PENGEMBANGAN DIGITAL BRANDING DENGAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN METODE AIDA (STUDI KASUS: HONEST LAPIS KUKUS SURABAYA)

Wisnu Hartoko, ARIF RAHMAN, RIZKY PINASTI, moch fahrul, SENJA SYAHRIAL, EVI YULIAWATI

Abstract


Branding tidak hanya tentang nama, namun juga tentang nilai dari suatu produk, perusahaan, ataupun individu. Untuk melakukan Branding dibutuhkan adanya suatu alat atau perantara untuk menyampaikan pesan. Pada era sebelum berkembangnya internet dan media sosial Branding dilakukan dengan menggunakan media cetak, televisi, dan juga Branding yang disebarkan melalui individu satu kepada individu lain. Branding juga bertujuan untuk menimbulkan citra dari perusahaan. Citra perusahaan adalah apa yang terlintas dipikran konsumenpada saat memandang atau mendengar nama sebuah brand. Pada era modern seperti saat ini perusahaan dimudahkan dalam melakukan Branding dengan adanya fasilitas internet dan juga media sosial. Digital banding ini digunakan memperbaiki atau menambahkan kekuranganyang terdapat pada media sosial instagram yang dimiliki oleh honest lapis kukus sehingga banyak konsumen yang lebih tertarik dan dapat mengetahui produk-produk yang dimiliki oleh honest lapis kukus. Metode pengembangan Digital Branding yang menggunakan metode AIDA mengacu pada Model ini dikembangkan oleh pengusaha Amerika, yakni E. St. Elmo Lewis pada 1898, tahap pertama awareness, kedua interst, ketiga desire, dan keempat action. Tingkat kesadaran konsumen terhadap Branding honest lapis kukus Surabaya dapat dispulkan bahwa itu sangat penting dapat dilihat pada jawaban para responden. Konsumen pun menyadari Branding dalam suatu usaha dapat menarik minat mereka dalam membeli produk usaha honest lapis kukus Surabaya, sehingga setelah kita melakukan evaluasi perbaikan dan menambahkan fitu-fitur yang belum ada di instagram honest lapis kukus akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan promosi dan produksi nantinya. Lalu setelah itu strategi Digital Branding akan mempengaruhi keinginan para konsumen ketika akan menerapkan strategi yang dipilih untuk mengevaluasi serta memperbaiki kukurangan yang ada untuk bisa dimaksimalkan lagi sehingga usaha honest lapis kukus Surabaya mendapatkan profit yang meningkat dari pada sebelumnya. Oleh sebab itu akan menghasilkan tingkat kesadaran konsumen terhadap Branding honest lapis kukus Surabaya dapat mempengaruhi ketertarikan konsumen dan itu sangat penting, dapat dilihat pada jawaban para responden. Konsumen pun menyadari Branding dalam suatu usaha dapat menarik minat mereka dalam membeli produk usaha honest lapis kukus Surabaya, sehingga setelah kita melakukan evaluasi perbaikan dan menambahkan fitu-fitur yang belum ada di instagram honest lapis kukus akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan promosi dan produksi nantinya.


Keywords


Pengembangan, Digital Branding, Instagram, Usaha Roti

Full Text:

PDF

References


Karina, W.S.S., & Dasrun, H., (2021). Digital Branding @Arisancuankita Melalui Media Sosial Instagram., (Vol.4 No.2, 2021, 193-

. Communication Journal.

Back, L. (2018). Digital Brand Manajament: A Company and Consumer Persepective. Arcadila Working Paper, 1-28

Ulani, Y. (2018). Digital Branding Teori dan Praktik, 138-184

Lyra, V.S., Yanti, S., Sussane, D., (2020). Strategi Digital Branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Melalui Media Sosial., (Vol.16 No.2, 2021, 113-136).

Sri, D.S., Diny, F., Maya, R., (2019). Penerapan Digital Branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.,(Hal 113-136).

Darmadi, D. (2004). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Putri & Mardalis, A.2017. Analisis Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Solo: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Rustandi, F. O. (Volume 3, No. 1, 2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness . PRofesi Humas, 1-20.

Soraya, I. (Volume VIII Nomor 2, September 2017 ). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta) . Jurnal Komunikasi, 30-38.

Setiawan, D.2017. Dampak Perkembangan Teknologi dan Komunikasi Terhadap Budaya. Simbolika, 62-73.




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.5.2.104-109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ