Analisis Korelasi Kondisi Fisik, Lingkungan Belajar, Kecerdasan Emosi dan Spiritual terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Teori Respirasi

slamet sudi santoso

Abstract


Mutu atau kualitas lulusan dokter dapat dicapai melalui penguasaan keilmuan, keterampilan, dan perilaku lulusan dokter. Proses tersebut diharapkan menjadi salah satu penentu utama kualitas pelayanan asuhan medis kepada masyarakat. Begitu pentingnya proses penguasaan keilmuan, sehingga perlu diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kelulusan ujian teori respirasi sebagai salah satu mata kuliah di pendidikan kedokteran. Hasil ujian seharusnya mampu menggambarkan kemampuan peserta didik dalam penguasaan keilmuan dan mengukur kemampuan mereka. Peneliti bertujuan untuk meneliti korelasi antara faktor lingkungan, kondisi fisik, kecerdasan emosi dan spiritual dan hubungannya dengan tingkat kelulusan ujian teori respirasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Cross Sectional. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester V Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) berjumlah 110 orang. Teknik sampel menggunakan Total Sampling. Inklusi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah respirasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kondisi fisik (OR=4.400; 95%CI=1.779 - 10.760), kecerdasan emosi (OR=3.926; 95%CI=1.613 - 9.554) dan kecerdasan spiritual (OR=2.386, 95%CI=1.105 - 5.153) berpengaruh signifikan terhadap tingkat kelulusan ujian teori respirasi mahasiswa FKK UMJ dengan pvalue kurang dari 0.05 (p<0.05) dan risiko terbesar pada variabel kondisi fisik. Variabel kondisi lingkungan belajar tidak berhubungan dengan tingkat kelulusan ujian teori respirasi dengan pvalue lebih dari 0.05.


Full Text:

PDF

References


Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Kedokteran. 2013.

Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Pendidikan Profesi Dokter. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia; 2012. 1-26 p.

Sitompul L. Hubungan Kecerdasan (IQ) dengan Hasil Belajar Kognitif Biologi di Kelas X MAN 2 Padang Sidimpuan. Logaritma. 2016;IV(1):37–49.

Pranoto MAS. Hubungan Penerapan Strategi Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Peserta Didik di LBB Primagama Kabupaten Lamongan. E J UNESA. 2016;5(1):1–9.

Rohmah HNF. Hubungan anatara motivasi belajar denga prestasi belajar mata kuliah ASKEB 3 mahasiswa Prodi D IV Kebidanan FK UNS tahun jaran 2009/2010. 2010.

Riyani Y. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. J EKSOS [Internet]. 2012;8(1):19–25. Available from: http://repository.polnep.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/354/03-YANI R.pdf?sequence=1

Iriani Rampisela D, Rompas S, Malara R. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Katolikst Fransiskus Pineleng. E-Journal Keperawatan. 2017;5(1).

Anggresta V. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. J Econ Econ Educ. 2016;4(1).

Rusmiani NKA. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. J Akunt Univ Udayana. 2017;20(2):959–85.

Husnurrosyidah, Rahmawaty A. Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi syariah dan kecerdasan adversitas sebagai variabel mediasi. Equilib (Jurnal Ekon Syariah). 2015;3(2):199–220.

Dewanto AM, Nurhayati S. Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis dan Prestasi Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Perguruan Tinggi di Kota Pekalongan). 2009;(1). Available from: jurnal.unikal.ac.id/index.php/pena/article/viewFile/72/72

Kartika DT. Pengaruh Cara Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Bonjol. 2011;1–15.

Mifthahurrachman MS. Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Moderating. J Pendidik Akuntasi Indones. 2015;13(1):10–9.

Ariwibowo MS. Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa PPKn Angkatan 2008 / 2009 Universitas Ahmad Dahlan Semester Ganjil Tahun Akademik 2010 / 2011. J Citizsh. 2012;1(2):113–22.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.14.2.47-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ