pencatatan tumbuh kembang di buku KIA di Desa Margakaya Pringsewu Lampung. Secara statistik diperoleh nilai OR= 16,466 (5,540 – 38,941), yang berarti ibu yang tidak memanfaatkan informasi pada buku KIA memiliki risiko 16 kali catatan gizi balita tidak lengkap dibandingkan ibu yang memanfaatkan informasi tentang balita 12-59 bulan di buku KIA.

 

Kata kunci: Balita, Buku KIA, Status gizi


Full Text:

PDF

References


Statistic Indonesia. Indonesia Demograpic and health survey 2012. Jakarta: Departemen kesehatan, 2013.

Sandra AR. Hubungan antara pemanfaatan buku KIA dan Kepatuhan Imunisasi Di Puskesmas Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan Depok: Universitas Indonesia; 2011.

Kesehatan D. PROFIL KESEHATAN PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2014. Bandar Lampung: Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, 2015.

Sistiarani C, Gamelia E, Purnama Sari DU. Fungsi Pemanfaatan Buku KIA terhadap Pengetahuan Kesehatan Ibu dan Anak pada Ibu. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 2014;8(8):6.

Dardjito E, Sistiarani C, Nurhayati S. DETEKSI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA MELALUI PENGGUNAAN BUKU KIA. Jurnal Kesmasindo. 2014;6(3):11.

Adiningrum F, Sukandar H, Wijaya M. Hubungan antara Pengetahuan Ibu tentang Buku KIA dengan Status Gizi Anak Balita di Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. JSK. 2016;2(2):7.

Therra MT. Hubungan Pengetahuan Pemanfaatan Buku KIA dengan kemampuan perawatan Balita Di Posyandu Laras Lestari Nogotirto Yogyakarta. Yogyakarta: STIKes Aisyiyah Yogyakarta; 2012.

Wijhati ER, Suryantoro P, Rokhanawati D. OPTIMALISASI PERAN KADER DALAM PEMANFAATAN BUKU KIA DI PUSKESMAS TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Kebidanan,. 2017;6(2):8.

Widagdo L, Husodo BT. PEMANFAATAN BUKU KIA OLEH KADER POSYANDU: STUDI PADA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO. MAKARA, KESEHATAN. 2009;13(1):9.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.15.1.1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ