Pelatihan Teknik Penambalan Kapal Fiberglass Milik Nelayan Menggunakan Material Komposit Berpenguat Serat di Pulau Reni, Kepulauan Ayau, Raja Ampat
DOI:
https://doi.org/10.24853/jpmt.5.1.38-44Abstract
Sebagai alat transportasi utama yang digunakan untuk mencari ikan, performa dan kondisi kapal milik nelayan menjadi suatu hal yang wajib untuk selalu dijaga. Secara umum, kebocoran pada kapal sangat sering terjadi khususnya untuk kapal berjenis fiberglass yang banyak dimiliki oleh masyarakat di Pulau Reni. Kurangnya pemahaman akan teknik perbaikan pada kapal jenis ini menjadikan banyaknya kapal yang tidak bisa beroperasi dan akhirnya dibiarkan terbengkalai begitu saja. Pada kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Pulau Reni, ditemukan kasus kerusakan kapal nelayan berupa adanya retak dan juga lubang pada bagian bawah kapal fiberglass. Adanya lubang ini menjadikan proses penambalan dengan menggunakan material komposit tidak bisa langsung dilakukan. Penyumbatan dengan menggunakan gabus harus terlebih dahulu dilakukan sebelum akhirnya pelapisan menggunakan material komposit berpenguat serat Woven Roven 600 dan Chopped Strand Mat 450 diberikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memberikan ilmu dan pemahaman baru terhadap masyarakat di Pulau Reni khususnya terkait dengan perbaikan dan perawatan pada kapal jenis fiberglass.References
Azissyukhron, M., & Hidayat, S. (2020). Perbandingan Kekuatan Material Hasil Metode Hand Lay-up dan Metode Vacuum Bag Pada Material Sandwich Composite. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 9, 1–5.
Barat, P. P., & Perikanan, K. K. dan. (2019). Rencana Pengelolaan dan Zonasi Kawasan Konservasi Perairan Kepulauan Raja Ampat tahun 2019 - 2038.
Fachruddin, F., Asri, S., Firmansyah, M. R., & Mustafa, W. (2021). Penggunaan Kobalt-Aerosil Komponen Fiberglass Pada Pelapisan Lambung Perahu Nelayan Rumput Laut Dusun Pattontongan Jeneponto. 4, 226–239.
Hasibuan, R. L. (2018). Tinjauan Hukum Tentang Penjarahan Pulau terluar Indonesia. Jurnal Warta, 56(April).
Karang, T. (2018). Laporan Status Ekologi Kawasan Konservasi Perairan Kepulauan Ayau-Asia.
Marzuki, I., Zubaydi, A., & Ma’ruf, B. (2017). Kajian Penerapan Aturan Klasifikasi Pada Laminasi Struktur Konstruksi Lambung Kapal Ikan Fiberglass 3 GT. Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim, 11(1), 15–22. https://doi.org/10.29122/jurnalwave.v11i1.2055
Ruzuqi, R. (2020). Impact Strength Analysis of Polymer Composite Materials (PCM) Fiber Reinforced in the Fiberboat Application. Material Science Research India, 17(2), 170–178. https://doi.org/10.13005/msri/170209
Ruzuqi, R. (2021). Analysing the Impact Strength of Polymer Composite Materials (PCM) Fiber Reinforced in the Fiberboat Application. Recent Trends in Chemical and Material Sciences Vol. 1, 17(2), 71–81. https://doi.org/10.9734/bpi/rtcams/v1/2857f
Sulasminingsih, S., Setyawan, B. A., Marasabessy, A., Studi, P., Industri, T., Selatan, J., Studi, P., Perkapalan, T., & Selatan, J. (2017). STUDI EKONOMI TEKNIK PEMBUATAN PERAHU CADIK JENIS. 13, 205–213.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).