PASCAPANEN KOPI MENDUKUNG PERTANIAN BERKELANJUTAN DI DESA HUTANAMALE PUNCAK SORIK MARAPI, MADINA

Ameilia Zuliyanti Siregar

Abstract


Kopi arabika merupakan kopi yang memiliki konsumen dan harga yang menjanjikan. Oleh karena itu, daerah-daerah penghasil kopi arabika semakin lama semakin banyak salah satunya yaitu Desa Hutanamale yang berada dilereng Gunung Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal (MADINA) yang memproduksi kopi arabika mandailing. Namun, selain produksi buah kopi di lahan, dukungan alat dan mesin pertanian juga sangat dibutuhkan agar diperoleh kopi dengan kualitas dan kuantitas yang lebih tinggi. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung petani kopi di desa mitra untuk dapat melakukan kegiatan pascapanen kopi secara mandiri menggunakan mesin huller guna meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi yang diproduksi. Pada kegiatan ini, dilakukan sosialisasi dan focus group discussion (FGD) dengan anggota gapoktan desa mitra untuk membahas masalah pascapanen yang ada di lapangan. Selanjutnya, dilakukan penyerahan dan bimbingan teknis penggunaan mesin huller untuk tahap pascapanen kopi. Kegiatan pengabdian masyarakat baik pada saat sosialisasi, diskusi maupun bimbingan teknis di lapangan telah terlaksana dengan baik dan mendapat respon positif dari gapoktan desa mitra.


Keywords


Huller; kopi mandailing; pascapanen kopi

Full Text:

PDF

References


Akbar, F.B., Yusuf, A., Thoriqq, A., & Sugandi, W.K. (2020). Analisis Teknik dan Uji Kinerja Mesin Pengolah Kopi (Pulper dan Huller) Mobile pada Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) Pengolahan Kopi. Agroteknika, 3(1), 42-55.

Harahap, F.S., Atifah Y, Hasibuan, I.S., & Abubakar. (2018). Penyuluhan Penggunaan Pestisida Alami Bagi Kelompok Tani di Desa Hutanamale Kec. Puncak Sorik Marapi Mandailing Natal. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 142-148.

Mahendra, A., & Rahmad, N. (2014). Rancang Bangun Mesin Pengupas Kulit Buah Kopi. Jurnal Rekayasa Mesin. 1(2), 11-15.

Ralie, Z., (2017). Kopi Mandailing, Cita Rasa Khas yang Mendunia. beritagar.id https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/kopi-mandailing-cita-rasa-khas-yang-mendunia [diakses pada : 30 Agustus 2021].

Siregar, T., (2013). Kopi Mandailing - Salah Satu Kopi Indonesia Terbaik http://www.jpwcoffee.com/kopi-mandailing [diakses pada : 30 Agustus 2021].

Swastika, D. K. S. (2012). Teknologi Panen dan Pascapanen Padi: Kendala Adopsi dan Kebijakan Strategi Pengembangan. 331–346.

Zuhra C.F. (2006) Flavor (Medan: USU Repository).




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.4.2.95-99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ