Faktor yang Berhubungan dengan Hipertensi pada Ibu Hamil di Kota Makassar

Hasan Basri, Rismayanti Akbar, Indra Dwinata

Abstract


Hipertensi mer upakan salah satu masalah kesehatan yang sering muncul selama kehamilan dan dapat menimbulkan komplikasi pada 2-3% kehamilan. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kassi-kassi Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kassi-kassi Kota Makassar yang tercatat pada buku register dengan jumlah sampelvsebanyak 138 orang. Metode penarikan sampel yaitu systemtic random sampling serta data di analisis dengan uji chi-square. Pada penelitian ini didapatkan jumlah ibu hamil yang mengalami hipertensi sebanyak 21 orang (15,2%) Selain itu didapatkan ibu hamil yang berada di usia reproduksi tidak aman sebanyak 18 orang (13%), jenjang pendidkan rendah sebanyak 92 orang  (66,7%), dukungan keluarga kategori kurang 27 orang (19,6%), kategori stres sebanyak 22 orang (15,9%), penembahan berat badan tidak normal sebanyak 30 orang (21,7%), konsumsi makanan cepat saji sebanyak 28 orang (20,3%). Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara umur ibu hamil, dukunga keluarga, kondisi stres ibu hamil, penambahan berat badan, serta konsumsi makanan pada ibu hamil (p=0,000) dan tidak ada hubungan antara ibu hamil dengan tingkat pendidikan (p=0,615).


Full Text:

PDF

References


Leida I.M. dkk. Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Segeri Kabupaten Pangkep. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2015; 12(2):10-15.

World Health Organization. World Hezlth Statistik. Geneva: World Health Organization; 2015.

Amri, Y. Perbedaan Nilai Rerata Trombosit dan Hematokrit antara Penderita Hipertensi Gestasional dan Preeklampsi Berat di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeleok Bandar Lampung [Skripsi]. Lampung: Universitas Lampung; 2015.

Sirait, AM. Prevalensi Hipertensi pada Kehamilan di Indonesia dan Berbagai Faktor yang Berhubungan (Riset Kesehatan Dasar 2007). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2012.

Nelawati, R. Faktor-Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil Di Rumah Sakit Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang Kota Manado. Jurnal Ilmiah Bidan. 2014:2(1): 33-40

Kemenkes RI. Profil Kesehatan 2015. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan; 2015.

Sukfitrianty. Faktor Risiko Hipertensi pada Ibu Hamil di Rumah Sakit Hikmah Kota Makassar. Public Health Science Journal. 2016; 8(1):79-88.

Dinkes Kota Makassar. Profil Kesehatan Kota Makassar tahun 2016. Makassar: Dinas Kesehatan Kota Makassar; 2017.

Louis, G. et al. Relationship Between Body Mass Index and Mean Arterial Pressure In Normotensive and Chronic Hypertensive Pregnant Women: A Prospective, Longitudinal Study. BMC Pregnancy and Childbirth. 2015:15(281): 1-13.

Thuridor. et al. Body Mass Index, Smoking and Hypertensive Disorders during Pregnancy: A Population Based Case-Control Study. PloS ONE, 2016:11(3): 1-12.

Delima. dkk. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Diet Rendah Garam dan Keteraturan Kontrol Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Poliklinik RSUD Tugurejo [Skripsi]. Semarang; Universitas Negeri Semarang; 2012.

Isra, M. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Derajat Hipertensi pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Ranomuut Kota Manado. E-Journal Keperawatan (e-KP). 2017;5(1): 1-9.

Suhadak. Pengaruh Pemberian Teh Rosella terhadap Penurunan Tekanan Darah Tinggi pada Lansia di Desa Windu Kecamatan Larang Binangun Kabupaten Lamongan [Skripsi]. Lamongan: BPPM Stikes Muhammdiyah Lamongan; 2010.

Wulan, R. Hubungan Pola Makan dan Stres dengan Kejadian Hipertensi Grade 1 dan 2 pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Kamonji Kecamatan Palu Barat. E-Journal Keperawatan (ekp). 2016; 4(1): 1-9.

Indah, K. Hubungan Antara Stres dengan Hipertensi pada Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Rapak Mahang Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur [Skripsi]. Semarang: Universitas Muhamadiyah Surakarta; 2015.

Roberts, M, J., Modnar, M, L., Patrick, E, T., Powers, W, R. The Role of Obesity in Preeclampsia. Pregnancy Hypertens, 2011; 10(13): 6-16.

Sa’adah, N. Hubungan antara Pertambahan Berat Badan Ibu Hamil dengan Angka Kejadian Preeklampsia di RSUD Dr. Moewardi Surakarta [Skripsi]. Semarang: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.

Besse, A,W. Hubungan Faktor Konsumsi Makanan dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Puskesmas Pattingalloang [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2014.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.14.2.21-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ