Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Rumah Tangga Terhadap Pengelolaan Sampah di Wilayah Sekitar Rel Kereta Api, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan

Triana Srisantyorini, Febriana Kusumaningtias

Abstract


Masalah sampah menjadi masalah lingkungan yang mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak. Hal ini dikarenakan jumlah timbunan sampah terus meningkat. Jumlah peningkatan timbunan sampah di Indonesia pada tahun 2015 telah mencapai 175.000 ton/hari atau setara 64 juta ton/tahun. Bertambahnya jumlah sampah ini harus di imbangi dengan pengelolaan sampah khususnya pengelolaan yang berbasis lingkungan. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui pengetahuan, sikap dan perilaku ibu rumah tangga terhadap pengelolaan sampah di wilayah sekitar rel kereta api Kelurahan Jombang Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan.

Jenis penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Populasi dalam penelitian yaitu ibu rumah tangga sebanyak 421 orang, dengan  sampel penelitian sebanyak 82 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Analisis data dilakukan dengan uji univariat untuk mengetahui gambaran dan uji chi-square untuk mengetahui hubungan variabel independen dengan variabel dependen (CI 95%) (p=0,05).

Hasil penelitian menunjukan variabel yang berhubungan terhadap perilaku pengelolaan sampah yaitu  pendapatan (pvalue = 0,024), sikap (pvalue = 0,024), dan dukungan peraturan (pvalue = 0,049),  Sedangkan variabel yang tidak berhubungan terhadap perilaku pengelolaan sampah yaitu umur (pvalue = 0,901), pendidikan (pvalue = 0,662), pengetahuan (pvalue = 0,974), sumber informasi (pvalue = 1,000), dan fasilitas TPS (pvalue = 1,000).

 Saran dari penelitian ini agar melakukan penyuluhan dan pelatihan bagi warga setempat mengenai pengelolaan sampah, berkolaborasi dengan dinas kebersihan, dan pemerintah setempat atau LSM yang bergerak di bidang lingkungan.

 

Kata Kunci      : Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Pengelolaan Sampah

Daftar Pustaka : 47 buah (1980-2016)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.14.2.65-73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ