Pengenalan Konsep BIM Melalui AutoCAD dan Allplan pada Siswa Kompetensi Keahlian DPIB SMKN 1 Cikarang Barat

M. Agphin Ramadhan, Arris Maulana, Arini Anindya, Bayu Eka Sanktiaji, Winda Cahyati, Oki Dwi Darmawan, Andreas Dwi Jati Prasetyo

Abstract


Revitalisasi pembelajaran di SMKN 1 Cikarang Barat, khususnya di kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) belum sepenuhnya dilakukan. Pada keterampilan mendesain gambar bangunan, perangkat lunak yang digunakan terbatas pada AutoCAD. Siswa perlu diberikan pemahaman konsep BIM agar ketika lulus siap menjadi drafter yang mampu mengoerasikan perangkat lunak berbasis BIM. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan konsep BIM melalui perangkat lunak tradisional AutoCAD dan perangkat lunak berbasis BIM, Allplan. Kegiatan dilaksanakan secara daring selama 8 hari. Pada keterampilan menggunakan AutoCAD selurug komponen memperoleh nilai ≥ 80 dengan nilai tertinggi didapat pada komponen membuat kop gambar sedangkan terendah pada komponen menggambar rumah 3D. Sedangkan keterampilan menggunakan Allplan, rata-rata siswa mendapatkan nilai 79.28. Para peserta telah memahami konsep BIM. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan nilai pre-test dan post-tes, yaitu 39,31 menjadi 40,56. Peningkatan yang tidak signifikan ini membuktikan perlunya pelatihan lebih lanjut agar para peserta semakin memahami konsep BIM.

Keywords


SMK DPIB; building design; building drawings; AutoCAD; Allplan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Y., Ratnawati, & Hurung, A. Y. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Autocad Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Smk Nusantara Mandiri Kota Bontang. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Aldo, A. (2020). Pembuatan Modul Pembelajaran Autocad Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung Di Smk Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(1), 37–51. https://doi.org/10.21831/jpts.v2i1.31964

Badriyah, N. L., Thamrin, A., & Nurhidayati, A. (2019). Analisis Instrumen Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Bangunan. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 4(2), 93–102. https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i2.27780

Hermawan, Marzuki, P. F., Abduh, M., & Driejana, R. (2017). The Sustainable Infrastructure through the Construction Supply Chain Carbon Footprint Approach. Procedia Engineering, 171, 312–322. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.01.339

Nurfajar, A. A., Wahyuningaji, R. P., & Dardiri, A. (2019). Impact of Vocational Curriculum 2013 on the Role of Vocational School Graduates in Industrial Construction Services. In Proceedings of the 2nd International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET 2018). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icovet-18.2019.33

Oktariansyah, F., Iriani, T., & Maulana, A. (2019). Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Hasil Belajar Autocad Kelas XI di SMKN 56 Jakarta. Jurnal PenSil, 8(2), 73–80. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i2.8455

Pratama, M. D., & Wiyono, A. (2021). Studi Literatur Pengembangan Modul Media Pembelajaran Autocad Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(1).

Rahma, B. A. (2019). Pengaruh Sarana Prasarana terhadap Kompetensi Mata Pelajaran APL-PIG pada Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 3 Semarang [Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/36111/

Ramadhan, M. A., & Maulana, A. (2020). Pemahaman Konsep BIM Melalui Pelatihan Autodesk Revit bagi Guru SMK Teknik Bangunan se-Jabodetabek. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 47–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.1886

Ramadhan, M. A., Murtinugraha, R. E., & Subarkah, M. (2021). Kelayakan Standar Sarana dan Prasarana SMK Kompetensi Keahlian DPIB di Kota dan Kabupaten Bekasi (Studi Kasus di SMKN 6 Kota Bekasi dan SMKN 1 Cikarang Barat). Risenologi, 6(1), 37–46. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.61.171

Sabongi, F. J. (2014). The Integration of BIM in the Undergraduate Curriculum: an analysis of undergraduate courses. Molecular and Cellular Biochemistry, 394(1–2), 315. https://doi.org/10.1007/s11010-014-2133-0




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.4.2.75-81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ